E3 2013: Ternyata, Final Fantasy XV Juga Akan Dirilis untuk Xbox One!

Square Enix mendiskusikan Final Fantasy (FF) dalam konferensi pers di E3 2013, yang diadakan di Siliconera. Fokus diskusi tersebut adalah FF XV, yang ternyata dikonfirmasikan juga akan dirilis untuk Xbox One!

Sudah, jangan marah-marah lebih lanjut lagi mendengar berita satu ini. Karena memang pada konfirmasi sebelumnya, Square Enix tidak pernah memberitahukan kalau mereka akan merilis FF XV eksklusif untuk PlayStation 4. Shinji Hashimoto mengaku senang dapat mengumumkan FF XV,dan dia jadi susah tidur karena terlalu gembira dengan hal ini.

Game ini, ungkap Hashimoto, menggunakan DirectX 11, sehingga memudahkannya untuk di-port ke konsol selain PlayStation 4. Hashimoto pun mengkonfirmasikan kalau FF XV juga akan dirilis untuk Xbox One.

Sebenarnya ada trailer baru yang ditunjukkan oleh Square Enix, namun belum dipublikasikan secara umum. Berikut adalah catatan mengenai hal-hal penting dalam trailer baru tersebut.

– Noctis dilindungi oleh perisai cahaya, yang juga melindungi dua karakter lainnya
– Bertarung dalam bangunan di mana Noctis bergelantungan
– Di tengah-tengah pertempuran, seseorang masuk membawa pistol dan menghabisi musuh
– Melawan para raksasa besi
– Noctis bisa menukar senjata-senjatanya
– Pojok kiri bawah menunjukkan pedang-pedang yang berbeda milik Noctis
– Command Warp akan menggerakkan Noctis
– Noctis memiliki sihir berelemen api
– Karakter lain melindunginya dalam pertarungan
– Mereka semua bisa melakukan serangan gabungan
– Terlihat ada adegan Noctis berenang dan kehadiran Leviathan raksasa
– Adanya adegan pertempuran di area parkir
– Noctis sedang berlindung ketika ada seekor Behemoth menghentakkan kakinya ke depan

FF XV sedang dalam proses pengembangan menjadi sebuah judul (game) yang sangat dahsyat dan cantik. Dan seperti yang telah kalian ketahui, kita akan menggunakan semua usaha kita untuk mengembangkan dua judul FF tahun ini.” ungkap Hashimoto.

Ketika ditanya mengenai potensi sekuel untuk FF XV, Hashimoto menyatakan bahwa game dengan skala besar seperti FF XV ini memiliki banyak cerita yang bisa diceritakan nantinya. Beliau tidak mau memberikan komentar sudah sejauh mana proses pengembangan FF XV, hanya saja game ini dikembangkan oleh tim yang sama dengan tim pengembang FF Versus XIII, dan tentunya ada penambahan beberapa staf ke dalamnya.

Saat ditanya mengenai gameplay yang lebih berorientasi pada aksi dan apakah ini akan berpengaruh nantinya pada masa depan serial FF dengan sistem gameplay yang berbeda, beliau tidak berkomentar lebih jauh mengenai masa depan serial FF selain melebihi FF XV. Ketika ditanya mengenai apakah ada kesulitan mengembangkan sistem pertarungan berbasis giliran pada nilai jual FF XV, Hashimoto menjawab bahwa beliau merasa akan ada jalan untuk masa depan bagi RPG berbasis giliran maupun yang berbasis aksi. Square Enix merasa pertarungan berbasis aksi yang paling cocok untuk FF XV

[ Sumber : Siliconera (2) ]