Google Mulai Menjual Galaxy S4 dan HTC One “Versi Nexus”

Selama Google I/O 2013 pertengahan Mei lalu, Google mengumumkan kerjasamanya dengan Samsung melalui Galaxy S4 AOSP (Android Open Source Project), atau Galaxy S4 edisi Google. Selain itu, akhir Mei lalu Google juga menawarkan pilihan yang “lebih murah” melalui HTC One edisi Google. Selang sebulan kemudian, kedua smartphone yang kehilangan banyak fitur standarnya itu, dengan ganti OS stock Android yang dijamin akan mendapat update pertama kali setiap versi baru Android dirilis.

Sebelumnya OS stock Android ini didapatkan melalui seri Nexus, dan unggul karena sangat ringan, stabil serta updatenya paling cepat. Galaxy S4 edisi Google ini menghilangkan interface TouchWiz kebanggaan Samsung, dan menggunakan stock AOSP. Demikian kamu akan kehilangan segudang fitur seperti Air View, Air Gestures, IR remote, mode layar Adobe RGB, Multi-window hingga fitur-fitur keren kameranya. Galaxy S4 AOSP masih menjalankan Android 4.2.2, dan sepertinya juga akan segera mendapatkan Android 4.3 tidak lama lagi.

Seperti rekan Samsung-nya, HTC One edisi Google masih mengadopsi hardware yang sama, dan kehilangan antar muka Sense 5.0. Kamu masih mendapatkan chipset baru dari Qualcomm, yaitu tipe APQ8064T yang mengadopsi prosesor keluarga Snapdragon 600, ada empat inti prosesor yang memiliki empat inti berkode Krait 300, dengan kecepatan standar 1.7GHz (bisa dipacu hingga 1.9 GHz), GPU Adreno 320 dan RAM 2GB. Kemudian internal storage-nya 32 GB yang sudah fix tidak bisa ditambah lagi, dan hanya tersedia dengan warna silver berbalut casing aluminium yang berkelas.

Sayangnya Pure Google Samsung Galaxy S4 dan HTC One ini hanya bisa dipesan di Amerika Serikat saja (walaupun penulis yakin, juga akan ada yang menjualnya secara tidak resmi di negara lain). Harganya, untuk Galaxy S4 bisa didapatkan dengan harga $649, sedangkan HTC One $599. Lebih murah, jelas karena kehilangan beberapa fungsi interface aslinya. Namun bagi mereka yang hobi ngoprek, justru kondisi stock Android ini memiliki banyak kelebihan. Dan dengan munculnya dua pilihan “Nexus” baru ini, penulis yakin harga Nexus 4 akan segera terkoreksi.


SHARE
Previous articleMakin Banyak Monster Lama yang Muncul di Monster Hunter 4
Next articleSensei RAW Tyloo Limited Edition, Mouse Ringan dengan Performa Tinggi dari SteelSeries
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.