Samsung Galaxy Ace 3 Diresmikan: Layar 4-inchi, Dual-core, Dual-SIM dan Android 4.2

Seperti yang sudah kami beritakan sebelumnya, tahun ini Samsung akan membingungkan kita dengan banyak pilihan smartphone dan tablet. Beberapa sudah dikonfirmasikan, seperti keluarga tablet Galaxy Tab 3, Galaxy S4 Active, dan yang baru saja dibuka kedoknya oleh Samsung, yaitu Galaxy Ace 3.

Sebagai smartphone Android kelas mengengah Samsung yang cukup populer, Galaxy Ace terbukti sukses memikat banyak pengguna Android karena selama ini yang dianggap mampu menawarkan harga terjangkau, dengan kualitas yang mumpuni (untuk kelas Samsung tentunya). Kabar sebelumnya memang sudah banyak yang menyebutkan jika penerusnya akan mengadopsi layar 4-inchi, prosesor dual-core  RAM 1 GB, dan kamera utama 5-megapixel. Sepertinya rumor mengenai Samsung selalu tembus ya, karena semua prediksi sebelumnya dijawab melalui press release resmi langsung dari vendor Korea tersebut.

Jika Galaxy Ace 2 yang muncul ke pasaran Juli 2012 lalu desainnya masih orisinal, tidak terpengaruh banyak oleh Galaxy S3, maka untuk Ace 3 ini mereka memilih menyamakannya dengan Galaxy S4. Memang tidak (nyaris) kembar identik seperti Galaxy S4 dengan varian mininya, namun yang jelas desain Ace 3 ini banyak terinpsirasi oleh seri flagship yang dikabarkan sudah terjual lebih dari 10 juta unit.

Tentu saja karena masuk seri menengah, secara spesifikasi kita juga harus pasrah dengan penawaran yang pas-pasan. Setidaknya ada dua inti prosesor dengan kecepatan 1GHz yang masih belum diketahui dari keluarga chipset apa, didukung 1GB RAM, internal memory 4GB (dengan jatah storage untuk data sebesar 1.77 GB bisa kita pergunakan), plus ada slot microSD yang mendukung ekspansi hingga 64GB. Dengan jatah internal storage yang kecil, semoga saja Samsung membuka “akses” yang mengijinkan user memindahkan data-data game ke memory eksternal, tidak seperti seri mereka lainnya, dimana data game dipatok hanya boleh ditempatkan di internal storage saja.

Beralih ke sisi eksternal, Ace 3 hanya menawarkan layar berbahan TFT LCD dengan ukuran 4-inchi serta resolusi WVGA, alias 480×800-pixel. Di bagian belakangnya kamu juga mendapati kamera utama 5-megapixel yang diperkuat flash LED, yang mampu merekam video berkualitas HD 720p (1280×720-pixel) pada 30 bingkai per detiknya. Untuk kamera sekunder di depan sebatas VGA  kualitasnya.

Perbandingan antara varian single SIM, dual SIM dan 4G LTE (single SIM)

Smartphone dengan dimensi 121.2 x 62.7 x 9.8 mm dan berat 115 gram ini memiliki baterai 1,500mAh, Wi-Fi 802.11 b/g/n (single-band), Bluetooth 4.0, dan A-GPS untuk sarana konektivitas. Kemudian akses datanya bisa mengandalkan GSM 3G, serta juga ada varian 4G LTE yang dirilis Samsung khusus untuk pasar tertentu seperti di Amerika. Bedanya dengan varian standar, untuk yang 4G LTE internal storage-nya menjadi 8GB, prosesornya di-overclock menjadi 1.2GHz, kapasitas baterai menjadi 1,800mAh, yang membuat dimensinya sedikit membesar dan memberat. Untuk yang varian 4G LTE, dimensinya menjadi 121.2 x 62.7 x 10 mm, dan berat 119.5 gram.

Berkat prosesor yang meningkat kecepatannya, versi 4G LTE mendapat bonus kemampuan memutar video full HD 1080p (yang varian standar 3G diklaim hanya mampu memutar video 720p saja). Bisa jadi Samsung juga memilih chipset yang berbeda untuk model 4G LTE, namun sejauh ini belum diungkapkan jenis silikon yang digunakan untuk kedua Ace 3 tersebut. Ace 3 juga memasukkan beberapa software yang eksis untuk Galaxy S4, seperti S Travel, S Translation dan S Voice, selain Easy Mode.

Seperti konfirmasi produk mereka beberapa waktu belakangan, tidak ada detail jadwal rilis dan harganya. Namun sebelumnya diprediksi jika Android 4.2 Jelly Bean ini akan dijual dengan harga US $316, atau sekitar Rp 3 jutaan. Dan seperti Ace sebelumnya, kita juga akan mendapatkan varian dual-SIM. Kita tunggu saja kabar lanjutannya selama event Premiere yang digelar Samsung 20 Juni mendatang.

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung Press Release


SHARE
Previous articleAda BIMA Satria Garuda di Pertandingan Sepakbola Indonesia U-23 vs Singapura U-23!
Next articleE3 2013: Ubisoft Siap Berikan Sekuel Game Dansa Terlaris
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.