E3 2013: Versi Translasi Valhalla Knights 3 Siap Dirilis Akhir Tahun Ini Untuk PS Vita

Xseed Games akan membuat gamer PS Vita terpuaskan tahun ini. Valhalla Knights 3 yang sudah dikonfirmasikan awal tahun 2013 lalu sedang mereka translasikan, sepertinya sesuai jadwal akan dirilis kuartal ketiga atau akhir tahun ini. Versi Jepangnya sendiri sudah dirilis 23 Mei lalu. Dan game RPG yang musiknya ditangani oleh komposer serial Xeno Tales, Motoi Sakuraba ini juga mendapatkan demo Inggris pertamanya selama Electronic Entertainment Expo 2013 lalu.

Gameplay Valhalla Knights 3 ini menempatkanmu pada pertarungan team dengan anggota hingga 7 pemain dalam satu team, dimana setiap team bebas menantang pemain lain dalam pertarungan 7-on-7. Selain 7 anggota dalam 1 team, kamu juga bisa memilih karakter dari pilihan 7 ras yang tersedia, yaitu Human, Elf, Hobbit, Dwarf, Nightmare, Beast dan Machine. Dari setiap ras kamu juga masih bisa memilih salah satu dari kelas karakter, antara lain Fighter, Mage, Prisoner, Thief, Priest, Akatoki, dan Archer. Setiap karakter dibekali delapan skill “active” dan empat skill “passive.” Seperti kelas yang bisa dipilih berdasarkan ras, skill itu pun juga bergantung pada pilihan kelas karakter. Unsur pembeda lain dari karakternya datang dari sifat dan kepribadian karakter. Untuk satu itu, kamu mendapatkannya secara random. Membuatnya lebih menantang, sifat dan kepribadian yang didapatkan secara random itu juga berpengaruh pada tingkah laku karakter.

Pertarungan dalam game ini menganut konsep real-time battle, dan kamu bisa memberikan perintah pada karakter protagonis utama untuk mengatur karakter lain dalam anggota team. Seperti mengatur urutan kapan anggota team-mu menyerang, gerakan apa yang seharusnya mereka lancarkan, dan siapa yang lebih baik diserang terlebih dahulu. Semacam fungsi auto-battle dalam tipikal RPG lainnya, namun dengan opsi perintah yang lebih dalam. Dengan bertarung dan menang, kamu mendapatkan arena point yang bisa digunakan untuk membeli senjata dan armor.

Apa yang membedakannya dengan seri sebelumnya, di tengah permainan ada satu area “red light district” dimana kamu bisa merekruit anggota team wanita dengan membayarnya, dan kemudian sepanjang permainan meningkatkan ketertarikan para wanita itu pada karaktermu, untuk memicu side-quest baru (lebih jelasnya buka artikel ini). Selain itu, kamu juga perlu meningkatkan skill point untuk meng-upgrade dan membuka ability untuk team bertarungmu.

Selama E3 2013, Xseed menawarkan satu demo khusus, yang menunjukkan beberapa bagian game selama di field map dan bertarung dengan monster. Musuh terlihat di field map sebagai satu unit yang berjalan. Pertarungan dipicu dengan mendekati dan menyerang mereka. Kemudian beberapa musuh dan anggota team-mu yang lain muncul ketipa pertarungan berlangsung, sehingga kamu bisa merubah peran setiap anggota team. Sedangkan musuh diatur dalam kelompok yang juga sama, dipimpin oleh satu unit yang disebut leader. Kemenangan bisa diperoleh dengan mudah ketika leader kamu habisi lebih awal, karena sisa musuh lain akan turun levelnya, namun tetap memberi poin experience. Paling maksimal, habisi leader terakhir kali.

Seperti penulis jelaskan di atas, setiap kelas memiliki ability dan gaya bertarung mereka sendiri. Ability spesial dan item bisa kamu gunakan melalui d-pad. Sedangkan skill dan item lainnya bisa diakses setelah kamu menahan tombol L. Setiap kelas juga memiliki serangan khususnya, seperti archer yang bisa menyerang setelah dia men-charge kekuatan anak panahnya dulu, atau priest yang mamu memulihkan semua anggota team. Dan akhirnya, satu yang juga baru diterapkan di sini, tombol R bisa digunakan untuk lock on ke musuh. Fitur tersebut sangat berguna untuk tipikal kelas seperti Mage atau Archer. Dengan begitu dalamnya kustomisasi setiap kelas karakter, kamu mungkin butuh waktu untuk terbiasa memaksimalkan kemampuan setiap AI karakter.

Rencana dirilis versi translasinya akhir tahun ini, seharusnya langsung datang dengan patch terbaru yang akan dirilis akhir tahun ini. Kemudian melalui trailer terbarunya selama E3 2013 lalu kamu yang belum memainkan versi Jepangnya juga bisa melihat lebih detail seperti apa pertarungan dalam game ini, plus banyak screenshot baru yang dilepas Xseed (sayangnya masih dalam teks Jepang).

Valhalla Knights 3 – E3 2013 Trailer

Valhalla Knights 3 PS Vita Gameplay


SHARE
Previous articleParamount Pictures Rilis Klip Terbaru dari World War Z
Next articleKirim Tweet ke Capcom USA untuk Merilis Versi Retail Phoenix Wright: Ace Attorney – Dual Destinies!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.