#GeekFromThePast Manfaatkan Kekuatan Dari Dinosaurus, DINO RIDERS!

Dino-Riders, serial kartun TV amerika yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1988. Tujuan utamanya dibuat sebagai media promosi untuk peluncuran produk mainan baru dari Tyco, produsen mainan dari Amerika. Seri ini hanya memiliki 14 episode, 3 diantaranya diproduksi di VHS untuk Amerika. Penayangannya sebagai bagian dari Marvel Action Universe.

Seri ini menceritakan tentang pertempuran antara pihak Valorian (sebagai sisi yang baik) melawan pihak Rulon yang jahat di jaman Bumi prasejarah. Valorian merupakan ras super-human, sementara Rulon adalah ras mahluk campuran menyerupai manusia, keduanya datang dari masa depan. Kaum Valorian mampu berteman/berkomunikasi dengan para dinosaurus menggunakan kalung yang mereka pakai, sementara Rulon menangkap dinosaurus untuk dicuci otaknya dengan alat-alat Hi-Tech yang mereka ciptakan.

Kaum Valorian merupakan ras cinta damai yang terancam saat kaum Rulon datang menyerang. Para Valorian mencoba meloloskan diri menggunakan alat yang disebut dengan “Space Time Energy Projector” (S.T.E.P.), namun ada yang tidak beres menyebabkan mereka terkirim ke masa lalu di jaman dinosaurus. Mereka tidak menyadari bahwa para Rulon dalam kapalnya, Dreadlock, juga terkirim ke jaman yang sama saat S.T.E.P. diaktifkan.

Setelah tiba di jaman dinosaurus, para Valorian dibawah pimpinan Questar, menggunakan kalung “AMP” mereka untuk berkomunikasi secara telepati dan bersahabat dengan para dinosurus yang mereka temui. Di sisi lain kaum Rulon yang dipimpin Krulos menggunakan alat pencuci-otak untuk mengontrol para dinosurus demi kepentingan mereka. Kaum Rulon lalu kembali menyerang para Valorian, masing-masing menggunakan dinosaurus yang mereka dapatkan, yang mana berakhir dengan kekalahan Rulon, kemudian para Valorian menyatakan diri mereka sebagai Dino-Riders.

Meskipun dalam seri ini keberadaan dinosaurus (dan binatang lainnya) tidak akurat, seperti menampilkan spesies periode Era Cretaceous, seperti Tyranosaurus Rex bersama dengan spesies dari jaman lainnya, seperti Dimetrodon dari periode Era Permian 200 juta tahun sebelum masa dinosaurus, tapi serial ini masih cukup seru untuk diikuti.

Mainan Dino-Riders yang diproduksi Tyco secara total terbagi 4 seri, yang menurut tahun peluncurannya yaitu Series 1 (1988), Series 2 (1989), Series 3 dan Ice Age (1990). Seri Ice Age berbeda dengan lainnya karena terfokus pada mamalia daripada dinosaurus, Seperti Mammoth dan Sabretooth.

Dalam produknya, mainan yang lebih besar juga dapat bergerak, bertenagakan baterai. Produk dari faksi Rulon mendapat tambahan perangkap. Setiap pembelian mainan dinosurus, berhadiah komik kecil. Marvel lalu membuat 3 mini seri komik Dino-Riders. Komik Marvel memiliki cerita yang berbeda dan lebih gelap dari kartunnya, terkadang juga berfokus pada konflik internal para Valorian. Buku hardcover “Dino-Riders Annual” lalu diterbitkan, berisi gabungan dari jilid pertama & kedua. Komik Marvel-nya dirilis tahun 1989.

 


SHARE
Previous articleDetail Lima Karakter Utama Final Fantasy XV
Next articleAge of Empires Siap Hadir untuk Mobile!
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.