E3 2013: Impresi Demo Dark Souls II, Tetap Menyusahkan, dan Tidak Akan Dirilis Untuk PS4 atau X1

Meskipun akhir tahun lalu sang sutradara, Tomohiro Shibuya mengatakan bahwa dia ingin membuat Dark Souls II lebih mudah dibandingkan prekuelnya, sepertinya rencana tersebut akan pupus begitu saja, karena selama ajang Electronic Entertainment Expo 2013, Namco Bandai menegaskan bahwa mereka menjamin jika game tersebut akan tetap mampu membuat gamer stress karena tingkat kesulitannya.

Sepertinya komentar Shibuya justru melahirkan banyak respon negatif dari penggemar yang sudah merasa bahwa tingkat kesulitan Dark Souls seharusnya tetap tinggi, dan mereka justru kuatir dengan hilangnya identitas game tersebut akan membuat sekuelnya ini tidak bisa mencapai angka penjualan jutaan kopi seperti yang diraih game pertamanya. Pernyataan bahwa Dark Souls II akan mempertahankan tingkat kesulitan aslinya disampaikan oleh Brian Hong, director of strategic and digital marketing Namco Bandai.

“Game ini, ketika dirilis nanti, akan membuat siapapun yang memainkannya kesulitan, karena tidak akan mudah dimainkan, tidak akan ada mode invincible, tidak akan ada mode easy. Game ini hanya menawarkan satu mode permainan, dan itu adalah tingkat kesulitan yang sangat sulit.”

Sepertinya apa yang dikatakan Hong itu masuk akal. Karena dalam sesi demo selama E3 2013, bahkan anggota tim pengembang dari From Software (developer game ini) pun beberapa kali tewas dalam 30 detik permainannya. ketika mencoba memainkannya selama demo! Kali ini maksimal hingga empat musuh bisa muncul bersamaan. Bisa dibayangkan, satu saja sudah bisa membuat sangat kerepotan, apalagi jika kamu lengah dan membuat pertahanan karakter terbuka. Developer juga mengklaim jika AI musuh sudah ditingkatkan kecerdasannya, dengan setiap musuh memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri.

Elemen kustomisasi karakter juga diperbaiki untuk sekuel ini, termasuk ada character generator yang membantumu membentuk karakter di awal game. Selama demo ditunjukkan pilihan seperti Warrior, Sorcerer, Temple Knight, dan Dual Swordsman. Mereka memiliki gaya bertarung sendiri-sendiri. Kemudian kini dalam Dark Souls II, semua Bonfires kini menawarkan fungsi warp, tidak seperti prekuelnya, dimana warp hanya bisa dilakukan melalui api unggun tertentu saja.

Sebagaimana setiap musuh memiliki karakteristik tersendiri, pilihan setup karakter awal juga memiliki ciri khas masing-masing. Seperti Warrior, dia menggenggam shield di tangan kiri, dan dengan menekan tombol trigger kiri, kamu bisa mengangkat perisai tersebut untuk menahan serangan musuh. Menyerang dan bertahan akan menguras stamina, dan jika stamina habis, kamu akan kerepotan. Jika kamu suka menyerang dari jarak jauh, ganti saja ke Sorcerer, yang memiliki kombinasi senjata staff sebagai sword sebagai senjata sekunder. Selain itu, rapalan sihirnya juga efektif untuk serangan jarak jauh.

Meskipun cukup singkat, namun dari demo E3 2013 yang mengambil setting lokasi bernama Fort Resistance, juga diketahui beberapa revisi untuk sistem gameplay-nya. Untuk kontrol masih sama seperti sebelumnya, namun ada beberapa item dan mekanisme pengendalian baru diterapkan di sini. Seperti item Lifegem, yang berfungsi perlahan memulihkan health secara periodik begitu kamu aktifkan. Kini karakter juga bisa membawa hingga tiga weapon/shield bersamaan, sekaligus juga bisa menggenggam dan menggunakan dua senjata bersamaan. Sebelumnya kamu hanya bisa menggunakan satu senjata saja, meskipun kedua tangan menggenggam satu senjata.

Memang demo selama E3 2013 ditampilkan melalui PC kelas atas, terlihat sangat smooth dan grafisnya meningkat dibandingkan prekuelnya. Kita masih belum tahu bagaimana Dark Souls II dijalankan di konsol. Semoga saja sesuai espetasi. Kami juga mendapatkan konfirmasi dari publisher, jika nantinya akan ada kembali mode player-versus-player yang mendukung permainan hingga empat petarung sekaligus (mirip dengan DLC Dark SoulsArtorias of the Abyss). Kamu bisa mengatur kombinasi dari pertarungan four-player free-for-all hingga two-on-two.

[nggallery id=617]

Dark Souls II rencananya akan dirilis Maret 2014 mendatang untuk PC, PlayStation 3, dan Xbox 360. Konsol next gen? Sayangnya selama demo E3 2013 juga ditegaskan, jika game ini tidak akan dirilis untuk PlayStation 4 atau Xbox One.

Dark Souls II – PS3/X360/PC – Go Beyond Death (E3 2013)