Microsoft Luncurkan Windows 8.1 Preview, Kesempatan Nyoba Gratis Sebelum Resmi Dirilis

Sesuai yang dijanjikan Microsoft sebelumnya, mereka akhirnya merilis versi public preview dari update baru Windows 8, yang sebelumnya disebut dengan Blue, selama Build Conference yang digelar 26 Juni kemarin. Versi RTM (released to manufacturing) baru tersedia Agustus mendatang, atau sama seperti ketika Windows 8 dirilis tahun lalu. Namun bagi yang sudah tidak sabar mencoba update ini bisa langsung men-downloadnya melalui website Microsoft di sini.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, update Windows 8.1 ini memperbaiki banyak keluhan pengguna Windows 8 atas beberapa fitur barunya, yang justru membuat mereka tidak nyaman mengoperasikan OS tersebut, seperti dengan mengembalikan tombol  Start. Sayangnya, kembalinya tombol tersebut hanya sekadar tombol semata, karena ketika kamu menekan tombol Start, bukan Start Menu yang muncul, melainkan langsung mengarahkanmu ke antar muka Metro. Namun Microsoft juga menambahkan layar Apps baru di sini yang bisa menggantikan posisi Start menu ketika kamu mengklik tombol Start.

Update lainnya adalah opsi untuk langsung boot ke desktop lengkap dengan daftar aplikasimu, bukanya Start Menu ala Metro, jika kamu memang tipikal pengguna Windows lama yang malas dengan tampilan Metro yang memang fokus untuk pengendalian sentuhan tangan.

Kemudian untuk Start Menu, Microsoft juga menerapkan fitur yang sama seperti pada Windows Phone 8, yang memungkinkanmu mengatur berapa ukuran live tile di halaman Metrro tersebut, sehingga ada lebih banyak informasi yang bisa kamu lihat dengan ukuran tile yang lebih besar. Bedanya dengan Windows Phone 8 yang memintamu men-swipe ke kiri untuk masuk ke daftar aplikasi yang sudah di-install, maka di sini untuk melihat aplikasi, kamu tinggal swipe ke atas.

Fungsi search Windows 8.1 ini juga lebih dalam, karena kini bikan sekadar mencari file dan setting. Lebih universal, kamu juga akan mendapatkan hasil search dari web (melalui data Bing), hard drive, SkyDrive, isi dari dokumenmu dan aplikasi yang mendukung fungsi search tersebut. Hasil search juga akan memudahkanmu mencari track yang bisa di-play melalui Xbox Music dengan lebih mudah melalui windows hasil search. Dari hasil search itu tadi, kamu juga bisa langsung mengakses link Wikipedia, mencari gambar yang berhubungan, atau lokasi event terdekat dari artis bersangkutan, hingga data keseluruhan albumnya.

Microsoft juga meng-update beberapa aplikasi utama OS ini, seperti Internet Explorer 11 yang mendukung WebGL, sedangkan aplikasi Mail serta Xbox Music juga mendapat pembaruan interface. Detail update lainnya bisa kamu buka kembali pada ulasan Windows “Blue” 8.1 kami sebelumnya… Microsoft berjanji akan lebih sering memberikan update besar untuk Windows mereka, setidaknya setahun sekali! Dengan Windows 8.1 ini ada 700 perbaikan dilakukan Microsoft pada Windows 8. Bagaimana dengan update tahun depan, ya!?

Sumber: Microsoft


SHARE
Previous articleHuawei Konfirmasikan MediaPad 7 Vogue, Tab 7-inchi Quad-Core yang Bisa Telepon!
Next articleTonton Lone Ranger Lebih Awal Bersama Duniaku
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.