Ultralist: Film dan Buku yang Menjadi Inspirasi dari The Last of Us

Naughty Dog terinspirasi dari banyak media dalam mengembangkan The Last of Us, mulai dari film, serial TV hingga buku. Nah, dalam Ultralist kali ini saya membeberkan sepuluh diantaranya. Selamat mengikuti!

The Last of Us yang dirilis minggu lalu benar-benar memikat perhatian banyak gamer dan kritikus game. Bagaimana tidak, sejak dirilis sampai sekarang hampir tidak ada suara miring baik dari gamer maupun review dari beberapa website game. Banyak yang mengapresiasi bagaimana Naughty Dog berhasil menuangkan kisah dan suasana dunia pasca kiamat karena zombie cordyceps ke dalam game ini. Sebagian lagi memuji gameplay survival horror yang diimplementasikan dalam game ini, yang berbeda dari survival horror kebanyakan di masa sekarang.

Naughty Dog memang ingin mencoba menghadirkan pengalaman bermain game yang baru lewat The Last of Us. Mereka berambisi untuk menghadirkan suasana yang menegangkan, hubungan yang realistis dan dunia pasca kiamat yang belum pernah kita temui di game-game lainnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka mengaku sudah menjadikan banyak media sebagai inspirasi yang membentuk game ini, baik film Hollywood, serial TV, salah satu episode dalam tayangan dokumenter hingga buku dan novel sekalipun.

Nah, dalam Ultralist kali ini, saya akan mengajakmu menengok sepuluh media yang sudah dijadikan inspirasi oleh Naughty Dog untuk mengembangkan The Last of Us. Selamat mengikuti!

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.