iPhone 5S Akan Dirilis 20 September, Diikuti Versi Murah iPhone Dengan Harga Mulai 3 Jutaan

Sudah sering kita mendengar kabar jika Apple tengah menyiapkan iPhone 5S, versi upgrade minor iPhone 5 dengan beberapa perbaikan seperti sudah mengadopsi iOS 7, kamera 13-megapixel dan lampu flash yang lebih baik, sensor pengenalan sidik jari, chip NFC dan juga wireless charging, baterai yang lebih besar (menjadi 1560 mAh dari 1440 mAh), dikabarkan mendukung koneksi super cepat LTE-Advance seperti Galaxy S4 LTE-A dan resolusi serta layar yang membesar. Awalnya smartphone ini diduga diumumkan 20 Juni kemarin. Sepertinya meleset, dan kini kita mendapatkan beberapa kabar yang menyebutkan bahwa Apple akan merilis September mendatang.

Tampilan beberapa interface iOS 7. Ikon berubah, layout berubah, yang terbiasa dengan iPhone karena kesederhanannya, mungkin akan merasa OS 7 baru sedikit rumit.

Prediksi itu muncul melihat dari pengalaman Apple sebelumnya. Jika benar iOS 7 yang pertama kali diumumkan selama event Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 10 Juni lalu, dirilis 100 hari kemudian (seperti iOS 6 juga dirilis 100 hari pasca pengenalannya ke publik), maka didapatkan tanggal 18 September. Dua hari kemudian iPhone 5 dirilis setelah iOS 6. Bisa disimpulkan jika benar iOS 7 dirilis 18 September untuk iPhone / iPad yang mendukung, maka Apple akan meluncurkan iPhone 5S dua haru kemudian. Apple dikenal selalu berjalan pada ritme yang sama, dan jika benar, dan kamu masih berniat mengupgrade iPhone 4 ke versi yang lebih tinggi, bisa menunggu saja karena iOS 7 ternyata juga bisa di-install untuk iPhone 4.

Seperti ini dugaan tampilan versi murah iPhone.

Mengiringi dugaan perilisan iOS 7 tersebut, kami juga tertarik dengan perkembangan versi murah iPhone. Yup, Apple kembali keluar jalur di sini. Mereka bukan hanya merilis versi murah (dan lebih kecil) dari iPad, namun juga sudah lama berencana membuat iPhone versi murah. Bannyak yang menyebut iPhone baru tersebut sebagai “low-cost” iPhone 5 (atau iPhone Light), dengan rencana merilisnya beberapa minggu pasca iPhone 5S beredar di pasaran, dengan layar yang lebih kecil dan harga sekitar US $300-400, atau separuh dari iPhone 5. Prediksi harga tersebut kami dapatkan dari akun Twitter Sonny Dickson, pria yang beberapa kali juga membocorkan berita mengenai Apple. Beberapa dugaan lain, iPhone murah ini akan dirilis antara tanggal 27 September hingga 8 Oktober mendatang — tepat selama masa belanja sebagian besar penduduk Bumi.

https://twitter.com/SonnyDickson/statuses/351210464866344963

Beberapa bocoran dari dalam pabrik Foxconn yang selama ini memproduksi iOS-nya Apple, menunjukkan jika iPhone murah ini akan dijual dengan beberapa pilihan warna yang cenderung cerah. Warna hijau seperti pada bocoran casing yang muncul beberapa hari lalu sepertinya juga sejalan dengan konsep interface baru yang diberikan Apple untuk iOS 7 mereka. Warna-warni yang jauh dari kesan eksklusif (dan mainstream Apple selama ini) tersebut memang disengaja, karena segmen pasar low-cost iPhone ini menunjuk pada pasar berkembang seperti di China dan India, namun pasti tidak menutup kemungkinan juga populer di pasar lainnya.

Penampakan lainnya, dibuat dengan banyak pilihan warna (setidaknya ada 4), dan segmennya pun makin luas. Anak-anak sampai yang dewasa, harga yang murah membuatnya cocok dipasarkan dimana saja.

Alasan China sebagai targetnya adalah karena memang di sana menjadi pasar smartphone terbesar dunia, dan saat ini Android memiliki separuh diantaranya. Apple sendiri selalu gagal melakukan persetujuan dengan operator terbesarnya, China Mobile, yang memiliki pelanggan hingga 735 juta, karena iPhone yang mereka tawarkan tidak mendukung jaringan TD-SCDMA yang digunakan operator tersebut. Seandainya mereka berhasil masuk ke sana, dan banyak yang mengadopsi iOS 7 baru yang banyak diklaim makin mirip Andrid, tentu bisa mengembalikan saham Apple yang sempat merosot pasca peluncuran iPhone 5.

Dari berbagai rumor dan langkah Apple tersebut, ini juga menjadi yang pertama bagi mereka, meluncurkan dua iPhone di waktu yang nyaris bersamaan. Jelas mereka ingin memperlebar segmen pasar smartphone-nya, dengan pengkategorian kelas iPhone murah itu akan menggantikan iPhone 4 (yang saat ini pun masih menjadi favorit), iPhone 5 akan menggantikan iPhone 4S, dan yang sejauh ini juga masih dirumorkan sebagai iPhone 5S, akan menggantikan posisi iPhone 5. Tinggal harganya saja. Seandainya prediksi Sonny Dickson melesen, dan ternyata lebih murah lagi,bahkan juga didukung iOS 7, pasti dengan mudah mampu mem-boost penjualan iPhone.

Sistem operasi baru iOS 7 tampaknya juga akan menjadi alasan utama untuk mencoba iPhone baru itu nanti, selain tentu saja, mereka tetap sebuah iPhone. Banyak yang menyukai tampilan versi baru OS tersebut, dengan fitur-fiturnya pun juga makin mirip Android. Keseluruhan iOS 7 menawarkan perombakan terbesar pada interface iPhone sejak pertama kali dikenalkan. Selain itu kini iOS 7 sepenuhnya mendukung multitasking, tidak terbatas seperti multitasking yang pertama kali dikenalkan melalui iOS 4. Kini semua aplikasi bisa berjalan bersamaan, termasuk untuk aplikasi yang melakukan background update, dan semua service tersebut bisa dipantau (seperti pada Android).

Apple – iOS 7. Coming this fall.

http://youtu.be/F0ErUMeT7uE


SHARE
Previous articleNokia Masih Percaya Pada Feature Phone, Kini Dengan Nokia 207 dan 208 Dual-SIM
Next articleEvent Reminder: POPCON Asia 2013, Konvensi Budaya Pop Terbesar di Asia!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.