Pengembangan Mass Effect 4 Dimulai, Gunakan Beberapa Elemen dari Dragon Age: Inquisition

Dari sekian banyak game yang dibawa EA dalam ajang E3 2013 minggu lalu, nama Mass Effect memang absen. Pun tidak ada satu teaser pun yang dibawa oleh BioWare mengenai bagaimana sekuel dari franchise tersebut, meskipun sebelumnya sempat beredar rumor bahwa Mass Effect 4 direncanakan akan dirilis pada medio 2014 hingga 2015 yang akan datang. Namun, seminggu setelah E3 2013 berlalu, BioWare justru membawa kabar yang cukup menarik, dimana mereka mengungkapkan bahwa saat ini mereka sudah memulai proses pengembangan Mass Effect 4!

Kabar ini sendiri dihembuskan oleh Direktur BioWare Montreal Yanick Roy dalam akun Twitter resminya. Dalam salah satu “kicauannya” beberapa hari lalu di Twitter, dia mem-posting sebuah foto mengenai GDD (Game Design Document) pertama dari Mass Effect 4 yang disebutnya sudah selesai.

Sontak posting ini pun ditanggapi oleh salah satu follower-nya, yang khawatir bahwa pengembangan Mass Effect 4 nantinya akan berjalan sangat lama mengingat GDD-nya saja baru diselesaikan dalam minggu ini. Tidak lama kemudian Yanick Roy pun membalas tweet dari salah satu follower-nya tersebut. Yang menarik, dalam tweet balasannya, Yanick mengungkapkan bahwa mereka “meminjam” beberapa mekanisme dan sistem game dari Dragon Age 3 atau yang sekarang disebut dengan Dragon Age: Inquisition.

Lebih lanjut, dalam tweet berikutnya, Yanick juga mengungkapkan bahwa karena kedua game tersebut menggunakan engine yang sama, Frostbite 3, maka pengembangan Mass Effect 4 pun tidak dibuat dari awal, tetapi memanfaatkan beberapa sistem inti dari Dragon Age: Inquisition. Dengan kata lain, pengembangan Mass Effect 4 nantinya akan lebih cepat dan tidak selama yang ditakutkan oleh para penggemar. Selain itu, dari tweet Yanick ini juga bisa disimpulkan, bahwa akan lebih banyak lagi elemen dari Dragon Age : Inquisition yang akan diimplementasikan dalam Mass Effect 4.

Kabar Mass Effect 4 yang menggunakan engine Frostbite 3 ini sendiri sebenarnya bukan berita baru. Pada akhir tahun lalu, BioWare Montreal mengungkapkan bahwa game ini memang akan dikembangkan dengan engine Frostbite 3 yang juga mereka gunakan dalam pengembangan Dragon Age 3, meninggalkan Unreal Engine 3 yang digunakan dalam Mass Effect 3 lalu. Pengembangannya pun dialihkan dari studio BioWare di Edmonton, menjadi BioWare Montreal. Meskipun studio pengembangannya dipindah, tetapi Yanick juga sempat mengungkapkan bahwa studio di Edmonton masih akan terus memberikan dukungan untuk pengembangannya.

Menggunakan beberapa sistem inti mirip dengan Dragon Age: Inquisition. Apakah ini pertanda bahwa Mass Effect 4 nantinya akan lebih open world? Kita tunggu saja kabar selanjutnya!

[Sumber: CVG]


SHARE
Previous articleSederet Screenshot Baru dan Debut Trailer Tales of Symphonia Chronicles
Next articleDLC Terbaru God Eater Burst, New Order
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.