E3 2013: Dragon Fantasy Book II, Nostalgia Dragon Quest dan Final Fantasy Klasik

Gamer mobile, khususnya yang memainkan gamenya di platform Apple iOS, mungkin mengenal nama Dragon Fantasy. RPG dengan konsep retro buatan developer indie Muteki Corp. tersebut banyak menjadi rujukan mereka yang ingin bernostalgia. Game pertamanya yang dirilis 23 Agustus 2011 lalu, Dragon Fantasy Book I,  menawarkan gameplay random battle, dungeon yang panjang, hingga cerita mengenai seorang hero dengan takdir menyelamatkan dunia.

Banyak unsur Final Fantasy dan Dragon Quest ditemui di sana (jangan heran, judulnya saja ada kata “dragon” dan “fantasy”), dan itulah yang membuat RPG ini begitu diterima, khususnya mereka gamer old-school yang masih menyukai konsep klasik. Sukses di iOS pun mengantarkan Dragon Fantasy mendapat remake untuk PC, Mac, Android dan bahkan berhasil masuk PS3 serta PS Vita berkat langkah Sony yang membantu developer indie melalui Pub Fund.

Tidak hanya Book I saja, Book II yang diumumkan Agustus tahun lalu pun juga diamankan masuk pertama kali ke dalam PS3 dan PS Vita. Apa yang diungkapkan ketika konfirmasi awalnya, Book II menambahkan efek grafis Mode7 (yang begitu khas di era 16-bit, seperti ditemui ketika karakter berjalan di atas world map dalam tipikal game Final Fantasy lawas), audio juga dibuat berkualitas 16-bit, sistem pertarungan baru, tidak ada transisi antara tampilan field map dan layar battle (bayangkan pertarungand alam Chrono Trigger), dan juga ada mode multiplayer (mendukung hingga 4 pemain).

Book II ini pun diklaim akan menawarkan momen nostalgia yang dalam bagi para pemainnya. Seperti pertarungan turn-based, dan sebuah intro ala Chrono Trigger, yang langsung menunjukkan beberapa lokasi dan boss yang akan dilawan dalam game. Dan mengiringi demonya yang juga dirilis selama event Electronic Entertainment Expo 2013, Muteki merilis trailer baru (di bagian terbawah artikel ini), yang menunjukkan bagaimana adegan pertarungan dalam Book II. Belum diketahui kapan Book II ini akan dirilis. Dan untuk Book I, berikut kami berikan juga link download-nya untuk versi iOS dan Android.

Dragon Fantasy Book II PAX Prime 2012 Gameplay Video

Dragon Fantasy Book II IGF Entry Video

PAX East 2013 Trailer

Dragon Fantasy Book II E3 2013 Combat Trailer


SHARE
Previous articleUltimate Sonic RS Rally Car dan Lamborghini Aventador Muncul di Lokasi Syuting Transformers 4
Next articleE3 2013: Lords of the Fallen, IP Baru City Interactive, Padukan Dark Souls dan Borderlands
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.