Layanan BlackBerry Kembali Mogok, Dari BBM Hingga Browsing Kena Gejala Pending!

Baru saja awal Mei lalu pengguna BlackBerry dikecewakan karena layanan down, namun sekarang pengguna BlackBerry Messenger (BBM) merasakannya kembali. Kamu pengguna layanan dari BlackBerry tersebut mungkin heran, sudah beberapa jam yang lalu (tepatnya mulai pukul 11), jaringan BlackBerry dilaporkan kembali bermasalah. Para pengguna mengeluhkan tak bisa menggunakan fasilitas BBM, apalagi browsing.

Gangguan ini terjadi mulai siang tadi, dan banyak pengguna, khususnya BlackBerry dengan OS tipe lama, mencoba mengirimkan pesan melalui BBM namun tidak ada yang berhasil mendapat notifikasi ‘D’ (Delivered) atau ‘R’ (Received). Yang ada hanya tanda centang saja.  Pihak BlackBerry Indonesia sendiri belum memberi klarifikasi resmi, khususnya melalui media sosial mereka seperti Facebook dan Twitter. Demikian penyebab gangguan belum diketahui pasti. Namun dari hasil konfirmasi melalui customer support beberapa operator Indonesia, kami dapatkan respon jika memang terjadi masalah. Mulai maintenance system, hingga sedag terjadi incident yang mnybabkan kendala pada kenyamanan browsing & aplikasi social media khusus pengguna BlackBerry.

Beberapa sumber kami mengungkapkan jika gangguan tersebut seharusnya sudah pulih sejak jam 1 tadi, namun hingga saat ini beberapa teman penulis masih mengeluhkan masalah yang sama. Seperti dua kasus gangguan BBM sebelumnya, yaitu pada Oktober 2012 dan Mei 2013 lalu, gangguan ini tidak hanya dialami pengguna di Indonesia, melainkan semua pengguna di Asia Pasifik. Kecuali pengguna yang menggunakan BlackBerry 10 seperti Z10 dan Q10 masih aman. Wah, jika gangguan seperti ini masih dan bakal sering terjadi nanti, lebih baik ganti ke BlackBerry 10 saja ya!

Apakah ini berhubungan dengan layanan BBM yang akan dibuka cross platform? Karena seperti kita ketahui, layanan andalan BlackBerry itu akan digratiskan nanti ketika dirilis untuk Android dan iOS. Dan kemungkinan besar layanan BIS juga akan dihapuskan nanti. Namun belum diketahui bagaimana dengan pengguna BIS atau smartphone BlackBerry nantinya, ketika BBM cross platform itu dirilis (kabar terbaru, akan dirilis 21 September). Sedangkan untuk BlackBerry OS 10 yang selama “insiden” baru ini mendapatkan kekebalan khusus, selama Juni kemarin dikonfirmasikan mendapat dua anggota keluarga baru di Indonesia, yaitu BlackBerry Q10 dan Q5. Untuk Q10 sudah mulai dijual, sedangkan Q5 akan menyusul selama bulan Juli ini.


SHARE
Previous articleKamu Bisa Mencicipi Arkana, Proyek Kebangkitan Vandaria Wars di POPCON Asia 2013!
Next articleWave Game Luncurkan Ghost Ship, Ekspansi Terbaru dari Time Avengers Online!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.