Sensei RAW Tyloo Limited Edition, Mouse Ringan dengan Performa Tinggi dari SteelSeries

Mencari mouse yang cocok untuk bermain game ibarat menyiapkan senjata sebelum bertempur. Jika salah memilih mouse, maka tentu saja akan sangat mempengaruhi performa kita saat bermain game. Bagi kamu yang mencari sebuah mouse yang ringan, stylish dan memiliki performa yang tinggi, maka SteelSeries Sensei RAW adalah salah satu pilihannya.

Di pasaran, SteelSeries Sensei RAW memiliki berbagai macam tipe, dan Tyloo Limited Edition adalah salah satu yang paling menarik. Desain Tyloo Limited Edition sendiri terinspirasi dari salah satu tim e-sports berasal dari China, Tyloo yang terkenal tangguh di beberapa game mulai dari Counter Strike, Starcraft II hingga DotA. Untuk mengapresiasi mereka, maka SteelSeries pun mendesain mouse ini dengan logo tim tersebut yang didominasi oleh warna putih dan merah. Mouse ini hadir dalam box yang sama dengan produk SteelSeries lainnya, yang didominasi oleh warna hitam dengan cover depan yang bisa dibuka tutup untuk melihat secara langsung bentuknya. Ketika kamu membuka cover box-nya, maka desain dari Tyloo Limited Edition akan segera terlihat dibungkus oleh mika, dan selain melihatnya kamu juga bisa langsung merasakan bentuknya tanpa harus mengeluarkannya terlebih dahulu dari box.

Sekarang kita tengok mengenai desain dari Tyloo Limited Edition secara keseluruhan. Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, mouse ini memiliki logo tim Tyloo di sekujur tubuhnya, lengkap dengan nama Tyloo di bagian bawah. Kesan elegan langsung terpancar saat mouse ini ditancapkan ke PC atau laptop, dimana logo dan tulisan Tyloo akan menyala dengan warna merah pula. Untuk desain tubuhnya, mouse ini menggunakan tipe ambidextrous, yang artinya bisa digunakan baik untuk gamer yang suka menggunakan mouse dengan tangan kanan, maupun kebalikannya. Mouse ini total memiliki delapan buah tombol sama seperti varian Sensei RAW lainnya, yang terdiri dari klik kiri, klik kanan, scroll wheel, CPI high/low switch serta juga empat tombol masing-masing dua di kanan dan dua di kiri yang bisa kamu setting sesuka hati dengan menggunakan software SteelSeries Engine. Dominasi warna merah juga terasa di seluruh tombol tersebut kecuali klik kiri dan kanan, dan juga kabel USB yang menancap di PC atau laptop.

Dari segi ukuran memang mouse ini terbilang cukup besar, sama dengan tipe Sensei Original. Bedanya, mouse ini tidak memiliki prosesor ARM 32 bit dan juga panel LCD Menu yang berada di bagian bawah mouse seperti Sensei Original. Namun bukan berarti performa mouse ini kalah dibandingkan Sensei Original, justru dengan minusnya beberapa fitur tersebut membuat mouse ini terasa lebih ringan. Karena ringan, maka keuntungan yang bisa didapat adalah kamu lebih mudah untuk melakukan manuver atau aiming saat bermain game-game FPS. Hal ini juga ditunjang dengan permukaan mouse yang glossy, sehingga seakan-akan “menempel” di telapak tanganmu sehingga akan meminimalkan kehilangan momen-momen tertentu saat melakukan shooting dalam FPS.

Dengan berat sekitar 90 gram atau lebih ringan 12 gram dibandingkan Sensei Original, mouse ini juga nyaman bukan hanya untuk bermain FPS tetapi juga saat digunakan untuk bermain game-game RTS yang membutuhkan zooming sekalipun. Berpindah-pindah menggeser layar untuk melihat bagian lain dari map pun lebih lancar dan cepat, cocok untuk mendukung permainan dalam RTS berbasis tim seperti DotA. Kamu tidak ingin bukan kehilangan momen di bagian lain layar saat kamu berada di sisi lainnya?

Sayangnya, mouse ini masih memiliki satu minus yang mungkin tidak terlalu signifikan, yaitu tidak dibundel langsung dengan software SteelSeries Engine. Sebagai informasi, dengan menggunakan SteelSeries Engine, kamu bisa mengatur beberapa setting untuk mouse ini dan juga beberapa mouse SteelSeries lainnya, mulai dari macro, hotkey, membuat maksimal 5 profile berbeda, mengatur speed CPI, hingga mengatur kecerahan cahaya yang dipancarkan oleh lampu mouse. Tetapi jangan takut, karena kamu tetap bisa mendapatkan software tersebut dengan men-download-nya di website resminya yang ada di sini. Mouse ini sendiri sudah bisa kamu dapatkan di toko aksesoris komputer kesayanganmu dengan banderol harga sekitar Rp 860.000.

Spesifikasi Teknis Sensei Raw Tyloo Limited Edition
Frames per second: 12000
Inches per second: 150
Mega pixels per second: 10.8
Counts per inch: 90 – 5670
Maximum acceleration: 30 G
Sensor data path: True 16 bit
Lift distance: ~2 mm
Maximum polling: 1000 Hz


SHARE
Previous articleGoogle Mulai Menjual Galaxy S4 dan HTC One “Versi Nexus”
Next articleChronos Materia, RPG Menjelajahi Waktu dari Gust
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.