E3 2013: Sony Menjelaskan Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan Melalui Interface PlayStation 4

Melalui beberapa artikel kami sebelumnya, seperti ketika Sony pertama kali mengkonfirmasikan PlayStation 4 pertengahan Februari 2013 lalu, kemudian bocoran beberapa screenshot di artikel ini, dan penjelasan baru mengenai screenshot antar muka PlayStation 4 tersebut selama event Game Developers Conference 2013. Sayangnya, tidak ada penjelasan resmi yang cukup jelas apa saja fungsi interface / antar muka yang ditampilkan dalam screenshot tersebut. Tidak sampai Electronic Entertainment Expo tahun ini, ketika Sony juga merilis video promo baru yang menjelaskan lebih detail interface PlayStation 4.

Overall apa yang diperlihatkan melalui video tersebut cukup menjelaskan apa yang sudah diungkapkan Sony sebelumnya selama PlayStation Meeting Februari lalu. Interface PlayStation 4 mengajukan konsep “saling terhubung.” Konsol tersebut dibekali sarana agar bisa terhubung dengan perangkat Sony lainnya, terintegrasi dengan jejaring sosial, terlihat dengan foto asli serta aplikasi khusus untuk perangkat mobile yang akan membantu mewujudkan koneksi jejaring sosial tersebut. Bahkan kamu bisa melihat-lihat video yang kamu rekam dan share secara remote melalui smartphone, tablet atau Vita. Intinya, interface PlayStation 4 terhubung dengan layanan lainnya, baik itu daftar teman di jejaring sosial, bisa menampilkan update status dan like, serta siap memasukkanmu ke dalam permainan jika kamu ingin online.

Begitu dinyalakan, kamu langsung mendapatkan kotak-kotak berbaris rapi (mirip seperti tampilan barunya Google+), yang di dalamnya berisi ikon game dan juga aplikasi lainnya, selain juga kolom news feed ala Facebook. Melalui feed tersebut, kamu bisa melihat update terakhir dari semua temanmu yang terhubung dengan jaringan PlayStation 4. Seperti misalnya, ketika ada game baru ditambahkan ke PlayStation Store, atau mungkin muncul status dari temanmu Sarah (terlihat dalam video) yang baru saja membuka trophy Platinum selama memainkan Knack, dan seperti di Facebook kamu bisa menyambut update tersebut dengan memberi “Thumps Up” (LIKE ala Facebook) pada pencapaiannya. Apa yang menarik, dari tampilan antar muka yang sama, kamu bisa langsung kembali ke permainanmu yang terakhir kamu mainkan.

Seperti yang sebelumnya dijelaskan Sony dari fungsi tombol Share, ketika kamu kesulitan memainkan suatu game, kamu bisa mem-pause dulu permainan dan memeriksa videp yang di-upload temanmu dan memeriksa video tersebut, mungkin bisa membantumu memberi solusi/guide untuk melanjutkan permainan. Setelah melihat videonya, kamu bisa kembali ke permainanmu tadi dan meneruskannya berdasarkan panduan dari video temanmu.

Pada bagian lain video promo juga diperlihatkan bagaimana seorang teman meminta bantuanmu memainkan Killzone: Shadow Fall. Namun karena kamu tidak memiliki gamenya, kamu bisa membelinya dulu melalui PlayStation Store, dan mendapat opsi, mau men-download mode multiplayer atau single-player-nya saja dulu (ya ya, meskipun di Steam opsi pilihan download semacam itu sudah biasa). Demikian kamu bisa segera masuk ke permainan dan membantu teman yang kesulitan tadi. Tentu saja, jika downloadnya ternyata masih lama, kamu bisa kembali ke aktivitas apa pun yang kamu lakukan di PlayStation 4-mu, sembari download berjalan di background.

Sesi permainan multiplayer pun juga bisa diakses langsung melalui interface konsol ini. Misalnya, kamu melihat tiga temanmu berada dalam sesi multiplayer yang terbuka di Killzone, maka kamu bisa langsung masuk ke permainan tersebut dari interface tadi. Di bagian akhir promo video ini juga diperlihatkan bagaimana seorang wanita menonton video Killzone: Shadow Fall yang di-upload temannya melalui smartphone (misalnya ketika ada di sekolah, kampus, kantor, atau lagi hangout engan teman), dan ingin segera memainkan game tersebut begitu sampai di rumah. Dari smartphone tersebut, dia bisa langsung men-download Killzone: Shadow Fall ke PlayStation 4-nya yang sedang menunggu di rumah.

Meskipun tidak secara eksplisit diungkapkan, namun kita bisa membaca banyak fitur PlayStation 4 tersampaikan di sana. Interface yang selalu terhubung untuk mengakses fitur sosial, belanja game secara online, multitasking, opsi share, melihat aktivitas teman, remote download, install di background, melakukan chatting dengan teman, hingga sistem liking/rating. Sony sepertinya sukses memasukkan banyak fitur ke dalam antar muka PlayStation 4.

Tentu saja mampu menggunakan dengan maksimal semua fitur dalam interface tersebut membutuhkan koneksi internet yang cepat, yang mungkin akan susah dirasakan benefitnya di Indonesia . Namun tetap saja menyenangkan melihat di dalam konsol kita ternyata tersimpan jejaring sosial khusus para gamer.

PS4 User Interface