E3 2013: Setelah 18 Tahun Tertidur, Akhirnya Microsoft Membangkitkan Killer Instinct

Salah satu game legendaris yang pasti dikenal oleh mereka gamer arcade dan Super NES di era tahun 90-an adalah Killer Instinct. Game yang dikembangkan oleh Rare dan diterbitkan Midway serta Nintendo itu. Killer Instinct langsung mengena di hati para penggemar game fighting karena menawarkan konsep gameplay yang tergolong unik dibandingkan tipikal game fighting sejenis pada masanya. Bukanya tiga ronder pertarungan, justru setiap petarung mendapatkan dua life bar, dan pemain yang berhasil menghabiskan life bar pemain lainnya terlebih dahulu akan memenangkan pertarungan.

Fitur lain yang tergolong baru untuk sebuah game fighting pada saat itu adalah “auto-seconds,” semacam quick-time event dalam tipikal game action, dimana kamu perlu menekan kombinasi tombol tertentu untuk membuat otomatis melakukan combo pada musuh. Penulis juga masih ingat, di awal era 90-an Mortal Kombat menjadi satu serial game fighting yang dogemari karena adanya keunikan gameplay seperti adanya gerakan Fatality. Killer Instinct juga menerapkan gerakan penghabisan semacam itu yang disebut dengan No Mercy — namun tidak sebrutal gerakan penghabisan dalam Mortal Kombat. Plus yang juga penulis ingat, Killer Instint adalah game fighting dengan kualitas grafis paling mendetail pada masanya.

Apakah legenda seperti ini patut mendapatkan remake? Jawabannya jelas, ya! Dan Micrrosoft pun mewujudkannya, untuk Xbox One. Kenapa Microsoft? Sejak tahun 2002 lalu, Rareware, developer yang memiliki lisensi Killer Instinct dibeli oleh Microsoft, dan menjadi studio first party mereka — meskipun Rare masih membuat game untuk handheld Nintendo, karena memang sudah masuk masa pengembangan dan Microsoft tidak memiliki handheld pada waktu itu. Game Rare pasca bergabung dengan Microsoft antara lain, Kameo: Elements of Power, Perfect Dark Zero Viva Piñata, Banjo-Kazooie: Nuts & Bolts dan Kinect Sports. Meskipun beberapa game tersebut terbukti sukses di konsol Microsoft, namun remake Killer Instinct, yang memang sudah terdengar sejak akhir tahun lalu sebagai rencana sekuelnya (pada September 2012, Microsoft memperbarui lisensi Killer Instinct), menjadi proyek game yang paling dinantikan para penggemarnya.

Namun baru enam bulan kemudian, melalui Electronic Entertainment Expo 2013, Microsoft dan Double Helix Games (developer yang ditunjuk untuk mengembangkan remake-nya) baru angkat bicara.  Hal itu dikarenakan ada serial TV dengan judul yang sama yang ditayangkan oleh Fox, dan Microsoft perlu waktu untuk membereskan masalah tersebut sebelum mereka mengenalkan remake Killer Instinct ke publik. Selama E3 2013, Killer Instinct dikonfirmasikan eksklusif untuk Xbox One. Sebuah trailer dirilis menunjukkan beberapa karakter ikonik game tersebut, seperti Jago, Sabrewulf dan Glacius. Selama event tersebut juga diketahui karakter lain seperti Fulgore, Spinal, dan Cinder akan kembali hadir, dan seharusnya karakter-karakter lain juga akan menyusul, dengan rencana pengenalan selama event turnamen game fighting Evolution Championship Series (EVO) 2013 yang akan digelar 12 Juli mendatang.

Agak aneh memang, kenapa bukan Rare yang mengembangkan remake ini, dan justru Double Helix, yang kita kenal melalui game-game seperti Silent Hill Homecoming, G.I. Joe: The Rise of Cobra, hingga Front Mission Evolved. Sejauh ini kami mengetahui jika game ini akan dirilis secara digital saja (download) untuk Xbox One akhir tahun ini (sebagai launch title), dengan Jago sebagai karakter free-to-play yang bisa langsung kamu mainkan gratis (karena memang keseluruhan gamenya juga gratis). Kemungkinan untuk karakter lainnya, kamu perlu membelinya dulu satu-per-satu, atau membeli sekaligus dalam sebuah bundle. Konsep in-app-purchase semacam itu lumrah kita temui dalam game mobile atau game sosial. Dan tampaknya Microsoft ingin mencobanya di konsol mereka, dengan Killer Instinct sebagai “kelinci percobaannya.” Semoga saja harga karakternya tidak terlalu mahal ya, atau semua penggemar game ini akan ilfil ketika mau memainkannya kembali.

Killer Instinct E3 Briefing Trailer

KILLER INSTINCT Jago Combo Montage

KILLER INSTINCT Sabrewulf Combo Montage

[nggallery id=629]