E3 2013: Killzone Shadow Fall Berubah Non-linear, Kenalkan Robot Pendamping Bernama OWL

Satu game unggulan Sony untuk PlayStation 4 adalah Killzone: Shadow Fall. Seri keenam dari keseluruhan serial Killzone ini masih ditangani oleh Guerrilla Games. Sony membawa demo game tersebut selama event Electronic Entertainment Expo 2013, termasuk juga mengkonfirmasikan box art yang akan digunakan ketika gamenya dirilis akhir tahun nanti.

Killzone: Shadow Fall mengambil setting 30 tahun pasca event dari Killzone 3. Dikisahkan kondisi Helghast, planet asal Helghan kini sudah hancur, namun perang masih terus terjadi di sana. Interplanetary Strategic Alliance (ISA) akhirnya mengijinkan para pengungsi dari Helghast masuk ke planet Vekta. Selama ini baik para anggota kelompok Vektan dan Helghast tinggal di kota yang dipisahkan oleh dinding keamanan yang kokoh. Hingga saat ini terjadi perang baru, dimana para Helghast bertarung untuk mewujudkan eksistensi mereka di planet tersebut, sedangkan para Vektan yang memiliki rumah yang asli, mereka justru berusaha selamat dari serangan Helghast.

Selain demo, selama E3 2013 Sony juga mengungkapkan jika Killzone: Shadow Fall seperti semua game PlayStation 4 lainnya yang tidak membutuhkan PS4 Eye sebagai kontrol utama, bisa dimainkan secara Remote Play menggunakan PS Vita. Jadi kamu bisa memainkan game ini dimana saja menggunakan PS Vita, dengan metode streaming seperti cara kerja nVidia Shield memainkan game PC. Selain itu dari demo yang dibawa Sony Computer Entertainment selaku publisher, kami mendapatkan beberapa petunjuk mengenai apa saja yang baru dalam sekuel ini.

Seperti yang bisa disimpulkan melalui trailer perdananya Februari 2013 lalu (selama konfirmasi awal PlayStation 4), medan pertempuran first-person shooter ini dibuat lebih luas, jauh lebih besar dibandingkan area-area yang sesak seperti prekuel sebelumnya. Dan dari demo E3 2013 kami melihat jika memang semua aksimu berada di atas peta non-linear, membuat keseluruhan permainan lebih dinamis, karena perlu melihat apa saja objective opsional dalam suatu peta, dan kemudian menentukan mana dulu yang ingin diselesaikan lebih awal.

Memang keseluruhan settingnya tidak sebesar pulau dalam Far Cry 3, namun ada serangkaian arena besar, yang akan menantangmu menyelesaikan bermacam objective yang bebas kamu tentukan mana dulu yang mau diselesaikan. Jadi akan ada banyak sub-mission yang bisa diambil dalam satu lingkungan besar yang menjadi satu setting suatu objective. Dan untuk menyelesaikan objective tersebut. kamu dibekali banyak opsi pertarungan selain tipikal senjata api dan granat, seperti gadget yang disebut sebagai OWL, yang menambah karakter dengan beberapa kekuatan tambahan.

OWL, entah apa kepanjangannya (dan bentuknya pun tidak mirip burung hantu), namun berbentuk robot kecil yang beterbangan. Bisa digunakan untuk menyerang musuh, sebagai pengecoh di suatu level, jebakan, dan bahkan mampu meng-hack komputer dari jarak jauh, sembari karakter berlindung. OWL tidak bisa sepenuhnya dihancurkan selama pertarungan, namun dia akan menerima damage, dan kembali ke karaktermu untuk memulihkan diri jika terlalu banyak diserang. Musuh juga akan bereaksi pada OWL tersebut, dan akan segera membunyikan alarm seandainya mereka melihat OWL melakukan aktivitas yang mengancam.

Pertarungannya seperti Killzone yang kita kenal, kamu masih dapatkan gerakan close-quarter untuk serangan melee, hingga beragam pilihan senjata jarak jauh (sniper rifle, rapid fire automatic, dll) yang bisa diupgrade dengan teropong khusus dengan target reticule berubah merah ketika kamu arahkan tepat ke musuh. OWL sendiri menawarkan beragam fungsi tambahan, seperti melalui tool Pulse yang mendeteksi dan menandai musuh dalam radius tertentu dari posisimu saat ini. Juga ada tool Shield, yang memungkinkan karakter menembak dari belakang.

Melalui fungsi Share yang menjadi salah satu fitur utama PlayStation 4, developer berharap kita bisa meng-upload video permainan dan menunjukkan pada yang lain bagaimana menyelesaikan suatu level yang memang dibuat non-linear. Kemudian game ini juga mendukung touch pad Dual Shock 4, yang bisa digunakan untuk mengendalikan OWL, terutama untuk memilih opsi yang bisa dilakukan robot tersebut, seperti shock, shield, dan zipline — untuk menyeberangi suatu celah lebar di suatu level. Shock sesuai namanya, bisa mengejutkan musuh, membuat pertahanannya terbuka, dan kemudian bisa kamu lanjutkan dengan serangan melee.

Killzone Shadow Fall PS4 Tech Demo

Exclusive video I Killzone™: Shadow Fall PS4 Trailer

http://youtu.be/oeEKbt9SnO0


SHARE
Previous articleMan of Steel Berhasil Mengembalikan Kejayaan Film Superman #MovieReview
Next articleTV Spot Terbaru Pacific Rim dari Warner Bros.
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.