Microsoft Dengarkan Kritik, Xbox One Bisa Memainkan Game Bekas dan Tidak Harus Selalu Online!

Sejak diperkenalkan akhir Mei lalu, Xbox One seolah tidak henti-hentinya menerima kritikan. Banyak gamer merasa gerah dengan kebijakan dan batasan-batasan yang diberikan Microsoft kepada konsol tersebut, seperti keharusan untuk selalu online saat memainkan game dalam 24 jam, hingga ketidakmampuan untuk memainkan game bekas. Keadaan ini semakin “diperparah” minggu lalu saat E3 2013, dimana Sony berhasil memukul telak Microsoft dengan memperkenalkan fitur-fitur PS4 yang berkebalikan dengan Xbox One. Meskipun begitu, Microsoft tampak kukuh dengan pendiriannya, bahkan melontarkan beberapa komentar yang cenderung “pedas” mulai dari menyuruh gamer tanpa internet untuk memainkan Xbox 360 saja hingga mempertahankan harga Xbox One yang mereka anggap masuk akal.

Namun semalam akhirnya “pertahanan” Microsoft tembus juga. Masih lewat Don Mattrick, President of the Interactive Entertainment Business dari Microsoft yang beberapa hari terakhir menjadi sosok “public enemy” dengan pernyataan-pernyataan pedasnya, Microsoft mengumumkan beberapa update baru untuk Xbox One. Beberapa diantaranya adalah nantinya kamu bisa memainkan game secara offline dan tidak perlu online dalam sehari sekali, serta bisa memainkan game-game bekas! “Sejak memperkenalkan rencana Xbox One, saya bersama tim sudah mendengarkan banyak darimu, membaca komen-komenmu dan mendengarkan feedback-mu. Saya ingin menjadikan kesempatan hari ini (semalam WIB) untuk mengucapkan terima kasih kepada semua bantuan untuk membantu kami membentuk masa depan Xbox One,” ungkap Mattrick dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari Xbox Wire.

“Kalian memberitahu kepada kami bahwa kalian senang dengan fleksibilitas yang kamu miliki sekarang dengan game yang berbasis disc. Kemampuan untuk meminjamkan, berbagi, dan menjual game kembali penting bagimu. Jua penting untukmu adalah kebebasan untuk bermain secara offline, dalam waktu yang tidak terbatas, dimana saja di seluruh dunia,” lanjut Mattrick. “Jadi hari ini, saya mengumumkan beberapa perubahan untuk Xbox One dan bagaimana kamu bisa bermain, berbagi, meminjamkan, dan menjual kembali game seperti yang kamu lakukan sekarang untuk Xbox 360,” paparnya.

Seperti pernyataan Mattrick di atas, ada beberapa update besar untuk Xbox One. Pertama, kamu TIDAK MEMERLUKAN koneksi internet untuk memainkan game-game Xbox One yang offline. Setelah satu kali pengaturan saat Xbox One pertama kali kamu dapatkan, kamu bisa bermain SEMUA game berbasis disc tanpa harus terkoneksi internet SAMA SEKALI! Tidak perlu terkoneksi 24 jam, dan kamu bisa membawa Xbox One kemana saja kamu suka dan memainkannya, seperti yang kamu lakukan untuk Xbox 360!

Update yang kedua adalah mengenai menukar, meminjam, menjual kembali, memberikan atau menyewa game berbasis disc seperti yang kamu lakukan sekarang. Kali ini TIDAK ADA batasan tertentu jika kamu ingin melakukan hal-hal di atas! Berbeda dengan pernyataan Microsoft sebelumnya, yang hanya memperbolehkanmu melakukan hal di atas hanya untuk 10 orang anggota keluargamu saja. Lagi-lagi Microsoft mengungkapkan, bahwa kamu bisa melakukan hal itu semua di Xbox One sama dengan yang kamu lakukan saat ini di Xbox 360!

Lebih lanjut, Microsoft juga mengungkapkan bahwa selain membeli game dalam bentuk disc, beberapa game juga nantinya bisa kamu dapatkan dalam bentuk digital di Xbox Live. Saat kamu memiliki game dalam bentuk digital pun kamu tetap bisa memainkannya dalam kondisi Xbox One-mu offline. Terakhir, Microsoft juga memastikan, bahwa semua game Xbox One bisa dimainkan di semua konsol, TIDAK ADA batasan regional seperti yang pernah mereka konfirmasikan sebelumnya! Di akhir pernyataannya, Mattrick juga mengatakan siap menerima feedback lain dari para gamer untuk menjadikan Xbox One menjadi seperti yang mereka inginkan.

Sebuah kabar yang melegakan, dan tentunya kini kamu bisa lebih leluasa memilih apakah akan membeli Xbox One atau PS4 saat tersedia nanti di Indonesia tanpa harus takut harus selalu online setiap memainkan game, takut game yang sudah kamu tamatkan tidak bisa dijual kembali ataupun takut konsolmu tidak bisa menemanimu saat kamu pergi keliling dunia. Dengan pernyataan Microsoft ini, kira-kira konsol mana yang akan kamu pilih saat dirilis nanti?