E3 2013: Bethesda Unjuk Gigi, Hadirkan Gameplay Perdana dari The Evil Within!

Saat ini genre survival horror dianggap sudah keluar jalur dan lebih mengarah kepada action. Hal itulah yang menjadi motivasi utama dari Shinji Mikami untuk membawa kembali survival horror ke jalur yang sebenarnya lewat game yang dikembangkannya bersama Tango Gameworks, The Evil Within. Shinji Mikami sendiri sebelumnya dikenal dengan “ayahnya” game survival horror berkat kejeniusannya dalam menciptakan Resident Evil pertama kali tahun 1996 lalu.

Shinji Mikami menjanjikan The Evil Within bakal menjadi game survival horror murni dengan segala definisinya. “Definisi survival horror menurut saya adalah pertama-tama game tersebut tentu saja harus menyeramkan. Dan yang kedua, kamu bertemu dengan makhluk menyeramkan, dan kamu seakan kerepotan untuk mengalahkan mereka. Sebuah keseimbangan yang baik antara kedua elemen inilah yang membuat sebuah game dikatakan survival horror,” ungkap Mikami dalam perkenalan The Evil Within akhir April lalu. Ucapan Shinji Mikami sendiri bukan hanya isapan jempol belaka, dan tampak dalam demo gameplay yang dibawa oleh Bethesda di E3 2013 ini.

Dalam demo ini, kamu bisa melihat sedikit bagaimana Mikami mengolah The Evil Within dengan menggabungkan beberapa unsur sekaligus, mulai dari survival horror, film thriller, hingga beberapa elemen stealth dan puzzle. Tampak dalam demo, kamu diharuskan memandu Sebastian sang protagonis utama untuk lepas dari ikatan tali dan keluar dari ruangan yang menahannya. Untuk lepas dari ikatan tali ini, Sebastian harus meraih satu pisau yang ada pada mayat di depannya, lantas memotong tali yang membelenggunya. Setelah itu, Sebastian pun harus mendapatkan kunci untuk membuka pintu guna keluar dari ruangan ini. Untuk mendapatkan kuncinya sendiri bukan perkara mudah, karena dia harus berhati-hati agar tidak diketahui oleh musuhnya. Ketegangan bukan hanya berakhir disini saja, karena setelah bisa membuka pintu, Sebastian pun harus lari tunggang langgang menghindari kejaran musuh yang bersenjatakan chainsaw. Jika tertangkap? Simak video di bawah ini untuk lebih lengkapnya!

Selain ditampilkan dalam siaran PlayStation E3 Livecast, Bethesda juga menggunakan salah satu panggung E3 2013 untuk menampilkan demo gameplay yang sama. Bethesda sudah mengkonfirmasikan bahwa game ini dirilis untuk PS3, Xbox 360, PS4, Xbox One dan PC pada tahun 2014 mendatang. 

[Sumber: CVG]