E3 2013: PlayStation 4 Mendukung Game Bekas Tanpa Batas!

Sony dengan PlayStation 4-nya benar-benar sudah meluluh lantakkan Microsoft di E3 pagi ini. Keputusan Sony untuk menahan diri dan membiarkan Microsoft membuka ‘jeroan’ Xbox One mereka terbukti jitu, karena ketika mereka mempertunjukkan PS4 untuk pertama kalinya, semua informasi yang dilepas sangat berbanding terbalik dengan Xbox One.

Yang sudah pasti dinanti-nantikan oleh para gamer (termasuk kalian tentunya) adalah bagaimana sikap Sony dalam menanggapi isu game bekas. Seperti penjelasan saya dalam artikel ini, Microsoft sangat membatasi kemampuan gamer dalam menggunakan game bekas yang mereka miliki. Sangat melegakan adalah ketika Jack Tretton, SCEA President mengatakan bahwa PS4 sangat mendukung penggunaan game bekas. Tidak akan ada perubahan dalam sistem penggunaan game bekas atau dengan kata lain sama saja dengan yang sekarang biasa dilakukan oleh para pemilik konsol PS3. Mereka bisa dengan bebas menjual gamenya kembali ke retailer, ke teman, keluarga atau memberikannya saja kepada orang lain, tanpa dipungut biaya apapun.

Kedua, kekhawatiran para gamer dalam beberapa hari ini adalah isu tentang persistent internet connection seperti yang dilakukan oleh Microsoft dengan Xbox One milik mereka. Memang, Xbox One memberi waktu luang 24 jam sekali untuk menghubungkan konsol mereka dengan internet, fungsinya adalah untuk verifikasi data. Hal ini tentu membatasi mobilitas para gamer dan memang sedikit mengesalkan terutama bagi para gamer yang memiliki keterbatasan koneksi internet karena jika tidak terkoneksi dengan internet setiap 24 jam sekali, bahkan gamer tidak dapat memainkan mode offline sekalipun. Nah, Sony lagi-lagi menghantam Microsoft dengan cukup telak karena PS4 sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet untuk verifikasi dan semacamnya. Ini artinya, gamer dapat bermain dalam mode offline tanpa batas.

Pukulan cukup keras lainnya bagi Microsoft adalah dari harga penjualan ketika kedua konsol tersebut dirilis nantinya. Jika Xbox One dibanderol dengan harga $499, PS4 dihargai sebesar $399 yang bahkan bagi para orang asing merupakan potongan harga yang sangat berarti. Jadi, apakah kamu akan membeli PS4 atau lebih memilih Xbox One? Oh ya, untuk kamu yang masih bingung bagaimana teknis untuk meminjam atau memberikan game bekas ke teman kamu, silahkan simak video tutorial yang dirilis oleh Sony berikut ini. Enjoy!


SHARE
Previous articleE3 2013: Akhirnya Sony Menunjukkan Desain Final PlayStation 4
Next articleE3 2013: Aksi Edward Kenway dalam Dua Trailer Baru Assassin’s Creed IV: Black Flag!
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.