Buat Kekacauan di Liberty City dengan Mod Hulk untuk GTA IV!

Kamu penggemar Grand Theft Auto (GTA)? Pastinya saat ini kamu dan juga penggemar GTA lain di seluruh dunia sudah tidak sabar untuk menantikan GTA V yang menurut rencana akan dirilis pada 17 September 2013 mendatang. Nah, sembari menunggu perilisan GTA V, tidak ada salahnya kita mengutak-atik kembali GTA IV yang sudah berumur hampir lima tahun ini. Salah satunya adalah dengan mencoba-coba berbagai macam mod yang dibuat oleh para modder di seluruh dunia.

Sebelumnya, saya pernah menuliskan sebuah mod GTA IV yang memungkinkanmu memerankan Tony Stark alias Iron Man dan menyebabkan kerusakan yang masif di Liberty City. Kali ini, giliran rekannya di The Avengers, Hulk yang akan beraksi dan membuat kekacauan di kota tersebut. Ya, seorang modder yang memiliki inisial JulioNIB telah membuat mod yang memungkinkanmu berperan sebagai Hulk dalam GTA IV. Dengan menjadi Hulk, kamu bisa melakukan banyak hal super yang tidak bisa dilakukan oleh karakter asli GTA IV, seperti melompat sangat tinggi, memegang rudal yang ditembakkan dan melemparkannya kembali, mengangkat mobil polisi dan melemparkannya, hingga meninju jatuh helikopter yang sedang terbang. Simak deh aksi Hulk yang mengacaukan Liberty City dalam video berikut ini.

Tertarik? Kamu bisa men-download skrip mod ini dan mengimplementasikannya di game-mu. Mod ini hanya tersedia untuk GTA IV versi PC, dan bisa kamu download di sini, sini, sini atau di sini. Setelah men-download skripnya, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Ekstrak file tersebut. Maka kamu akan mendapatkan file-file seperti gambar di bawa ini.

2. Download aplikasi OpenIV yang tersedia di link berikut ini. Install aplikasi tersebut.

3. Buka aplikasi OpenIV dan klik Package Installer

4. Di layar selanjutnya, pilih file HULK script.oiv dan klik Open. Kamu akan menemui layar seperti di bawah ini.

5. Klik pada versi game mana yang akan kamu beri mod ini. Selanjutnya kamu akan menemukan layar seperti berikut ini.

6. Sekarang klik pada Hulk Script untuk meng-install skrip ini. Jika semuanya berjalan baik maka akan muncul sebuah tombol untuk menjalankan game.

7. Jika kamu tidak memiliki ScriptHook ter-install, kamu harus menjalankan OpenIV kembali dan jalankan kembali langkah-langkah di atas, kecuali untuk langkah nomor 6. Untuk langkah nomor 6, kamu harus memilih satu dari dua pilihan untuk instalasi file ScriptHook tergantung versi patch game-mu.

Catatan tambahan, lakukan semua langkah tersebut dalam kondisi game tidak dijalankan. Selain itu, sang modder juga menjelaskan bahwa untuk versi saat ini mod Hulk belum mendukung penggunaan kontroler Xbox 360, dan untuk mulai mengaktifkan atau mematikan mod ini kamu tinggal menekan tombol H di keyboard-mu.

Dua karakter sudah hadir untuk GTA IV. Tinggal menambah beberapa karakter lagi seperti Hawkeye, Captain America, Thor atau Black Widow untuk menjadikan Liberty City sebagai arena reuni The Avengers. Hehehe.

[Sumber: GTAXScripting/OpenIV/Kotaku]