E3 2013: Remake Oddworld Abe’s Oddysee Pertama Hadir Untuk PS4 Melalui New N’ Tasty!

Bukan hanya Supergiant saja developer indie yang ditarik Sony mengembangkan game untuk konsolnya, juga ada beberapa nama lain yang sudah memastikan diri menyumbangkan game indie mereka untuk PlayStation 4. Mereka antara lain Mercenary Kings, Don’t StarveOctodad: Dadliest Catch, dan juga remake dari Oddworld: Abe’s Oddysee original. Semua game tersebut akan memulai debut untuk konsol pertamanya di PS4 (timed-exclusive) sebelum hijrah ke konsol lainnya.

Selain itu juga ada Galak-Z, game baru dari tim developer yang bertanggung jawab atas game strategi Skulls of the Shogun (game shooter yang bisa dimainkan bersamaan untuk  Xbox 360, Windows 8, Microsoft Surface, dan Windows Phone). Terlihat Sony memang serius merangkul para developer game indie sebagai bagian ekosistem PS4 dan PS Vita, dan tentu saja juga untuk memperkuat platform PlayStation dengan dukungan game-game indie yang terkenal unik serta harga yang tidak semahal game dari developer besar yang berbudget tinggi.

Kita mulai dengan Oddworld: Abe’s Oddysee New N’ Tasty!, game yang sebelumnya disebut sebagai Abe HD atau Abe’s Oddysee HD ini merupakan remake dari Oddworld: Abe’s Oddysee dari tahun 1997 lalu, dan saat ini tengah dikembangkan oleh Oddworld Inhabitants serta Just Add Water. Awalnya direncanakan rilis akhir tahun ini untuk PlayStation 3, PlayStation Vita, PC dan Xbox 360, namun dengan konfirmasi selama konferensi pers Sony, bisa jadi New N’ Tasty! akan tetap muncul lebih awal untuk PS4.

Kamu gamer PlayStation mungkin masih ingat, Oddworld: Abe’s Oddyseemenjadi salah satu demo dalam CD bonus ketika membeli Sony PlayStation alias PSX waktu itu. Sementara untuk remake kali ini disebutkan akan tetap menjaga nuansa klasik Oddworld, dengan desain level serta puzzle yang sama, namun dengan “sedikit modifikasi,” khususnya di sisi grafis. Abe yang asli muncul dengan tampilan 2D, pre-rendered, game platformer, namun dihiasi selingan video cutscene full-motion. Namun kini dengan jeda 15 tahun, melalui PS4 dunia Abe menjadi lebih detail, dan semua cutscene juga dibuat ulang dengan kualitas PS4. Oh ya, developer akhirnya juga mengganti engine pengembangan game ini menjadi Unity Engine, karena memang Sony akhirnya mengijinkan Unity berjalan di platform mereka pasca mereka mengkonfirmaiskan PS4 Februari lalu.

Selain itu developer juga merubah desain levelnya. Dalam game aslinya, permainan disajikan dengan tampilan level yang terbagi dalam satu layar saja. Namun di sini semuanya diubah menjadi satu, dan kamu bisa berjalan di keseluruhan levelnya secara side scrolling, dan level berubah seiring kamu menjalankan Abe.

Oddworld: New ‘n’ Tasty – E3 2013 Trailer


SHARE
Previous articleE3 2013: PopCap Konfirmasikan Plants vs Zombies: Garden Warfare, Gunakan Kekuatan Frostbite 3!
Next articleE3 2013: Demo Gameplay Lightning Returns: Final Fantasy XIII
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.