E3 2013: Kamu Bisa Membuat Misi Sendiri dalam Metal Gear Solid V: The Phantom Pain!

Metal Gear Solid (MGS) V: The Phantom Pain cukup menyita banyak perhatian selama pagelaran E3 2013 minggu lalu, mulai dari hadirnya voice actor baru untuk Snake hingga hilangnya eksklusifitas untuk konsol milik Sony yang selama ini melekat dalam judul MGS. Kali ini, Hideo Kojima kembali memberikan update fitur baru yang akan ditanamkan dalam MGS V, yaitu kemampuan gamer untuk membuat misi sendiri!

http://youtu.be/lQ8TZ4fRxFw

Hal ini diungkapkan Kojima dalam wawancaranya dengan CVG di sela-sela pelaksanaan E3 2013 lalu. Dia mengungkapkan, bahwa setting open world yang dibawa dalam MGS V dan juga pengembangan multiplatform termasuk untuk integrasinya dengan smartphone dan tablet akan berdampak kepada kebebasan gamer dalam memainkan game ini nantinya. Kojima mengungkapkan, dalam MGS V ini pemain akan lebih bebas dibandingkan seri-seri sebelumnya. “Alasan pertama mengapa saya ingin mengimplementasikan Open World adalah karena saya ingin membuat sebuah dunia yang memiliki banyak kebebasan dan membuat gamer bisa membuat gameplay mereka sendiri,” ungkap Kojima seperti dikutip dari CVG.

“Alasan lainnya adalah karena kami ingin menggunakan banyak device untuk game ini,” dia melanjutkan. “Jadi, dengan menggunakan tablet dan smartphone kamu juga bisa menikmati MGS V dan membuat misi sendiri (user-generated missions’ di dalam dunia MGS V. Itulah alasan lain kami mencoba Open World, karena jika game-nya linear kami tidak bisa melakukan hal tersebut,” papar Kojima. Sayangnya Kojima tidak membeberkan lebih detail ‘user-generated missions’ yang disebutkannya tersebut. Namun, membuat misi sendiri ini tentunya akan menjadi satu fitur tambahan yang sangat menarik, yang belum pernah ada dalam seri-seri MGS sebelumnya.

Selain membeberkan fitur baru untuk MGS V ini, Kojima juga memberikan sedikit hint bahwa dia akan memberikan kejutan besar bagi para penggemar MGS V saat game ini dijual di pasaran nantinya. “Kami memiliki surprise yang besar untuk para penggemar MGS. Kami menantang diri kami sendiri dengan membuat sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh film dan hanya bisa dilakukan oleh game. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya,” ungkap Kojima setengah berteka-teki.

Seperti apa ‘user-generated mission’ yang dipaparkan Kojima? Dan apa kira-kira kejutan yang siap diberikannya kepada para penggemar setia MGS? Kita tunggu saja kabar selanjutnya! Sampai saat ini, Kojima Productions belum mengkonfirmasikan secara pasti jadwal rilis dari MGS V: The Phantom Pain. Namun, mereka sudah memastikan bahwa game ini akan dirilis untuk PS3, PS4, Xbox 360 dan Xbox One.

[Sumber: CVG]