E3 2013: Impresi Mode Multiplayer Watch Dogs, Karaktermu Pun Juga Bisa di Hack!

Setelah kita mendapatkan kepastian jika Ubisoft membawa Watch Dogs ke konsol next gen, dan juga kabar jika publisher asal Perancis tersebut juga tertarik menghadirkan versi layar lebarnya, kini kami berikan update dari game tersebut dari panggung Electronic Entertainment Expo 2013 lalu, sebelum gamenya sendiri resmi dirilis 19 November 2013 nanti untuk PC Windows, PlayStation 3, Wii U dan Xbox 360. Untuk konsol next gen PS4 dan X1 sendiri belum dipastikan kapan tanggalnya.

Game yang pertama kali dikonfirmasikan selama E3 2012 lalu ini langsung mendapat perhatian khusus. Apalagi jika karena idenya yang sangat orisinal untuk sebuah IP baru. Hingga setahun kemudian selama E3 2013, kembali muncul demo barunya yang lebih banyak menunjukkan seperti apa gameplay open-world, hingga teknologi hacking yang melibatkat perangkan pendukung tablet diterapkan di sepanjang permainan. Namun yang tergolong baru dan banyak ditunggu adalah bagaimana mode multiplayer game ini dimainkan. Selama bermain, temanmu bisa langsung masuk begitu saja secara real-time ke dalam permainan single-player-mu (tentu saja kamu perlu terhubung ke internet) dan menantang karakter. Mereka masuk secara paksa dengan metode hack yang sama, mencoba menembus pertahananmu, mencuri data yang menjadi milik karakter, dan kemudian mencoba melarikan diri dengan data tersebut.

Terkadang saat berjalan di kota, kamu melihat NPC memegang ponsel mereka dengan cara yang aneh. Saat itu mereka sedang memainkan ARG, atau Alternative Reality Game. Aiden pun bisa memainkan game yang sama melalui ponselnya, kapan saja jika merasa bosan.

Dalam mode single-player-nya, “penegak hukum” cyber Aiden Pearce mampu meng-hack sistem komputer utama Chicago dan mendapatkan data semua orang. Dia menggunakan data itu untuk memburu kriminal dan musuh masyarakat lainnya, dan menegakkan keadilan dengan caranya sendiri. Di dunia cyber Aiden sangat kuat, dengan mudahnya dia mendapatkan kode rahasia seseorang (PIN ATM misalnya), mencuri uang, membeli upgrade, atau bisa juga membuat mobil dijalanan bertubrukan hanya dengan memanipulasi lampu lalu lintas. Namun jika dia mampu melakukan itu, jelas otoritas resmi yang dia bobol sistemnya juga mampu melakukan hal yang sama padanya. Itulah konsep yang dibangun Ubisoft untuk pengalaman single-player-nya.

Namun dalam mode multiplayer, siapa pun bisa memasuki permainanmu. Menggunakan aplikasi companion yang sementara ini khusus ditujukan untuk tablet Apple iPad (lihat screenshot di atas), pemain lain bisa mengarahkan polisi saat mereka mencoba menjebak dan memburumu ketika adegan kejar-mengejar mobil. Sat adegan itu terhadu, pemain lain yang menggunakan iPad bisa melihat adegan tersebut terjadi di peta kota. Kemudian mereka bisa mengarahkan helikopter untuk mengejarmu, hingga mengarahkan satuan lain untuk menjebak Aiden. Di sisi lain, aplikasi tablet itu bisa kamu menfaatkan juga untuk mengendalikan kota ketika bermain single-player.

Cara lain mode multiplayer-nya bekerja, karena game ini mengambil setting kota besar, kamu tidak akan tahu siapa yang kamu lewati ketika berpapasan di jalanan. Bisa jadi mereka itu temanmu sendiri yang sedang memainkan game ini. Dan jika pemain lain memasuki permainanmu, penampilan mereka jelas terbentuk random dalam game, dengan mudahnya mereka menyusup dan mengikutimu, bahkan menggunakan smartphone yang dia bawa dalam game untuk meng-hack ponsel yang biasa kamu gunakan untuk meng-hack selama permainan. Untuk membuat ketegangan makin meningkat, Ubisoft mengharuskan temanmu itu berada pada jarak tertentu yang cukup dekat agar bisa meng-hack smartphone-mu.

Jika kamu ingin mendengarkan musik favoritmu selama permainan, terutama ketika memasuki plaza atau ketika mengendarai mobil, kamu bisa menggunakan aplikasi Shazam di ponselnya untuk memungkinkan kita mengidentifikasi sebuah lagu yang terdengar, lalu men-downloadnya ke dalam ke ponselmu. Setelah itu Aiden bisa meng-hack sistem audio lokal, dan men-streamingkan musik pilihanmu sendiri agar diputar di sekitar area tersebut.

Sebenarnya metode multiplayer semacam itu sudah pernah diterapkan Ubisoft melalui Assassin’s Creed. Ketika kamu mencoba menemukan target di tengah keramaian, kamu perlu membaur di tengah keramaian untuk bisa sukses menghabisi target tersebut. Setelah berhasil, kamu diminta membaur kembali di tengah keramaian. Namun dengan setting modern Watch Dogs, cukup berbekal smartphone (sebagai ganti pisau atau senjata assassin), asal jaraknya masuk, maka kamu bisa “melumpuhkan” targetmu.

Jika kamu, sebagai Aiden, menyadari jika akan di-hack, antisipasi pertama yang bisa kamu lakukan adalah berlari menjauh dari posisi dimana saat itu berada. Jika seorang hacker berhasil memasuki sistem smartphone-mu, mereka bisa langsung melarikan diri sambil men-download data. Namun proses download membutuhkan waktu beberapa menit. Selama itu terjadi, Aiden akan mendapatkan peringatan jika dia sedang di-hack, dan dia akan sadar jika yang meng-hack ada di sekitarnya. Jadi Aiden harus segera menemukan “penyusup” tersebut, dan menghabisinya (mungkin cara lebih mudah lainnya, matikan saja koneksi internetmu), atau gantian meng-counter hack mereka. Lebih mudah mengatakannya, karena dengan setting kota yang besar, plus banyak karakter yang dikendalikan AI lainnya berkeliaran, kamu akan kesulitan mencari siapa yang sedang meng-hack datamu.

Aiden bisa meng-hack jaringan WiFi siapa saja, untuk mengakses perangkat elektronik di suatu rumah. Seperti misalnya, dia bisa meng-hack kamera yang ada di sebuah rumah, dan melihat aktivitas seseorang yang ada di dalam rumah tersebut.

Oh ya, menyusup ke dalam ponsel pemain lain, bukan berarti sama dengan meng-hack. Kamu bisa sekadar melihat perkembangan mereka sambil menunggu kapan waktu yang tepat untuk meng-hack. Namun menurut Ubisoft, kamu tidak bisa melakukan itu selama pemain lain sedang berada dalam sebuah misi utama atau side mission.

Bagian multiplayer Watch Dogs terlihat sangat menarik, karena seakan membuat kota yang menjadi settingnya menjadi lebih hidup. Kamu tidak akan tahu karakter AI yang berseliweran di kota itu ternyata pemain lain, dan mungkin akan membuatmu untuk selalu awas selama memainkannya.

Watch Dogs – “Exposed” Trailer

Watch Dogs – E3 Walkthrough Demo

Watch_Dogs – World Premiere Gameplay Trailer: Out of Control

Watch_Dogs: Open World Gameplay Premiere


SHARE
Previous articlePacific Realm, Pacific Rim dalam Versi Minecraft
Next articleMan of Steel 2 Tayang 2014 dan Justice League Rilis di 2015!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.