Kamu Bisa Mencicipi Arkana, Proyek Kebangkitan Vandaria Wars di POPCON Asia 2013!

Mungkin banyak di antara kamu yang termasuk penggemar berat bahkan pemain setia Vandaria Wars. Menjadi TCG asli Indonesia dengan gameplay terbaik bahkan sampai merebut rekor MURI, membuat Vandaria Wars semakin terkenal dan menciptakan banyak hal baru bagi pemain TCG. Meski saat ini berada dalam kondisi vakum, banyak sekali fans berat Vandaria Wars yang menantikan kembalinya TCG tersebut.

Sehingga dengan demikian tim pengembang Vandaria Wars pun mengabulkannya. Proyek kebangkitan Vandaria Wars, bernama Arkana, akan membawa kembali nama besar Vandaria Wars ke belantika dunia TCG. Vandaria Wars terkenal dengan gameplay-nya yang kompleks dan susah untuk dipelajari pemain baru. Arkana mencoba mengatasi hal tersebut, dengan mempermudah gameplay-nya dan menarget pangsa pasar semua umur. Permainan yang dihadirkan pun bersifat party games, artinya tidak hanya berduel satu lawan satu tapi bisa dimainkan banyak pemain (sekitar tiga sampai enam pemain). Dan kabarnya, kamu bisa mencicipi Arkana ini di event POPCON Asia 2013 lho!

Lantas bagaimana cara bermainnya? Bisa dibilang, Arkana adalah versi ”simpel” dari Vandaria Wars. Membawa tiga jenis kartu utama dalam permainannya, yakni kartu Wilayah, Prajurit, dan Strategi. Kartu Wilayah, sesuai namanya, mewakili wilayah milik tiap pemain yang menjadi syarat kemenangan. Kartu Prajurit adalah kartu pasukan untuk menyerang atau mempertahankan wilayah. Dan kartu Strategi adalah kartu aksi sekali pakai dengan beragam efek khusus. Tidak seperti kartu-kartu Vandaria Wars yang memiliki skill agak rumit, di Arkana skill-skill kartunya didesain sangat sederhana.

Meski tidak menggunakan gold dalam wujud asli seperti Vandaria Wars, di Arkana tiap pemain tetap dibekali sejumlah sumber daya gold yang berjumlah tiga tiap gilirannya (dan tidak dapat diakumulasikan). Penggunaan kartu secara umum hanya bisa dilakukan di tiap giliran pemain. Tujuan kemenangan di sini adalah mencapai satu Duaz dan satu Triaz. Duaz adalah kondisi di mana kamu memiliki satu set wilayah berjumlah dua dengan elemen yang sama, sedangkan Triaz hampir sama dengan Duaz hanya saja satu set tersebut berjumlah tiga dengan elemen yang sama. Tiap kali mencapai Triaz, kamu bisa menembak satu lawan untuk membuatnya KO, dengan meneriakkan ”Arkana” ke arahnya hehe. Karakter yang sedang KO otomatis tidak mendapatkan gold ketika gilirannya tiba, hanya saja masih bisa mengambil kartu dari tumpukan-tumpukan.

Ada tiga tumpukan kartu di sini, yang sesuai dengan jenis kartunya masing-masing. Serta ada tiga tahap dalam permainan Arkana. Pertama adalah tahap Kedatangan, di mana kamu mendapatkan jatah untuk mengambil dua kartu, bisa satu kartu dari tumpukan Strategi dan satu dari tumpukan Prajurit, atau dua kartu langsung dari tumpukan Strategi. Kedua adalah tahap Membangun, di mana kamu bisa menghabiskan gold-mu sejumlah tiga itu untuk membangun apapun. Mulai dari wilayah, prajurit, dan atau mengeluarkan Strategi. Baru setelah tahap Membangun selesai, dilanjutkan dengan tahap Perjalanan di mana kamu mengambil satu kartu dari tumpukan Wilayah. Semua tumpukan tertutup di atas meja, jadi hanya kamu yang mengetahuinya.

Lantas bagaimana kita menyerang? Menyerang ini dilakukan dalam tahap membangun. Dan perlu diingat, tidak ada unsur deployment di Arkana, tidak seperti di Vandaria Wars. Wilayah dan Prajurit tidak saling terkait, meski masing-masing memiliki elemennya sendiri. Prajurit bisa menyerang jika kamu memiliki kartu Strategi bernama Serangan (dengan biaya satu gold). Asyiknya, kartu Serangan ini memungkinkan satu tipe prajuritmu untuk menyerang. Jadi jika di permainan kamu memiliki dua kartu Prajurit dengan tipe Angin, maka satu kartu Serangan bisa membuat kedua Prajurit bertipe Angin milikmu menyerang.

Ketika diserang, kamu bisa menahan serangan pemain lain dengan Prajurit milikmu. Pertarungan di Arkana juga tidak rumit seperti di Vandaria Wars. Prajurit yang menyerang hanya dilihat poin serangannya, sedangkan Prajurit yang menahan hanya dilihat poin pertahanannya. Jadi tidak ada istilah saling memukul di sini (kecuali dengan kartu Strategi khusus yang memungkinkan hal tersebut). Intinya, satu Prajurit yang menyerang bisa ditahan dengan satu Prajurit milikmu, dan tidak terbatas pada Wilayah tertentu saja. Jadi kamu bebas untuk menahan semua serangan jika memungkinkan.

Pada saat bertarung ini jugalah kartu-kartu Strategi spesial bisa dilancarkan, yang tentu saja ada persyaratan khusus sebelum bisa melakukannya. Penyerangan yang berhasil tidak akan menghancurkan Wilayah, tapi merebut Wilayah tersebut untuk menjadi milikmu. Benar-benar simpel bukan?

Yang jelas, komunikasi antar pemain bisa semakin meramaikan suasana. Semakin seru, semakin ramai hehe. Jadi kamu bisa saja meminta pemain lain untuk membantu dengan janji untuk membantunya di giliran berikut, atau malah menusuknya dari belakang (ups, saya sering melakukan hal ini hehe). Saya sendiri bersama teman-teman kru Zigma-Omega sempat (dan belakangan jadi semakin sering sih) memainkan Arkana di redaksi. Benar-benar seru bahkan sering kali kami tertawa terbahak-bahak bila ada pemain yang merasa gelisah atau stres karena merasa terancam. Arkana benar-benar membangkitkan Vandaria Wars dengan konsep permainan yang lebih simpel dan lebih mudah dinikmati banyak orang dari segala kalangan. Cocok untuk melepas stres lho, saya jamin!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kamu bisa mencicipi bagaimana serunya bermain Arkana ini di acara POPCON Asia 2013, yang diadakan pada tanggal 5 – 7 Juli 2013 mendatang di Jakarta Convention Center. Di hari pertama, Tim Vandaria akan memperkenalkan Arkana, yang menjadi proyek kebangkitan Vandaria Wars, trading card game pertama di Indonesia. Setelah perkenalan, Arkana bisa dimainkan sepanjang 3 hari acara bersama teman-teman maupun Tim Vandaria yang hadir di booth. Dan yang lebih asyik lagi, akan ada tturnamen Arkana yang meramaikan hari terakhir Popcon Asia di booth Vandaria Saga! Turnamen ini diselenggarakan pada jam 11 hingga jam 1. Seusai turnamen, akan ada diskusi Arkana bersama para pengembang di baliknya. Penasaran ingin merasakan serunya Arkana? Langsung saja yuk datang ke POPCON Asia 2013 dan mampir ke booth Vandaria Saga!


SHARE
Previous articlePengguna WeChat Kembali Meningkat, Kini Dekati Angka 400 Juta!
Next articleLayanan BlackBerry Kembali Mogok, Dari BBM Hingga Browsing Kena Gejala Pending!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.