Samsung “Pamerkan” Bezel Tipis Galaxy Note III, dan Konfirmasikan Galaxy S4 LTE-Advanced

Galaxy S4 masih menjadi smartphone Samsung yang paling hot di pasaran. Hot dalam spesifikasi, penjualan, dan juga memang cukup “hot” kinerjanya sampai penulis merasa lebih boros dibandingkan Galaxy SIII atau Galaxy Note II. Sayang memang, Galaxy S4 versi 4G LTE yang menggunakan prosesor Snapdragon 600 tidak masuk ke Indonesia, padahal secara kinerja setara, walaupun bisa lebih irit. Dan bisa jadi, karena Exynos 5 Octa dengan prosesor 8 core-nya itu yang memiliki drawback tidak terlalu irit baterai, Samsung memutuskan menggunakan Snapdragon 800 untuk Galaxy Note III.

Hasil foto yang diduga dihasilkan melalalui lensa kamera Galaxy Note III. Melalui data EXIF foto tersebut, jelas diketahui resolusinya 2322 x 4128 pixel, yang mampu dihasilkan sensor 13MP dalam mode 16:9. Sama seperti yang dihasilkan sensor kamera pada Galaxy S4. Galaxy Note pertama dan kedua pun juga sama, menggunakan sensor dari Galaxy S II dan Galaxy S III. Kabarnya, kamera Galaxy Note III ini nanti juga memiliki fitur optical image stabilization seperti yang dimiliki Nokia Lumia 920 dan HTC One. Jika benar ada OIS-nya, sudah seharusnya pemilik Galaxy S4 iri dengan phablet ini.

Seperti rumor yang terakhir kami dapatkan, Galaxy Note III yang kabarnya akan pertama kali dikenalkan selama event  IFA 2013 September 2013 mendatang ini menggunakan chipset Snapdragon 800. Dibandingkan Exynos, kelebihan Snapdragon 800 justru memiliki modul radio LTE, yang artinya Samsung tidak perlu bingung membuat beberapa versi Galaxy Note III untuk pasar tertentu. Snapdragon 800 memiliki kode nama MSM8974, dan di dalamnya tersimpan empat core prosesor paling advance dari Qualcomm, yaitu Krait 400 (Krait menjadi kodenama untuk prosesor custom berbasis ARMv7) yang kecepatan standarnya saja bisa dipacu 2.3GHz, bersamaan dengan tipe baru GPU Adreno 330, dengan klaim 50 persen lebih kencang dari Adreno 320 dan performanya juga meningkat dua kali lipat.

Melihat desain versi purwa rupa Galaxy Note III bisa kita simpulkan, jika Samsung membuat setiap sisinya lebih mengotak, sedikit membedakannya dengan flagship Galaxy S4. Kemudian bezel di sekitar layarnya pun begitu tipis, menghasilkan rasio 84% penampang depannya dikuasai oleh layar saja.

Berkat kekuatannya tersebut, Snapdragon 800 juga mampu melakukan aktivitas encoding/decoding conten dengan resolusi ultra 4K alias UltraHD pada 30fps — well, seakan langsung menohok nVidia dengan Tegra 4 mereka ya, yang diklaim hanya memutar content 4K. Selain itu Snapdragon 800 juga dilengkapi dengan chip LTE generasi baru yang mendukung pita data kategori 4 (downlink hingga 300Mbps, dan uplink hingga 75Mbps) serta output suara 7.1-channel.

Informasi lainnya, Samsung Galaxy Note III juga dirumorkan akan menggunakan layar 6-inchi berbahan Super AMOLED, jatah RAM 2 GB (atau lebih tinggi), kamera 13-megapixel serta fitur standarnya S-Pen. Tepatnya, layar besar tersebut ukurannya 5.99-inchi dengan material Super AMOLED dengan struktur pixel yang sama seperti Galaxy S4 — yaitu full HD 1080p. Kemudian yang juga menjadi bagian spesifikasinya, Samsung langsung menyematkan Android versi 4.2.2 untuk phablet tersebut. Selain itu, spesifikasi yang sudah kami ketahui, juga ada fitur konektivitas seperti Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac (2.4/5 GHz), GSM (GPRS, EDGE), W-CDMA/UMTS (HSDPA, HSUPA, HSPA+, DC-HSPA+ cat.29), MBMS, LTE cat.4, hingga CDMA2000.

Foto lain Galaxy Note III, tepatnya di sisinya terlihat memiliki strip warna perak, dan ada tombol Power/Lock yang penempatannya hampir ke tengah. Mempermudah pengoperasian dengan satu tangan.

Galaxy S4 LTE-Advanced

Meskipun tidak berhubungan dengan Galaxy Note III, namun ini bisa menjadi sedikit bukti jika mungkin Samsung kurang nyaman dengan Exynos 5 Octa yang cukup rakus baterai itu. Saat ini Samsung juga tengah menyiapkan varian lain Galaxy S4, yang akan menggunakan chipset Snapdragon 800 seperti Galaxy Note III ini. Alasan lain Samsung memilih Snapdragon 800, Galaxy S4 baru mereka ini akan menerapkan dukungan untuk pita data 4G LTE-Advanced, yang mampu memberi standar akses data dua kali dari standar 4G LTE saat ini.

Bocoran data spesifikasinya menunjukkan jika Galaxy S4 LTE-Advance ini akan menggunakan chipset Snapdragon 800 paling kuat, dengan kode Qualcomm MSM8974, yang memiliki empat prosesor Krait 400 CPU dengan kecepatan maksimal 2.3 GHz, Adreno 330 GPU dan tentu saja konektivitas LTE-Advanced. Sisa spesifikasinya sama seperti Galaxy S4 yang sudah ada saat ini, seperti layar 4.99-inchi dengan resolusi 1080p, Super AMOLED, dan dimensi 136.6 x 69.8 x 7.9-mm serta berat 131-gram. Sejauh ini varian LTE-Advance ini hanya ditujukan untuk pasar Korea saja, serta dirilis mulai akhir bulan Juni dengan harga yang lebih mahal dari Galaxy S4 yang sekara.

Hanya dua bulan sejak Galaxy S4 dirilis di pasaran, namun Samsung sudah mengkonfirmasikan (resmi) versi barunya dengan chipset yang lebih cepat? Semoga saja tidak ada yang kecewa…


SHARE
Previous articleAtlus Siapkan DLC Kelima dan Keenam untuk Shin Megami Tensei IV
Next articleNonton Yuk: Kumpulan Cutscene dari The Last of Us
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.