E3 2013: Supergiant Games Tegaskan Transistor Akan Dirilis Pertama Kali di PlayStation 4

Selama konferensi persnya hari ini di ajang Electronic Entertainment Expo 2013, Sony mengkonfirmasikan beberapa judul eksklusif yang akan hadir untuk PlayStation 4. Termasuk diantaranya Final Fantasy XV, Kingdom Hearts 3The Order: 1886, dan Transistor.  Judul terakhir dikembangkan oleh developer indie Supergiant Games, yang kita kenal sebelumnya melalui action RPG dengan artwork dan musik yang keren, yaitu Bastion. Berbeda dengan Bastian yang dirilis untuk banyak platform, sejauh ini Supergiant baru mengkonfirmasikannya untuk eksklusif untuk konsol melalui PlayStation 4, dan juga PC Windows.

Sebelumnya kami sudah mengetahui game ini ketika didemokan selama event Game Developers Conference 2013 lalu. Hanya saja saat itu Supergiant masih belum menentukan akan merilisnya di platform apa. Game action RPG dengan tema fiksi ilmiah dan setting dunia cyberpunk ini banyak disambut baik saat itu. Gameplay-nya sendiri menggabungkan pergerakan bebas dalam konsep real time, namun tetap dibatasi mode turn-based strategy.

Ketika action bar karaktermu, Red, terisi, dia bisa masuk mode planning. Dari sana kamu bisa mengatur serangkaian gerakan dan aksi yang akan dilakukan Rad, dan semua tindakan akan mengurangi sedikit jatah action bar. Menariknya, semua gerakan yang sudah diset sebelumnya akan dieksekusi dengan sangat cepat. Selanjutnya ketika tiba giliran musuh, gantian Red yang harus menghindari serangan musuh, sampai action bar-nya terisi kembali.

Di sini kamu mengendalikan Red, seorang penyanyi muda yang baru saja selamat dari usaha pembunuhan, dan tidak sengaja mendapatkan senjata yang sangat kuat bernama Transistor. Pedang yang bisa berbicara itu kemudian menuntun Red dalam petualangannya menghindari kejaran Process, pihak antagonis game ini yang diceritakan telah mencuri suara Red.

Game ini akan menjadi game eksklusif PlayStation 4 untuk sementara waktu. Artinya, bisa jadi nantinya juga akan dirilis untuk konsol lain. Namun sejauh ini baru untuk konsol Sony tersebut, dengan rencana rilis awal tahun 2014. Melihat kualitas yang berhasil dicapai Bastion, sepertinya sudah menjadi jaminan Transistor ini melanjutkan sukses yang sama, dan juga jaminan garansi untuk kita men-downloadnya ketika dirilis nanti.

Transistor – Reveal Trailer


SHARE
Previous articleE3 2013: Aksi Edward Kenway dalam Dua Trailer Baru Assassin’s Creed IV: Black Flag!
Next articleE3 2013: Debut Trailer In-Game Quantum Break
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.