Ultralist: 10 Film yang Menjadi ‘Inspirasi’ dari Man of Steel

Tak dipungkiri kalau Man of Steel merupakan film Superman terbaik yang pernah dibuat sampai saat ini. Campur tangan Zack Snyder sebagai sutradara serta dua penulis naskahnya, David S. Goyer dan Christopher Nolan yang juga merupakan penulis dari trilogi The Dark Knight, merupakan senjata ampuh yang dimiliki Warner Bros. untuk membawa Superman ke tangga kesuksesan yang lebih besar dari film-film sebelumnya, dan juga pintu gerbang menuju Justice League.

Tanpa mengurasi kekaguman saya terhadap film ini, banyak adegan dalam Man of Steel yang mengingatkan saya pada beberapa film terkenal. Dan dalam Ultralist kali ini, saya akan menyajikan 10 film yang bisa dikatakan telah menjadi inspirasi untuk Man of Steel:

1. Iron Man (2008)
Sutradara: Jon Favreau

Pada saat Jor-El hendak mengirim anaknya ke Bumi, Zod datang bersama pasukannya untuk menggagalkan rencana tersebut. Dan ketika Zod mulai mendekat, Jor-El terlihat mengenakan armornya untuk melawan Zod. Pada adegan ini, tentunya kita semua tahu kalau adegan ini mirip saat Tony Star pertama kali mengenakan Mark III di ruang kerjanya pada film Iron Man pertama. Dan itu keren sekali!!

2. 300 (2006)
Sutradara: Zack Snyder

Berbeda dengan film-film Superman sebelumnya, Man of Steel lebih memperlihatkan bagaimana rupa planet asal Kal-El, yang kali ini tidak bernuansa Kristal. Dan warna yang disajikan benar-benar merupakan ciri khas dari Snyder.

Ketika Zog dan pasukannya berhasil ditangkap dan hendak dikirim ke lobang hitam, Zod berteriak kepada para dewan Krypton dan (khususnya) pada istri Jor-el, Lara Lor-Van (Ayelet Zurer), “I will find him!!.” Entah apakah karena sama-sama disutradarai oleh Zack Snyder, namun adegan ini mengingatkan saya ketika raja Leonidas dalam film 300, berteriak “This is Sparta!!,” pada utusan dari Persia. Dan tahukah kamu, Zack Snyder juga sebagai penulis naskah dalam film 300 tersebut.

3. Star Trek (2009)
Sutradara: J.J. Abrams.

Film ketiga adalah Star Trek. Ketika pesawat kapsul yang berisi Kal-El bayi dikirim ke Bumi, terlihat kapsul tersebut meluncur dengan kecepatan cahaya, apakah ini teknologi Warp yang yang dipakai dalam film Star Trek? :)

4. Hancock (2008)
Sutradara: Peter Berg

Kalau Superman-Superman sebelumnya ketika terbang dan mendarat, mereka lakukan dengan cara yang lembut. Berbeda dengan Superman kali ini, sama seperti dalam film Hancock ketika Hancock mendarat dan terbang, dalam film ini Superman pun melakukannya dengan cara yang keras, bahkan Lois pun disuruhnya untuk minggir agak jauh ketika ia mau terbang. Karena begitu kerasnya, tanah yang ia pijak retak.

5. Prometheus (2012)
Sutradara: Ridley Scott.

Dari adegan dalam film, kita beralih ke desain kostum. Dari gambar diatas, kita semua juga bisa melihat adanya kemiripan bentuk helm antara armor Zod dengan yang dikenalan alien dalam film Prometheus.

6. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)
Sutradara: Peter Jackson

Masih dalam segi kostum, coba lihat kemiripan armor bangsa Krypton (khususnya pada bagian lengan) dengan armor milik para Nazgûl dalam film The Lord of the Rings: The Return of the King (2003).

7. Batman Begins (2005)
Sutradara: Christopher Nolan

Mungkin ini karena naskah Man of Steel dikerjakan oleh orang-orang yang sama yang mengerjakan naskah Batman Begins. Kalau dalam film-film Superman sebelumnya, identitas asli Superman selalu menjadi rahasia, khususnya bagi Lois Lane. Tapi tidak untuk film ini, sama seperti Batman yang identitas aslinya diketahui oleh beberapa orang, terutama oleh wanita yang dicintainya, Rachel Dawes. Dalam film ini pun terjadi hal serupa, beberapa orang pun tahu identitas asli dari Superman termasuk Lois Lane, bahkan sebelum orang-orang menyebutnya Superman, Lois selalu memanggilnya Clark.

8. Dragon Ball Z
Kreator: Akira Toriyama

Selain cerita yang menarik, adegan pertarungan harus selalu ada dalam setiap film superhero. Menariknya film Superman kali ini, adalah adegan pertarungannya yang benar-benar keren, apalagi ketika Faora-Ul (Antje Traue) menghajar beberapa prajurit dari militer AS. Kecepatannya saat ia bertarung… itu hanya ada dalam film Dragon Ball Z! Mungkin kalau 20th Century Fox mau me-reboot Dragonball: Evolution-nya yang kemarin gagal, Zack Snyder adalah pilihan yang sangat tepat.

9. Independence Day (1996)
Sutradara: Roland Emmerich

Selain Marvel’s The Avengers, Man of Steel merupakan film superhero kedua yang nuansa alien-nya begitu kuat, layaknya film Independence Day. Hal tersebut bisa kita lihat ketika orang-orang militer AS menangkap adanya benda asing yang menuju ke bumi, apalagi ketika Mesin Dunia melepaskan sinarnya ke bumi, sama seperti saat pesawat alien melepaskan sinarnya untuk menghancurkan bumi.

10. Transformers Dark of the Moon (2001)
Sutradara: Michael Bay

Film terakhir adalah Transformers Dark of The Moon garapan sutradara Michael Bay. Dalam film ketiga Transformers tersebut, Megatron bekerjasama dengan Sentinel Prime untuk membawa planet mereka, Cybertron, ke bumi. Dan pertempuran terakhirnya dilakukan di tengah kota (Chicago). Tak berbeda dengan Man of Steel, pertempuran terakhirnya pun dilakukan di tengah kota (Metropolis), dalam film ini juga diceritakan kalau Zod berusaha membawa/menjadikan bumi sebagai planet Krypton yang baru.

Itulah sepuluh film yang saya ingat saat menonton Man of Steel. Apakah adegan dalam film-film lain yang juga mirip? Share pendapat kamu di kolom komentar ya. :)


SHARE
Previous articleE3 2013: Tearaway Buktikan Jika PS Vita Mampu Mengeksploitasi Kreativitas Developer Game
Next articleE3 2013: GTA V Menggoda Melalui Screenshot Baru, dan Petunjuk Akan Dirilis Untuk PS4?
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.