Anak Berumur 6 Tahun di China Mencuri Uang Ibunya Demi Game Online

Ilustrasi seorang anak yang sedang bermain dengan uang

 sixth grader in China recently stole over $1000 worth of money from his mother to spend on video game currency. After finding out that he had stolen the money, the mother called the police to make a complaint against the net cafe that sold him the currency, gaining her a partial refund.

Anak berumur 6 tahun ini menghabiskan hingga $1000 uang ibunya untuk membeli mata uang digital yang digunakan disalah satu game online yang ia sukai untuk membayar hutang ke temannya dan juga untuk ia habiskan sendiri. Sepertinya perilakunya kali ini memang sudah terlanjur diluar batas.

Sang ibu sangat shock ketika mengetahui hal ini dan terburu-buru segera menghubungi polisi untuk membantu menyelesaikan kasus ini. Sebelumnya perlu diketahui bahwa mata uang game tersebut, disebut Q coins, tidak dapat diuangkan kembali. Mengetahui hal ini, pihak penjual tidak bisa berkata apa-apa. Mereka menganggap bahwa pembelian dari anak sang ibu tersebut sah dan mereka mengganggap bahwa mereka hanya menjalankan bisnis saja. Tapi ternyata mereka salah.

Sang ibu ternyata memiliki kekuatan hukum. Apakah itu? Berdasarkan agensi perlindungan konsumen di China, sang anak termasuk dalam kategori pembeli yang menghabiskan uangnya tanpa tahu apa yang ia ingin beli. Yang salah adalah pihak pebisnis yang secara sengaja menjual sejumlah mata uang digital kepada anak dibawah umur, yang mana anak tersebut tidak tahu maksudnya ketika ia mendapatkan sejumlah banyak mata uang Q coins tersebut. Intinya, pihak penjual seharusnya menuntun anak dibawah umur, atau kalau perlu melarang anak dibawah umur yang belum bisa mengendalikan pengeluaran uangnya untuk dihabiskan dalam game.

Sudah seharusnya pihak penjual tidak hanya mengejar keuntungan belaka, namun harus tetap menghormati hak-hak konsumen. Kalau saya bilang, penjual kali ini sangat “mata duitan”, bahkan anak kecilpun diperas.

Sang ibu sendiri ternyata berhasil mendapatkan sebagian uangnya kembali ketika berita ini dikonfirmasi oleh Kotaku. Semoga saja ibu ini bisa lebih menjaga tempat uangnya tersebut, dan  juga mengawasi anaknya tentu saja.

sumber: Kotaku


SHARE
Previous articleJustin Bieber Perankan Nathan Drake dalam Film Uncharted??
Next articleMelihat Exhibition Floor dan Beragam Event di POPCON ASIA 2013
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.