Detail Baru GTA V, dari Kewajiban Instalasi Game hingga Kepastian Rilis Tanpa Penundaan untuk Versi Konsol!

Rockstar kembali memberikan beberapa detail baru untuk Grand Theft Auto (GTA) V yang akan dirilis pada bulan September mendatang. Kali ini, Rockstar mencoba memberikan detail lewat jawaban-jawaban dari pertanyaan yang disampaikan oleh para penggemarnya, mulai dari apakah nantinya ada fitur multiplayer, apa saja kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dengan adanya fitur pergantian tiga karakter yang disediakan, hingga kepastian perilisan tanpa penundaan (delay) untuk versi konsol.

Pertama-tama, Rockstar memberikan jawaban terhadap sebuah pertanyaan tentang bagaimana pergantian karakter di dalam game ini bekerja. Rockstar mengungkapkan, bahwa Michael, Franklin dan Trevor memiliki kehidupan sendiri-sendiri termasuk untuk menghabiskan waktu luang mereka saat tidak menjalani misi. Ketika kamu tidak sedang berada dalam misi, kamu bisa bebas berganti-ganti dari tiga karakter tersebut, dan karakter yang kamu tinggalkan akan tetap menjalankan kehidupan normal mereka. Kamu tidak akan tahu, apa yang akan dilakukan oleh Michael saat kamu meninggalkannya di tengah perselisihannya dengan anggota keluarganya, atau yang terjadi selanjutnya pada Franklin yang tengah berbincang dengan seseorang. Semuanya terserah kepadamu, kapan kamu akan meninggalkan satu karakter dan kapan pula kamu akan mengendalikannya kembali. Masing-masing karakter juga akan memiliki misi sampingan di luar misi utama, dan juga bisa melakukan pekerjaan lainnya.

Yang menarik, Rockstar juga mengungkapkan bahwa saat kamu mengendalikan satu karakter, maka kamu tidak bisa membunuh karakter lainnya. Los Santos sangatlah luas, dan saat kamu tidak sedang berada dalam misi yang melibatkan ketiga karakter secara bersamaan, maka akan susah untuk mencari dimana karakter lain saat kamu mengendalikan satu karakter. Misalnya saat itu kamu mengendalikan Trevor, maka saat tidak dalam misi maka kamu akan sulit menemukan dan bertemu dengan Michael atau Franklin. Kecuali jika kamu memanggil mereka dan mengatur pertemuan dengan mereka. Saat bertemu, kamu bisa pergi bersama-sama, mengganggu salah satu diantara mereka, bahkan melakukan kekerasan kepada mereka. Namun, Trevor yang saat itu kamu kendalikan tidak bisa membunuh Franklin atau Michael, paling parah jika kamu memilih untuk melakukan kekerasan kepada Michael, maka dia akan terluka sangat parah dan dilarikan ke rumah sakit. Tentu saja, jika saat itu kamu langsung mengganti karakter menjadi Michael yang sudah dibawa ke rumah sakit, maka kamu akan memulai petualangan Michael dari rumah sakit tersebut.

Selanjutnya, Rockstar menjawab pertanyaan mengenai apakah nantinya ada fitur kustomisasi untuk senjata dan kendaraan. Rockstar mengungkapkan bahwa semua kustomisasi tersebut bisa dilakukan, mulai dari upgrade senjata hingga memberikan variasi kustomisasi kepada penampilan kendaraan. Sayangnya, Rockstar masih belum memberikan detail kustomisasi tersebut, dan hanya memberikan klu bahwa mereka akan membeberkannya dalam waktu dekat. Selain fitur kustomisasi, Rockstar juga menjanjikan dalam waktu dekat mereka akan merilis trailer gameplay perdana dari game ini.

Selanjutnya Rockstar memberikan detail mengenai instalasi dan cara memainkan game ini nantinya. Rockstar mengungkapkan, bahwa GTA V adalah game paling megah dan ambisius yang pernah mereka buat, dan akan memanfaatkan penuh kemampuan dari konsol current gen. Untuk itu, baik membeli versi PS3 maupun versi Xbox 360-nya, kamu harus meng-install game ini terlebih dahulu. Khusus untuk versi Xbox 360, game ini akan hadir dalam dua disc, disc pertama harus kamu install dan disc kedua kamu gunakan untuk memainkan game ini. Setelah kamu meng-install-nya, maka kamu bisa menikmati baik GTA V maupun GTA Online yang merupakan fitur multiplayer-nya tanpa harus mengganti disc yang ada di tray. Bicara mengenai GTA Online, Rockstar sayangnya juga masih menyembunyikan detailnya, dan hanya menjawab “segera” untuk pertanyaan mengenai konfirmasi detailnya.

Untuk meng-install game ini, kamu memerlukan HDD atau USB Flashdisk dengan ukuran minimal 16 GB, karena game ini membutuhkan sekitar 8GB untuk instalasinya. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan Flashdisk, pastikan bahwa Flashdisk-mu sudah mendukung USB 2.0 dengan kecepatan baca minimal 15MB/detik dan disarankan kamu menggunakan Flashdisk yang baru untuk performa yang optimal. Sedangkan untuk versi PS3, game ini akan hadir dalam satu keping bluray dan akan otomatis langsung meng-install saat kamu memasukkannya ke tray. Sama seperti versi Xbox 360, instalasinya membutuhkan ruangan sekitar 8GB di HDD-mu.

Rockstar juga masih belum membuka kemungkinan untuk merilis game ini di PC atau di konsol next gen seperti PS4 dan Xbox One. Alasannya simpel, karena mereka ingin memberikan pengalaman bermain yang optimal terlebih dahulu kepada para pemilik PS3 dan Xbox 360. Untuk jadwal rilisnya sendiri, mereka sudah memastikan tidak akan ada penundaan kembali, dan akan dirilis serentak untuk Xbox 360 dan PS3 pada 17 September 2013 yang akan datang. Rockstar juga berjanji tidak akan ada perbedaan antara versi PS3 dan Xbox 360 baik dalam hal pengalaman bermain maupun dalam hal visual karena keduanya memang dikembangkan secara bersamaan.

Sudah tidak sabar menunggu GTA V? Lingkari kalendermu, karena seperti yang diungkapkan Rockstar tidak akan ada penundaan dan mulai tanggal 17 September 2013 nanti kamu sudah bisa memainkan trio Trevor, Michael dan Franklin di konsol kesayanganmu. Sembari menunggu perilisan GTA V, kamu bisa kembali mengutak-atik GTA IV di PC dengan menambahkan mod Hulk seperti yang saya tuliskan di artikel ini.

[Sumber: Rockstar]