Pengguna WeChat Kembali Meningkat, Kini Dekati Angka 400 Juta!

WeChat memang termasuk instant messaging baru di Indonesia, namun di negara asalnya, China, penggunanya sudah mencapai ratusan juta. Namun di luar kandang, aplikasi yang dikembangkan raksasa internet China Tencent tersebut terus berkembang. Akhir Mei lalu dilaporkan sudah berhasil menjaring 50 juta pengguna terdaftar di luar China. Dan hari ini ada perkembangan baru, aplikasi ini kembali bertumbuh menjadi 70 juta pengguna di luar China.

Diungkapkan pagi ini melalui pernyataan presiden Tencent Martin Lau, bahwa usaha mereka mengenalkan platform WeChat di luar ekosistem negara asalnya terus mendapat respon positif. Jika ditambah dengan data user sebelumnyadi seluruh dunia yang mencapai 300 juta, maka seharusnya saat ini pengguna WeChat nyaris mencapai 400 jutaan.

Lau mengungkapkan, bahwa saat ini platform sosial mereka tersebut WeChat makin dikenal baik di negara Asia Tenggara yang menjadi wilayah ekspansi utamanya, seperti Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapura, India, dan juga yang di luar Asia Tenggara adalah Meksiko. Berhubungan dengan Meksiko adalah iklan terbaru mereka yang juga muncul hari ini, mengajukan Lionel Messi sebagai ambassador terbarunya untuk WeChat global. Iklan baru ini dibuat dalam 4 bahasa, dan yang sudah kami ketahui berbahasa Inggris, Indonesia dan Spanyol.

Bukan tanpa alasan ada iklan khusus dengan bahasa Spanyol tersebut, karena pasti Tencent ingin agar aplikasi mereka juga makin dikenal di Meksiko (yang memang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa nasional), dan juga sebagian Amerika Selatan. Kemudian dengan Lionel Messi yang memang sangat terkenal wilayah Selatan Benua Amerika, sekaligus juga menjadi media pemikat banyak user baru di 15 negara yang termasuk di Amerika Selatan. Sebagai duta WeChat global (jangan heran jika iklannya juga muncul di Indonesia), Messi mempromosikan aplikasi ini melalui televisi, papan iklan, dan juga video di berbagai website. Dan kami yakin, dengan dukungan namanya, WeChat mampu mencapai 400 juta dalam waktu dekat.

Melalui pernyataan yang sama, presiden Tencent juga mengungkapkan jika kini makin banyak developer dengan aplikasinya yang terintegrasi dengan platform WeChat. Di China sendiri sudah terdaftar 400 ribuan aplikasi, dan pihaknya berencana untuk mengambangkannya ke bahasa selain China agar juga bisa dinikmati pengguna dari negara lain.

Untuk aplikasinya sendiri, saat ini WeChat sedang proses menunggu update ke versi 5.0 untuk Android dan iPhone, yang kemungkinan besar akan membawa beberapa fitur baru untuk mendukung fasilitas perdagangan mobile, seperti memungkinkan kita bisa langsung melakukan pembelian dari dalam aplikasinya, dan juga platform game sosial, untuk bisa menghadapi kedua rival Asia-nya, LINE dan KakaoTalk.

Bicara peringkat jumlah user pengguna setiap aplikasi instant messaging, saat ini WeChat menjadi salah satu yang terbesar di dunia — apalagi jika mencapai 400 juta pengguna, dengan 100 juta diantaranya dari luar China. Para pesaingnya seperti WhatsApp diklaim memiliki 200 juta pengguna aktif, dan sebagian besar diantaranya di luar China. Kemudian dengan LINE yang memiliki kira-kira 100 juta pengguna di luar Jepang — per 2 Mei kemarin, LINE mengungkapkan user mereka baik di Jepang (negara asalnya) dan negara lain sudah mencapai 150 juta. Oh ya, berikut kami berikan juga beberapa iklan WeChat Indonesia, yang menampilan artis muda Gisella Anastasia (Gisel Idol). Dan seperti iklan-iklan WeChat lainnya di negara lain, memang menjadi cara WeChat mempermudah anak-anak muda mengenal aplikasi mereka ini adalah memilih artis muda yang cukup familiar di kalangan anak muda.

WeChat Indonesia TVC (Look Around)

WeChat Indonesia TVC (Video Call)

WeChat Indonesia TVC (Moments – Group Chat)

Sumber: Tech QQ via Tech in Asia, Facebook


SHARE
Previous articleBanner dan Deretan Poster Karakter Keren dari The Wolverine
Next articleKamu Bisa Mencicipi Arkana, Proyek Kebangkitan Vandaria Wars di POPCON Asia 2013!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.