Mengenal Lebih Jauh The Lone Ranger, Film Besutan Tim Pirates of the Caribbean

Sambil menunggu perilisanya yang kurang beberapa hari lagi, yuk kita mengenal lebih jauh kisah klasik ini lebih jauh. Bermula dari acara radio, The Lone Ranger kini kembali diangkat ke layar lebar oleh Disney dan dikerjakan oleh tim pembuat Pirates of the Caribbean.

Fakta-fakta tentang The Lone Ranger

Selain fakta bahwa tim Pirates of the Caribbean yang mengerjakan film ini serta Disney mempercayakan penanganan efek-efek visual film ini kepada Industrial Light & Magic. Ada fakta-fakta menarik lainnya seputar The Lone Ranger sejak awal kemunculannya hingga film terbarunya sekarang. Berikut informasinya:

1. Hingga 3 September 1954, The Lone Ranger telah melahirkan 2.956 episode, dan serial televisi The Lone Ranger yang dibintangi oleh Clayton Moore sebagai John Reid / the Lone Ranger dan Jay Silverheels sebagai Tonto, telah menjadi acara yang sangat sukses. Program ini sempat ditayangkan di ABC pada 1949 hingga 1957.

2. Meskipun nama terakhir the Lone Ranger adalah Reid, namun nama depannya yang adalah John, baru diberikan pada tahun 1953 saat program acara tersebut di radio tersebut berulang tahun ke-20. Sebelum itu, ia hanya dipanggil Reid.

3. Karakter Tonto muncul pertama kali pada episode 11 di acara radio tersebut. Fran Striker mengatakan kepada putranya kalau karakter Tonto dimunculkan supaya the Lone Ranger memiliki seseorang teman untuk diajak bicara. Program radio mengidentifikasi dia sebagai anggota suku Potawatomi, meski beberapa buku mengatakan kalau ia mungkin Apache (suku asli di Amerika Utara). Dalam bahasa lokal asli Amerika, “Tonto” berarti “yang liar”. Namun dalam bahasa Spanyol, Tonto berarti “bodoh” atau “konyol”, dari sini kita tahu mengapa Johnny Deep terpilih untuk memerankan tokoh Tonto!

4. Dalam aksinya, selain ditemani Tonto, the Lone Ranger juga selalu ditemani kuda putih bernama Silver. Menurut episode “The Legend of Silver” yang ditayangkan pada 30 September 1938, sebelum memiliki Silver, the Lone Ranger mengendarai kuda coklat bernama Dusty. Pertemuan awal dengan Silver adalah ketika ia menyelamatkan kuda putih tersebut dari amukan banteng, setelah itu Silver pun setia menemani the Lone Ranger.

5. Sedangkan untuk Tonto, ia mengendarai kuda bernama Scout, namun asal kuda ini kurang jelas. Untuk waktu yang lama, Tonto menunggangi kuda putih bernama White Feller. Dalam episode “Four Day Ride” yang ditayangkan pada 5 Agustus 1938, Tonto diberi kuda berwarna oleh temannya Chief Thundercloud, yang kemudian menggantikan White Feller. Tonto menunggangi kuda ini dan untuk beberapa episode ia memanggilnya Paint Horse. Kuda tersebut akhirnya ia namai Scout dalam episode “Border Dope Smuggling” yang tayang pada 2 September 1938. Namun di episode yang lain diceritakan kalau the Lone Ranger terusik hati nuraninya yang kemudian melepaskan Silver untuk kembali ke alam liar. Episode itu berakhir dengan adegan dimana Silver kembali dengan membawa temannya yang kemudian menjadi tunggangan Tonto bernama Scout.

6. Bukan the Lone Ranger kalau tanpa kuda putih, dan yang menjadi ciri khasnya saat mengendarai Silver adalah ia sering berkata “Hi-yo Silver, away!” agar kudanya berlari. Dilain pihak, Tonto pun punya ungkapannya sendiri yaitu, “Git-um up, Scout!” (Ungkapan tersebut menjadi begitu popular dan melekat dengan cerita The Lone Ranger, hingga perusahaan otomotif bernama International Harvester, menggunakan ungkapan tersebut pada tahun 70an untuk mempromosikan mobil terbaru mereka, Scout).

7. Fran Striker sebagai penulis cerita The Lone Ranger menggambarkan tokoh ini sebagai seorang yang sangat bermoral dan mempunyai prinsip hidup yang kuat (Seperti halnya Captain America dan Superman, kalau dalam cerita superhero). Aktor Clayton Moore dan Jay Silverheels sebagai pemeran pertama John Raid dan Tonto di serial TV The Lone Ranger, memerankan tokoh tersebut dengan sangat serius supaya bisa menjadi contoh yang baik untuk anak-anak dan mereka berusaha untuk hidup sesuai dengan keyakinan hidup the Lone Ranger.

Pedoman hidup The Lone Ranger

” I believe that to have a friend, a man must be one.
(Saya percaya seseorang harus memiliki teman).

That all men are created equal and that everyone has within himself the power to make this a better world.
(Bahwa semua manusia diciptakan sama dan bahwa setiap orang memiliki kekuatan dalam dirinya untuk membuat dunia ini menjadi lebih baik).

That God put the firewood there but that every man must gather and light it himself.
(Bahwa Tuhan menaruh kayu bakar di sana tetapi setiap orang harus mengumpulkan dan menyalakannya sendiri).

In being prepared physically, mentally, and morally to fight when necessary for that which is right.
(Selalu siap secara fisik, mental, dan moral untuk bertarung bila diperlukan demi kebenaran).

That a man should make the most  of what equipment he has.
(Seorang pria harus membuat sebagian besar peralatannya sendiri).

That ‘This government, of the people, by the people and for the people’ shall live always.
(Bahwa Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat harus selalu hidup).

That men should live by the rule of what is best for the greatest number.
(Bahwa orang-orang harus hidup dalam aturan yang baik).

That sooner or later… somewhere… somehow… we must settle with the world and make payment for what we have taken.
(Bahwa cepat atau lambat … suatu tempat … entah bagaimana … kita harus puas dengan keadaan kita dan harus membagi apa yang kita punya).

That all things change but truth, and that truth alone, lives on forever.
(Semua bisa berubah, tapi kebenaran hidup selamanya).

In my Creator, my country, my fellow man.”
(Dalam Pencipta saya, negara saya, sesama manusia). “

The Lone Ranger

8. Selain memiliki keyakinan hidup. Menariknya, si Ranger pun juga memiliki beberapa prinsip hidup yang selalu ia lakukan, seperti: the Lone Ranger tak pernah melepas topengnya, menggunakan disaat yang tepat, ia menggunakan tata bahasa yang bagus saat berbicara, tak pernah membunuh musuhnya (sama seperti prinsip Batman, apakah pengarang Batman terinspirasi The Lone Ranger?), saat menggunakan senjata, ia menembak untuk melucuti / melumpuhkan musuhnya saja, selalu melawan kejahatan, membela orang kecil / kaum minoritas, dan tidak pernah merokok ataupun minum alkohol. Reid hanya menggunakan peluru perak, untuk selalu mengingatkannya bahwa hidup ini berharga, dan pelurunya tak pernah terbuang percuma.

9. Pada tahun 2003, Warner Bros. sempat menghidupkan kembali The Lone Ranger. Film tersebut dibintangi oleh Chad Michael Murray sebagai the Lone Ranger dan Nathaniel Arcand sebagai Tonto. Namun muncul fakta baru dalam film ini, tokoh the Lone Ranger yang diperankan Chad Michael Murray, namanya dirubah menjadi Luke Hartman. Dalam film itu juga diceritakan tentang cinta segitiga antara saudara perempuan Tonto, Luke dan seorang Apache (bukan Potawatomi) lain. Entah kenapa, mungkin karena ceritanya kurang menarik atau eksekusinya kurang bagus, film ini akhirnya batal ditayangkan.

10. The Green Hornet muncul sebagai spin-off dari The Lone Ranger – Britt Reid, tokoh utama dalam cerita tersebut merupakan keponakan dari cucu John Reid / the Lone Ranger. Seperti yang bisa kamu lihat, ia memiliki topeng yang mirip!

11. Sebenarnya versi baru The Lone Ranger telah dikembangkan sejak bulan Maret 2002, ketika Douglas Wick dan Lucy Fisher sebagai produser bekerja sama dengan Columbia Pictures untuk membuat film ini. Pada 2003, David dan Janet Peoples (Twelve Monkeys) dikontrak untuk mengerjakan naskahnya, namun mereka kemudian digantikan oleh Laeta Kalogridis (Alexander) pada 2005, ketika Jonathan Mostow dipasang sebagai sutradara.

12. Pada Mei 2007, proyek ini masih dalam pengembangan, Jerry Bruckheimer kemudian membawanya ke Disney, dan mengajak penulis Pirates Of The Caribbean, Ted Elliott dan Terry Rossio bergabung pada Maret 2008. Di bulan September tahun itu, Johnny Depp menerima tawaran untuk bermain sebagai Tonto. Pada bulan Mei 2009, Mike Newell tengah dalam negosiasi untuk menjadi sutradaranya, namun ternyata negosiasi tidak berjalan mulus hingga pada September 2010, studio resmi menggaet Gore Verbinski sebagai sutradara. Sebelum memulai syuting untuk film ini, Depp masih harus menyelesaikan pekerjaannya di film Dark Shadows arahan Tim Burton dan Armie Hammer dipasang sebagai pemeran John Reid / The Lone Ranger pada April 2011.

13. Versi baru ini merupakan film The Lone Ranger termahal dengan menelan biaya mencapai $260 Juta. Sebenarnya film ini sendiri sudah selesai diproduksi tahun 2011 lalu, namun karena Disney kekurangan biaya untuk meneruskan pengembangannya, syuting pun harus tertunda hingga 6 Februari 2012 lalu. Hal ini membuat jadwal rilis film ini pun ikut mundur, dari yang semula pada 31 Mei 2013 menjadi 3 Juli 2013

14. The Lone Ranger merupakan film kelima Johnny Deep bermain dibawah arahan sutradara Gore Verbinski setelah Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003), Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006), Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) dan Rango (2011). Selain bertindak sebagai pemain, Johnny Deep juga selaku Executive Producer dalam film ini

Kalau dari tim yang sama mampu membawa Pirates of the Caribbean masuk menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa, mampukah mereka membawa The Lone Ranger meraih tangga kesuksesan yang sama? Kita tunggu saja nanti.

TENTANG PENULIS
Reza

Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.