Samsung Umumkan Galaxy S4 LTE-Advanced Dengan Kemampuan Internet 2x Lebih Cepat

Beberapa hari lalu kami mengulas mengenai rencana Samsung yang akan merilis versi upgrade flagship Galaxy S4 dengan chipset yang lebih cepat dibandingkan Exynos 5 Octa. Selain “otak”-nya diupgrade menggunakan chipset Snapdragon 800, Galaxy S4 baru itu juga mampu beroperasi di jalur data GSM paling kencang di dunia, yaitu LTE-Advanced. Hari Samsung mengumumkan resmi varian baru tersebut di Korea. Galaxy S4 yang lebih kencang, dan terpaut dua bulan sejak pertama kali dijual?

Awalnya kami menduga jika Samsung kurang nyaman dengan kinerja Exynos 5 Octa yang cukup rakus baterai (bahkan sampai detik ini, hanya Galaxy S4 saja yang menggunakan chipset dengan 8 core itu). Namun bisa jadi, karena Samsung mengejar fitur LTE-Advanced, dan ingin menjadi produsen smartphone pertama yang menyediakan perangkat yang mampu beroperasi di jalur data tercepat, dengan peak data rate mencapai 150 Mbps, atau dua kali lebih cepat dari kecepatan 4G LTE yang eksis saat ini.

Samsung mengkalim Galaxy S4 LTE-A ini sebagai smartphone pertama dunia yang sudah mengadopsi teknologi LTE-Advanced, menawarkan koneksi internet dua kali lebih cepat dari 4G, dengan cara menggabungkan beberapa pita frekuensi menjadi satu, sehingga mampu menangani kecepatan hingga 150Mbps.

Jika tidak tertarik dengan tawaran kecepatan LTE-Advanced, mungkin kita bisa melirik inti yang menggerakkan smartphone ini. Snapdragon 800 dengan prosesor quad-core Krait 400, yang kecepatan tiap core-nya 2.3GHz. RAM dan baterainya pun masih sama 2GB dan 2,600 mAh. Chipset yang dibangun melalui teknoklogi semikonduktor baru 28 nm HPm (high performance mobile) itu memiliki keunggulan kecepatan tinggi, namun tetap minim kebutuhan daya baterainya. Prosesor dengan CPU cache 2 MB tersebut juga dilengkapi GPU Adreno 330 dengan kecepatan 450 MHz. Layarnya juga sama, Super AMOLED full HD berukuran 5-inchi, kamera utama 13-megapixel dan kamera sekunder 2-megapixel. Upgrade lain ada pada internal storage-nya, yang kini menjadi 32GB.

Seberapa cepat Snapdragon 800 yang hanya 4 core dibandingkan Exynos 5 Octa yang 8 core? Beberapa sumber yang kami dapatkan yang berhasil menguji benchmark Galaxy S4 LTE-A mendapatkan angka sebagai berikut. Untuk AnTuTu, didapatkan nilai 29976, atau lebih tinggi dari rata-rata hasil benchmark tersebut pada Galaxy S4 dengan Exynos 5 Octa (sekitar 25 – 26 ribuan). Sedangkan untuk uji Quadrant, Galaxy S4 LTE-A berhasil meraih angka 18581, dan itu pun juga lebih tinggi sekitar 6000-an dibandingkan versi Exynos 5 Octa. Kinerjanya Snapdragon 800 memang mengagumkan, dan Qualcomm sebagai penyedia chipset tersebut juga mengklaim tetap hemat baterai karena penggunaan teknologi 28 nm HPm.

Samsung juga menyebutkan mereka memberikan aplikasi khusus yang disebut Imageon, dengan fungsi mirip Google Googles (aplikasi scanner dan juga augmented reality). Galaxy S4 LTE-A pertama kali akan dirilis kuartal ketiga tahun ini di Korea (karena memang baru Korea saja yang operatornya mampu menyediakan koneksi 4G LTE hingga 150 Mbps), dengan pilihan warna Blue Arctic dan Red Aurora, harga yang lebih tinggi dari Galaxy S4 biasanya, serta fitur khusus seperti Imageon hanya bisa dijalankan di Korean saja. Jika demikian, sepertinya bakal ada versi internasional Galaxy S4 LTE-A nantinya.

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articleSony “Melengkapi” Janjinya, Akhirnya Xperia Ion Dapatkan Update Jelly Bean
Next articleGintama dan Kochikame Juga Hadir di J-Stars Victory Vs
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.