E3 2013: GTA V Menggoda Melalui Screenshot Baru, dan Petunjuk Akan Dirilis Untuk PS4?

Setelah dikejutkan dengan rumor akan hadirnya versi PC dari Grand Theft Auto V awal Mei lalu, kita tidak mendapatkan update baru mengenai game open-world paling ditunggu dari Rockstar North tersebut. Namun selama Electronic Entertainment Expo 2013, Rockstar Games merilis beberapa screenshot baru yang kembali menggambarkan seperti apa detail gameplay game yang sementara ini baru dikonfirmasikan resmi untuk PS3 dan X360.

Sebagai seri ke-15 dari keseluruhan seri Grand Theft Auto, GTA V merupakan sekuel dengan peningkatan terbesar sejak GTA IV. Kamu kembali berlaga di Los Santos, kota di wilayah negara bagian San Andreas, yang diadaptasi dari Los Angeles dan Southern California. Penggamaran game dari Los Angeles tersebut pertama kali dikenalkan melalui GTA: San Andreas, yang dirilis pada tahun 2004, dan juga GTA pertama yang dirilis pada tahun 1997. Walaupun settingnya sama, namun Rockstar mengklaim jika GTA V dibuat dengan setting terbesar dari keseluruhan game GTA.

Selain beberapa screenshot baru yang muncul selama E3 2013 kemarin, kami mendapatkan update baru sehubungan dengan game yang akan dirilis pada 17 September 2013 ini. Sejauh ini GTA V baru dipastikan untuk PS3 dan X360, dengan versi PC masih dirumorkan, dan kemudian Wii U juga dipertimbangkan oleh mereka, walaupun keduanya belum resmi dikonfirmasikan. Kemudian melalui video promo “Greatness Awaits” yang dirilis Sony selama E3 2013 lalu, kami juga menemukan petunjuk jika mungkin saja GTA V akan masuk konsol next-gen tersebut, karena banyak Easter Egg dalam video tersebut yang menampilkan lima game utama serial Grand Theft Auto. Video tersebut (bisa kamu lihat di bagian akhir artikel ini) digunakan Sony sebagai bagian untuk mengenalkan konsol generasi baru mereka, namun bisa jadi dengan adanya beberapa pesan rahasia GTA di dalamnya.

Bundle PS3 Grand Theft Auto V & Pulse Elite Headset

Memang untuk PS4 Rockstar belum mau memberikan keterangan pasti, namun selama E3 2013 lalu, Sony mengkonfirmasikan bahwa mereka akan menjual edisi khusus PS3 yang dipaket bersama dengan GTAV dengan harga US $299. Bundle ini juga akan langsung tersedia begitu gamenya dirilis 17 September mendatang. Dalam bundel ini, kamu mendapatkan PS3 dengan hard disk 500GB, sebuah kopian Blu-ray GTA V serta bebas berlangganan selama 30 hari layanan PlayStation Plus. Selain itu mereka juga bekerjasama dengan Rockstar, dan menawarkan headset Pulse Elite yang memiliki mode audio custom. Grand Theft Auto V Pulse – Elite Edition dihiasi dengan aksen khusus GTA V, dan mulai dijual 17 September mendatang dengan harga US $179.99. Detail fitur headset premium ini antara lain:

  • Grand Theft Auto V inspired design.
  • Custom sound mode immerses you in the world of Los Santos and Blaine County
  • Enjoy hi-fidelity 7.1 virtual surround sound
  • Crystal clear voice chat
  • Comfortable for hours of gameplay
  • Stay informed with on-screen headset status updates

Special Edition & Collector’s Edition

Itu penawaran Sony dan Rockstar bagi pengguna PS3. Bagaimana dengan X360? Kamu mash bisa melirik edisi spesial dan kolektor dari GTA V yang dikonfirmasikan awal Juni lalu. Special Edition yang harganya lebih mahal $20 dari standarnya ini, yaitu pada US $79.99 berisi beberapa bonus, seperti art book dan blueprint map. Kemudian untuk Collector’s Edition-nya mendapatkan lebih banyak, dan pasti akan menarik perhatian para penggemar GTA V. Selain isi dari edisi spesial, kamu juga mendapatkan kotak penyimpanan premium berlapis perak dengan ukuran logo GTA V, finishing dof, serta semua content juga dilapisi lapisan anti gores. Collector’s Edition tersebut jelas lebih mahal, kamu bisa mendapatkannya dengan harga US $149.99. Langsung masuk ke bagian preorder edisi spesial dan kolektor tersebut di sini.

Sebagai tambahan bonus, baik edisi spesial dan kolektor (serta semua preorder edisi standarnya) bisa langsung mengakses kendaraan khusus Atomic Blimp (terlihat di atas), yang menjadi kendaraan pribadi milik perusahaan ban terbesar di Los Santos. Kemudian isi dari edisi spesial dan kolektor bisa kamu lihat di bawah. Kedua edisi khusus tersebut bisa kamu dapatkan di website preorder Rockstar, dan akan dibuka terus hingga persediaannya habis. Meskipun ada yang mengabarkan edisi kolektornya ludes seminggu setelah dikonfirmasikan awal Juni lalu, namun ketika kami mencoba mengeceknya di website preorder, ternyata kamu masih bisa mendapatkannya, seperti melalui GameStop.

Grand Theft Auto V Special Edition:

  •  Full retail copy of Grand Theft Auto V
  •  Collectible SteelBook with Exclusive Artwork: This special SteelBook features double-sided, never-before-seen artwork of Michael, Trevor and Franklin. Custom color and metallic treatments bring out the detail of the artwork created exclusively for this SteelBook.
  • Blueprint Map: This exclusive, additional 21.5” x 26.75” map displays a blueprint view of Los Santos and Blaine County. Cryptic markings indicate locations for fast cash and other points of interest for the up-and-coming entrepreneur.
  • Special Ability Boost: Michael, Franklin and Trevor each have a unique special ability. With this boost, the special ability bar will generate 25% faster.
  • Stunt Plane Trials: Single player Stunt Plane Trials let you take on additional aerial challenges spread throughout Los Santos and Blaine County.
  • Bonus Outfits, Tattoos and More: Michael, Franklin and Trevor get bonus outfits in their wardrobes, character specific tattoos at tattoo parlors, and special deals from shopkeepers across Los Santos and Blaine County.
  • Additional Weapons: When visiting Ammunation stores in single player, merchants will have special weapons in their inventory available for free: the Pistol .50, Bullpup Shotgun and melee Hammer.
Grand Theft Auto V Collector’s Edition:  

  • Grand Theft Auto V Security Deposit Bag with Logo Key: Inspired by the heists in Grand Theft Auto V, this custom 10.75” x 8.5” money bag features a pop-up style lock and laser cut logo key to secure important items. The reverse side features a pressed Rockstar Games logo on the security mount with a framed ID window.
  • Grand Theft Auto V New Era 9FIFTY™ Snapback Cap: This exclusive New Era 9FIFTY™ cap features an embroidered Los Santos logo on the front, a stitched, black Rockstar Games logo on the wearer’s left side, a Grand Theft Auto ‘V’ logo applique on the opposite side, and snapback closure for an adjustable fit.
  • Custom Characters for Grand Theft Auto Online: Get classic Grand Theft Auto characters to use within the Grand Theft Auto Online Character Creation System.
  • Unique Vehicles and Garage Property: Players will instantly receive a garage to store custom vehicles. In single player, the garage will be stocked with the 1930’s style Hotknife hotrod and the CarbonRS sports bike. In Grand Theft Auto Online, players will get the high-end Khamelion electric car. 

Keseluruhan Gameplay-nya Berevolusi

Melengkapi penjelasan kami mengenai gameplay game ini, berikut kami berikan sedikit ringkasan poin gameplay baru GTA V. Keseluruhan Rockstar memberikan banyak pembaruan di sini. Apakagi dengan setting dunia open-world yang diklaim sebesar kombinasi Red Dead RedemptionGTA: San Andreas dan peta GTA IV. Beberapa area baru yang bisa dijelajahi berkisar pada setting pantai, pegunungan dan juga hutan, di sekitar danau Salton Sea, hingga basis militer. Bukan hanya di atas pantai saja, karakter bisa menyelam dan menjelajahi dasar laut.

Mode single player disampaikan melalui salah satu dari tiga karakter utama,  Michael, Trevor dan Franklin, kriminal yang ceritanya saling berhubungan seiring mission yang mereka selesaikan bersama. Selama story missions, kamu bisa berganti mengendalikan mereka seiring mereka bekerja sama untuk menyelesaikan suatu objective. Misalnya dalam satu mission, Michael menuruni sisi sebuah gedung, dan Franklin melindunginya dengan membidik musuh menggunakan sniper rifle, sedangkan  Trevor mengendalikan helikopter untuk kabur.

Di luar missions, kamu bebas berganti mengendalikan salah satu dari mereka, dan menjelajahi setting open-world. Ketika aktivitas switch karakter tersebut, tampilan akan di-zoom out menjauh dari perpektif karakter yang kamu kendalikan, dan langsung berpindah ke kerakter lain yang terpilih. Meskipun tidak kamu kendalikan, kedua karakter lain akan berjalan menjalani aktivitasnya sendiri di Los Santos. Mereka bisa saja menjalani salah sati aktivitas seperti yoga, triathlon (renang, bersepeda, lari), Jet Ski, base-jumping, tenis, golf, scuba diving atau mengolah tubuh di gym.

Setiap karakter juga memiliki hobi khusus, yang bisa kamu mainkan bersama teman-teman mereka, walauoun simulasi kencan dari GTA IV tidak dikembalikan di sini, termasuk juga kustomisasi status karakter ala San Andreas juga absen di sini. Kamu hanya bisa memodifikasi penampilan luar setiap karakter, seperti kostum mereka. Karaktermu kini juga bisa berinteraksi dengan cara yang berbeda pada NPC, untuk bisa mendapatkan reaksi mereka yang berbeda-beda, bergantung pada keadaan mereka saat itu, atau sedang berada di lokasi apa.

Ponsel sebagai sarana komunikasi yang pertama kali dimasukkan melalui GTA IV juga kembali di sini, walaupun banyak fungsinya diubah Rockstar. Kali ini gadget tersebut fungsi utamanya adalah untuk aktivitas yang bisa dilakukan karakter sehari-hari, dan juga untuk mengakses internet dalam game. Rockstar juga memasukkan beberapa konsep perkembangan ekonomi, dengan karakter yang kemungkinan bisa berinvestasi dalam game, dengan membeli property dalam game seperti dalam Vice City dan Vice City Stories. Fitur tersebut masih perlu diluruskan oleh Rockstar keberadaannya.

Kemudian seperti yang kami jelaskan sebelumnya pasca demo yang dirilis Rockstar Mei lalu, ada banyak sarana transportasi dalam GTA V, dan menjadi yang terbanyak dibandingkan keseluruhan GTA. Selain beragam mobil, juga ada truk, sepeda (motor), helikopter, pesawat, ATV untuk yang mau berkeliaran di medan off-road, dan juga jet ski. Rockstar juga mengklaim kini pengendalian mobil jauh lebih baik, bahkan seperti tipikal game-game racing.

Kemudian untuk karakter, ternyata mereka juga memiliki ability khusus. Seperti Michael yang mampu melambatkan waktu selama adegan tembak-menembak (mirip seperti efek bullet time-nya Max Payne), lalu Franklin bisa melambatkan waktu ketika mengendarai kendaraan, dan Trevor bisa masuk kondisi marah, dimana dia bisa meredam efek damage, namun juga mampu memperbesar damage pada musuh, dibarengi beberapa gerakan khusus untuk serangan melee-nya ketika mode tersebut diaktifkan.

PlayStation | Greatness Awaits

The Making of Greatness Awaits | E3 2013

http://youtu.be/-F6ErB1Yflw