Preview: World War Z, Bertahan Hidup dari Kiamat Zombie

Judul : World War Z
Studio : Skydance Productions / GK Films
Distributor : Paramount Pictures
Release : 21 Juni 2013 (US) / 19 Juni 2013 (Indonesia)
Pemain : Brad Pitt, Mireille Enos, Matthew Fox

Banyak media yang menginterpretasikan kiamat dengan berbagai macam imajinasi yang berbeda-beda, mulai dari bencana alam hingga kiamat yang disebabkan oleh mayat hidup alias Zombie. Sudah banyak film maupun game yang mengambil tema kiamat Zombie ataupun wabah serupa, salah satunya adalah Resident Evil dan juga The Last of Us yang sudah kami bahas beberapa waktu lalu. Kali ini, kamu akan kembali diajak untuk menyaksikan usaha manusia bertahan hidup dari kiamat zombie kembali dalam World War Z. Film ini sendiri Diangkat dari novel best-selling karya Max Brooks berjudul World War Z: An Oral History of the Zombie War, yang dirilis pada tahun 2006 lalu. Sederet nama siap mengisi peran dalam film ini antara lain Brad Pitt, Mireille Enos dan Matthew Fox.

Film ini mengisahkan perjalanan seorang karyawan PBB bernama Gerry Lane (Brad Pitt), yang berkeliling dunia dan berlomba dengan waktu untuk menghentikan wabah zombie yang mematikan semua aktivitas pemerintahan dan mengancam kelangsungan hidup umat manusia. Meskipun mengaadaptasi langsung versi novelnya, namun film ini memiliki beberapa perbedaan dengan novelnya, salah satunya adalah tokoh utama yang diangkat dalam film. Lane sendiri tidak muncul dalam novelnya dulu, dan hanya muncul dalam film ini saja. Bisakah Lane menuntaskan misinya, dan sekali lagi menyelamatkan manusia dari kepunahan?

World War Z disutradai oleh Marc Forster, sutradara papan atas yang sebelumnya membesut Monster’s Ball dan salah satu film James Bond, Quantum of Solace, serta diproduseri langsung oleh Brad Pitt sendiri. Kisah pengembangan film ini sendiri sebenarnya sangat berliku dan menghabiskan total dana hingga US $400 juta. Awalnya, pada tahun 2007 lalu hak pengembangan film ini didapatkan oleh Plan B Entertainment, dan Forster sudah ditunjuk untuk membesut film ini. Pengambilan gambar pun sudah dilakukan di Malta sejak tahun 2011, lantas pindah ke Budapest pada bulan Oktober di tahun yang sama.

Sebenarnya, film ini dijadwalkan rilis pada Desember 2012, namun karena suatu hal, rumah produksi membutuhkan waktu tambahan untuk menyelesaikan beberapa scene yang belum selesai. Bahkan, pihak rumah produksi sudah merekrut Damon Lindelof untuk menulis kembali bagian terakhir film ini, sebelum akhirnya jatuh ke tangan Drew Goddard karena Lindelof gagal memenuhi ekspektasi target penyelesaiannya. Pengambilan gambar pun dilakukan kembali pada medio September dan Oktober 2012 lalu, dengan jadwal rilis yang mundur jauh hingga 21 Juni mendatang. Total, biaya US $400 juta ini digunakan untuk membuat sebuah film dengan durasi sekitar 110 menit saja.


SHARE
Previous articleMicrosoft: Harga Xbox One Masih Masuk Akal
Next articleMetal Max 4: Moonlight Diva Akan Dirilis untuk 3DS!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.