MONSTER UNIVERSITY: Suka Duka Mike & Sulley Menuju Monster Inc #MovieReview

Sebuah karya Pixar yang ditunggu-tunggu, setelah 12 tahun lalu pasca kesuksesan MONSTERS, INC. baik dari segi kritik maupun pendapatan worldwide. Kini muncul prekuelnya yang berjudul MONSTERS UNIVERSITY yang disutradarai oleh Don Scanlon.

Prequel ini bercerita tentang perjalanan persahabatan Mike Wazowski (Billy Crystal) dengan James P Sullivan (John Goodman) yang lebih senang dipanggil Sulley di Monster University. Yang ternyata di awal persahabatan mereka, justru diawali dengan persaingan ketat untuk meraih prestasi sebagai Scarers terbaik. Angle cerita di film ini lebih fokus ke usaha Mike Wazowski untuk membuktikan diri bahwa dibalik kekocakan dirinya, dia juga mampu menjadi scarers. Tapi usaha Mike sebaik apapun itu selalu saja kurang bagus untuk Handscrabble (Helen Mirren) Pimpinan Monster University. Pada suatu titik persaingan Mike dan Sulley ini mencapai puncaknya, dan  mereka menghadapi masalah yang lebih besar. Dimana mereka harus bekerja sama untuk memenangkan acara tahunan kampus yang paling ditunggu-tunggu.

Memanfaatkan kekurangan masing-masing, monster hijau bermata satu dan monster biru dengan bintik-bintik pink di tubuhnya ini akhirnya membentuk tim bersama Squishy, Terri, Terri, Don dan Art, untuk memenangkan acara tahunan kampus mereka, dan harus berusaha memenangkan untuk mendapatkan pengakuan dan bisa meneruskan kuliahnya kembali, dan terus berusaha untuk mengejar cita-cita mereka agar bisa bekerja menjadi Top Scarers di MONSTER INC.

 

MONSTERS UNIVERSITY meski menurut saya bukan karya Pixar yang terbaik, belum bisa melampaui kesuksesan MONSTER INC, tapi film ini tetap sangat lucu dan menghibur. Karakter Mike dan Sulley muda, berhasil menarik simpati. Banyak momen-momen kocak, lucu dan mengaduk emosi yang disajikan Robert L Baird, Daniel Gerson dan Dan Scanlon dalam balutan naskahnya. Dan seperti biasa film-film Disney-Pixar penuh dengan pesan moral yang sangat cocok untuk penonton muda. MONSTERS UNIVERSITY adalah animasi yang sangat cocok ditonton bersama keluarga untuk memanfaatkan liburan sekolah.

Dan satu lagi yang selalu menarik untuk saya adalah film pendek Pixar yang mengawali setiap film-film produksi Pixar. Dalam film Monster University kali ini, film pendeknya berjudul “The Blue Umbrella” bercerita tentang kisah romantis antara kedua payung ditengah lebatnya hujan.

 


SHARE
Previous articleQeon Interactive Siap Hadirkan Kingdom Under Fire II di Indonesia!
Next articlePara Youkai di Youkai Watch Pun Bisa Berevolusi
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.