E3 2013: Tearaway Buktikan Jika PS Vita Mampu Mengeksploitasi Kreativitas Developer Game

Ok, mungkin sejauh ini PS Vita menjadi underdog di kelas portable, terutama dibandingkan 3DS yang lebih banyak dukungan gamenya. Namun bukan berarti handheld Sony ini akan terus terpuruk. Dukungan game indie jelas akan makin deras pasca Sony membuka program pendanaan untuk developer independen tahun lalu. Selain itu, juga ada beberapa game berkelas yang direncanakan rilis untuk tahun ini, seperti Arkham Origins BlackgateThe Walking Dead: 400 Days, Valhalla Knights 3, dan beberapa port versi konsol. Namun jika ditanya yang paling inovatif, dan mungkin menjadi game yang paling kreatif idenya dipamerkan selama Electronic Entertinment Expo 2013 lalu, kami akan memilih Tearaway.

Tearaway merupakan game terbaru Media Molecule, pengembang serial LittleBigPlanet, yang juga seperti karya mereka sebelumnya itu, terlihat unik dengan desain game-nya yang dibuat mirip dengan papercraft. Tearaway mengisahkan sang pengirim pesan bernama IOTA (yang cewek bernama ATOI) yang sedang dalam petualangan sekaligus ritual bagi dirinya untuk mengirim dan menyampaikan pesan-pesan unik kepada kita.

Karena eksklusif untuk PS Vita, Tearaway dikembangkan sedemikian rupa hingga mampu memaksimalkan semua fitur PS Vita. Misalnya, selama permainan ketika bertemu seekor rusa yang membutuhkan skin baru, kamu bisa mengambil gambar melalui kamera PS Vita dan memberikannya pada binatang papercraft tersebut. Apa yang unik, ketika kamu menyentuhkan jari ke panel sentuh di bagian belakang PS Vita, jarimu tersebut seakan-akan muncul dari balik tanah di tengah gameplay, dan kamu bisa berinteraksi dengan musuh serta lingkungan dalam game. Di bagian lain permainan, kamu bisa menggambar pada layar sentuh dengan jarimu, untuk memotong kertas yang akan digunakan karakter dalam game.

Selama E3 2013 Sony membawa demo baru game ini, dan banyak yang nenyukai unsur artisitk yang cute dari Tearaway, apalagi keseluruhan game ini terbentuk dari kertas lipat. Seperti LittleBigPlanetTearaway merupakan game platformer, meskipun tidak seperti LittleBigPlanet yang side-scrolling, Tearaway dibangun di atas lingkungan 3D. Jadi lingkungannya lebih mirip seperti pada Super Mario 64Banjo-Kazooie, dan Crash Bandicoot. Jika di LittleBigPlanet kamu mengendalikan boneka karung Sackboy, maka di sini kamu berperan sebagai Messenger (penyampai pesan) berbentuk boneka kertas Iota atau Atoi, yang seperti Sackboy, terlihat khas dengan kepala kertasnya yang berukuran besar. Mereka kamu kendalikan sepanjang game, berlari, melompat, dan berinteraksi dengan beragam obyek menggunakan layar sentuh dan touchpad PS Vita.

Jari tanganmu bisa muncul di tengah permainan…

Elemen menarik di sini adalah penggunaan touchpad belakang PS Vita sebagai drum di sepanjang permainan, yang bisa kamu gunakan sebagai pelontar untuk melemparkan karakter ke udara agar bisa melanjutkan permainan ke level selanjutnya, atau mencapai platform yang lebih tinggu. Makin keras kamu menyentuh touchpad, makin keras juga efek suara drum tersebut, dan mekin tinggi karaktermu dilontarkan ke atas.

Di atas kami menyebutkan melalui touchpad kamu juga bisa berinteraksi dengan lingkungan dalam game. Bukan hanya touchpad, karena kamera belakang PS Vita juga akan digunakan untuk menangkap bayangan jarimu ketika menyentuh bidang sentuh PS Vita. Dengan membuat lubang di dalam game, jarimu bisa menggerakkan obyek untuk menciptakan jembatan atau membantu mengalahkan musuh. Sedangkan menggunakan layar sentuh di depan, kamu bisa menyibakkan tirai atau menyentuh suatu obyek.

Selama bermain, Messenger yang kamu kendalikan bisa menjelajahi dunia dan mengumpulkan potongan kertas atau confetti, yang bisa digunakan sebagai pengganti mata uang. Potongan kertas tersebut bisa digunakan untuk mengkustomisasi karakter dan bagian dari dunia. Sedangkan karena banyaknya interaksi yang bisa kamu lakukan menggunakan touchpad PC Vita, membuat hubungan antara Messenger dan kamu sebagai pemainnya layaknya rekan co op, bukan sekadar karakter.

Kemudian yang membuat Tearaway juga menarik adalah mengajak kita membangun dunia kertas sendiri, sampai mendesain Trophy kertas. Media Molecule mengatakan, mereka menggunakan kertas virtual untuk membangun dunianya, dan juga tiga region dengan elemen berbeda yang ada di dalamnya. Tujuannya, untuk memberi kita inspirasi dalam membuat game papercraft sendiri di dunia nyata menggunakan kertas. Developer juga menyediakan opsi untuk mencetak Trophy sendiri, yang kemudian bisa digunting dan direkatkan.

Agar bisa dinikmati oleh banyak kalangan gamer, Tearaway memiliki pilihan beberapa skin berbeda untuk dua gender Messenger-nya. Selain gender, di awal permainan kamu akan mendapat beberapa pertanyaan, dan berggantung jawabanmu, akan menghasilkan penampilan karakter yang berbeda di dalam permainan.

Seperti “pengendali” dunia, kamu bebas bisa memunculkan jarimu dimana saja…

Memang bukan game kelas AAA dari developer papan atas, namun untuk kelas portable, sebenarnya apa dibutuhkan PS Vita? Sebuah game yang fun dan adiktif untuk dimainkan kapan-saja dan dimana-saja. Selain itu, Tearaway termasuk menawarkan banyak ide yang fresh, yang belum tentu bisa didapatkan dari konsol next-gen sekalipun. Game ini akan dirilis eksklusif untuk PS Vita pada 22 Oktober 2013 mendatang, dan bagi kamu pengguna PS Vita, jangan sampai melewatkannya.

Tearaway E3 Trailer


SHARE
Previous articlePengenalan Field System, Update Baru dari Elsword Online!
Next articleUltralist: 10 Film yang Menjadi ‘Inspirasi’ dari Man of Steel
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.