Valve Bakal Implementasikan Fitur Game Sharing dalam Steam?

Selama ini kamu bisa saling pinjam meminjam DVD atau blu ray game, baik konsol maupun PC. Bahkan sampai konsol next gen nantinya pun, kamu masih bisa saling pinjam meminjam game fisik, meskipun Xbox One masih menerapkan beberapa batasan yang membuatmu tidak bisa leluasa meminjamkannya kepada siapa saja. Namun, bagi kamu yang gemar memainkan game PC dan membeli game via Steam, tentu kamu tidak bisa melakukan hal tersebut. Ya, karena game-game dalam Steam berbentuk digital, kamu tidak bisa memberikannya, atau bahkan sekedar memindahkannya ke akun Steam lain.

Tetapi semuanya bakal segera berubah jika kabar berikut ini bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Menurut rumor yang beredar, sebentar lagi kamu bisa saling pinjam meminjam game yang dibeli di Steam! Rumor ini sendiri berawal dari seorang user di NeoGaf bernama Grief.exe yang menemukan potongan kode program menarik yang ditanamkan dalam client Steam versi Beta. Dalam potongan kode program ini, terdapat beberapa baris program yang menunjukkan sebuah fitur yang kemungkinan besar bernama Shared Game Library seperti yang ditunjukkan dalam gambar berikut.

Dalam gambar tersebut pada beberapa bagian yang di-highlight tampak jelas fitur Shared Game Library ini bisa memungkinkanmu untuk pinjam meminjam game dengan akun Steam lainnya. Gambar di atas kurang jelas? Berikut ini adalah tiga baris kode yang menjelaskan fitur tersebut. Bagi kamu yang ingin mencoba mencari sendiri baris kode ini, kamu harus terlebih dahulu meng-update ke Steam Beta dengan memilih Steam -> Setting -> Beta Participation. Setelah itu cek file steamui_english yang ada di folder Steam/Public.

  • “SteamUI_JoinDialog_SharedLicense_Title” “Shared game library”
  • “SteamUI_JoinDialog_SharedLicenseLocked_OwnerText” “Just so you know, your games are currently in use by %borrower%. Playing now will send %borrower% a notice that it’s time to quit.”
  • “SteamUI_JoinDialog_SharedLicenseLocked_BorrowerText” “This shared game is currently unavailable. Please try again later or buy this game for your own library.”

Dalam tiga baris di atas, kita bisa melihat beberapa ketentuan saat kamu melakukan sharing game dengan temanmu. Yang pertama, jika kamu mencoba memainkan game yang tengah dipinjam dan dimainkan akun Steam lain, kamu tidak bisa memainkannya secara bersamaan. Jika kamu memaksa dan ingin memainkan game milikmu saat itu juga, maka program akan memberikan notifikasi kepada teman yang tengah memainkan game milikmu bahwa ini saatnya dia berhenti memainkan game tersebut. Yang kedua adalah program bisa memberikan notifikasi apabila game yang ingin kamu pinjam tidak tersedia di akun target. Tidak tersedia disini bisa memiliki banyak arti, mulai dari game tersebut masih dimainkan oleh pemiliknya, atau sang pemilik memang tidak memiliki game tersebut dalam library-nya. Intinya, fitur baru ini sepertinya tidak memperbolehkan satu game yang dibeli oleh satu akun dimainkan secara bersamaan dalam satu waktu oleh beberapa akun sekaligus.

Apakah rumor ini benar? Sampai berita ini ditulis, pihak Valve masih belum memberikan tanggapan mengenai rumor ini. Rumor ini menjadi semakin menarik karena hadir di saat banyak gamer ramai membicarakan topik “pinjam meminjam” game ini pasca E3 2013 lalu. Seperti yang kita tahu dalam E3 2013 lalu, Sony mengungkapkan bahwa dalam PS4 kamu bisa saling pinjam meminjam game fisik dengan bebas, sedangkan Microsoft lebih terbatas dimana kamu hanya bisa melakukan pinjam meminjam game hanya kepada 10 orang anggota keluarga saja.

[Sumber: Kotaku/NeoGaf]


SHARE
Previous articleInternational Tokyo Toy Show 2013, Ajang Pameran Mainan Terbesar di Jepang!
Next articleLevel-5 Merilis Trailer Terbaru Youkai Watch
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.