First Impression : Ragnarok Online 2 Indonesia

Dalam kesempatan ini duniaku diundang oleh Lyto Indonesia untuk datang ke mall di bilangan Jakarta Barat untuk mencoba salah satu judul game yang paling dinantikan pada tahun ini. Seperti sudah dibahas sebelumnya di Duniaku bahwa Lyto akan menjadi publisher game ini di Indonesia dan direncanakan akan rilis pada tahun ini.

Dalam undangan ini kru Duniaku mendapatkan kesempatan bermain Ragnarok Online 2 (RO 2) bersama sama awak kru media lain dengan PC yang secara khusus sudah disetting supaya dapat bermain  lebih awal dari alpha test yang diselenggarakan di beberapa warnet pilihan.

RO2 ini sendiri masih mengusung tema dan universe yang sama dengan RO1, sehingga pemain game ini tentu akan sangat familiar dengan beberapa konsep dan karakter yang akan disajikan nantinya. Kami tidak akan kaget kalau pemain game ini akan tertawa lepas karena menjumpai “musuh abadi” nya pada RO2 nantinya. Dalam kesempatan yang singkat ini kami akan membahas beberapa hal terkait game ini

Grafik dan Camera View

RO2 sendiri mengusung grafik full 3 dimensi yang merupakan peningkatan cukup besar dari RO1 yang masih berbasis 2 dimensi. Grafik ini rasanya akan memberikan pengalaman baru bagi pemain yaitu sudut kamera yang mungkin lebih nyaman dalam banyak situasi berburu atau menjelajah dunia RO2. Transisi antar frame pada saat memutar mutar kamera juga kami temukan cukup halus.

Sayangnya kami juga mengalami kekurangnyamanan pada saat memutar mutar kamera dengan munculnya objek objek yang terlihat menghalangi pandangan (seperti daun daunan, batu dan kadangkala bangunan). Kami berharap dalam versi rilisnya nanti masalah ini bisa diatasi karena hal ini cukup mengganggu.

Detail tekstur dari RO2 ini sendiri kami lihat cukup baik, beberapa aksesoris kancing, tali sepatu, saku dan detail detail pada senjata juga kami temukan cukup menyenangkan untuk diperhatikan, Satu hal yang belum dapat kami ketahui adalah efek glow dari tempa senjata / armor apakah muncul pada saat kita menggunakan senjata tertentu.

Karakter, Race, Class, Job

Pemain juga akan diberikan pilihan yang sangat banyak baik dalam membuat karakter nantinya, jika pada RO1 kita hanya diberikan pilihan jenis kelamin, stats dan penampilan karakter pada RO2 ini kita juga bisa memilih Race, Class dan Job dimana setiap kombinasi pilihan akan memberikan kita outfit yang berbeda. Kami yakin banyaknya pilihan karakter ini akan memberikan pengalaman dan kemungkinan kostumisasi luar biasa dalam jalan permainan atau kombinasi party nantinya.

Karena waktu yang cukup terbatas, kami belum mencoba semua kombinasi karakter yang mungkin kastemisasi yang sangat luas ini. Satu hal mungkin belum ada di RO2 adalah mengatur bentuk badan dari karakter, dan mungkin berefek pada pertumbuhan stat atau spesialisasi lebih unik.

Seperti RO1 rasanya kita bisa mengasumsikan jika sudah memilih salah satu kombinasi penampilan, class atau job ini, nanti bisa melakukan perubahan dengan menggunakan item item tertentu yang disediakan dalam game.

Gameplay, Kontrol dan Navigasi

Seperti sudah diperkirakan oleh penulis sebelumnya Gameplay pada RO2 sendiri sepertinya merupakan kombinasi elemen elemen unggul dalam RO1 seperti shortcut keyboard yang banyak dan elemen baru pada game yang lebih baru seperti adanya combo dan sistem quest yang cukup asyik untuk diikuti.

Satu elemen yang sangat membantu adalah adanya efek transparan untuk World Map yang kita jelajahi, sehingga disana kita bisa melihat status quest dan next quest yang mungkin ada didalam map tersebut. Model seperti ini rasanya sangat membantu untuk membantu kita supaya tidak tersesat dan efisien dalam menjelahi dunia RO2 yang sangat besar.

Untuk kontrol sendiri RO2 memberikan beberapa pilihan action baru seperti loncatan dan emoticon yang lucu lucu. Dalam hal HUD (Head Unit Display), RO2 memberikan 4 pilihan layout yang berbeda sehingga kita bisa memilih dimana lokasi komponen display seperti status bar, item bar dan quest bar yang paling disukai.

Navigasi RO2 juga rasanya mengadopsi beberapa formula yang sudah sukses di game 3D lainnya sehingga tidak diperlukan proses belajar yang lama untuk benar benar menguasai navigasi game ini.

Hal yang menurut penulis cukup aneh adalah penggunaan klik kanan pada saat berinteraksi pada objek atau menyerang musuh, sayang penulis belum tahu apakah ada setting khusus supaya menggunakan  klik kiri yang menurut penulis jauh lebih nyaman.

Minimum Spesifikasi

Pada versi Alpha test ini kami juga mengetahui bahwa RO2 tidak memerlukan spesifikasi PC yang tinggi, kami perkirakan mungkin komputer warnet yang sudah berusia 10 tahun lebih pun masih dapat memainkan game ini. Dari beberapa sumber kami mengetahui bahwa spesifikasi minimum game ini adalah sebagai berikut:

Oya, dalam kesempatan ini kami juga mendapatkan bocoran sedikit, bahwa game ini juga akan dirilis pada bulan Agustus nanti, so tunggu kabar berikutnya dari Duniaku mengenai kabar paling update untuk game tercinta kita ini.


SHARE
Previous articleGundala, Legenda Superhero Indonesia!
Next articleKarakter Baru Lagi di Mind/Zero, Reika Kisaki