PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

Ada banyak pop artist yang tampil di ajang PopCon tahun ini, siapa saja sih mereka? Simak liputannya di artikel berikut ini!

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

PopCon Asia 2013 kali ini menghadirkan banyak pop artist yang mempertunjukkan karya-karya mereka. Menariknya, sudah ada beberapa pop artist yang kualitas karyanya diterima pasar Internasional loh! Kesemua artist yang men-showcase karya-karya mereka berada dalam blok tersendiri yang disebut dengan area Artist Alley. Nah kali ini saya akan mencoba memberikan profil setiap pop artist yang berpartisipasi dalam PopCon Asia 2013.

1. Paper Captain: The Childhood Illustration Studio

Paper Cut ini pada dasarnya adalah sebuah studio ilustrasi yang fokus kepada pembuatan buku cerita untuk anak-anak. Studio ini didirikan oleh Evan Raditya dan berpusat di Surabaya. Studio yang sudah berdiri selama 2 tahun ini sampai saat ini masih dijalankan sendiri oleh Evan. Evan juga biasa mengerjakan pesanan Character Design, Children Book Illustration ataupun Storybook. Tapi jangan salah, karya yang dihasilkan olehnya sudah go internasional loh! Padahal sejauh ini, bukunya yang berjudul The Little Postman ini sifatnya self publish yang artinya hanya dapat didapat melalui sistem pre-order. Namun begitu Evan mengatakan pembelinya sejauh ini ada yang berasal dari Jepang dan Amerika Serikat. Tertarik dengan buku Paper Captain? Langsung saja akses websitenya disini!

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

2. FPS X SQUASH

FPS X SQUASH pada dasarnya adalah 2 grup yang berbeda. FPS adalah singkatan dari Figure Photo Studio, sebuah komunitas yang fokus kepada fotografi sementara SQUASH lebih fokus kepada karya ilustrasi. Jadi, SQUASH selalu mengikuti trend-trend terbaru dari anime. Dari situ, mereka akan membuat berbagai macam fan illustration. Nantinya, FPS dan SQUASH akan berkolaborasi dengan membuat karya fotografi dari figur-figur anime tersebut. Biasanya, masing-masing fotografer memiliki figur favourite  mereka sendiri. Jefri Lustan dari FPS mengatakan bahwa komunitas ini sudah berdiri sejak September tahun lalu namun anggotanya tersebar lumayan banyak. Untuk fotografer yang tergabung dalam FPS sendiri selain ada fotografer lokal, ada juga yang berasal dari Singapura dan Filipina. Karya yang dihasilkan biasanya berbentuk pin, artbook, poster serta photobook.

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

3. Well+done Group

Yadza Lafaliqa Well-done Group adalah sebuah perkumpulan para ilustrator lokal yang sudah eksis sejak tahun 2011 dengan kiblat ke budaya Jepang. Menurut Tadza Lafaliqa selaku Creative Director Well+done Group, karya-karya yang dihasilkan biasanya berbentuk komik strip 3 - 5 halaman dengan mengambil tema komedi. Untuk artist yang tergabung dalam Well+done Group ini sendiri jumlahnya ada sekitar 10 orang. Namun, walaupun grup ini lebih sebagai sebuah media penyaluran hobi, ternyata mereka memiliki divisi marketing juga loh! Harapannya Tadza adalah nantinya Well+done Group dapat memproduksi komik seperti Shonen Jump di Jepang, oleh karena itu lah mereka membutuhkan divisi marketing. Selain itu quality control pun diterapkan dengan ketat oleh mereka karena mereka tidak ingin membuat karya yang 'asal jadi' saja. Grup ini aktif di Facebook, jika kamu tertarik bisa langsung akses page mereka disini. Ada komik strip yang terbit setiap minggu juga loh disitu!

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

4. Mage dan Dana

Mage dan Dana adalah duo pop artist yang tergabung dalam DP Comics di deviantArt. Duo ini sebenarnya sangat berseberangan dalam style menggambar, Mage lebih condong ke anime sementara Dana lebih suka terhadap U.S Comic Style. Prestasi Mage sejauh ini adalah menelurkan sebuah komik yang berjudul Shangrila: Home of Forgtten Heroes yang saat ini sekuelnya sedang dalam proses penggarapan. Di boothnya, mereka menyediakan photo printing karya-karya mereka. Mage juga menambahkan mereka memiliki beberapa proyek lain yang sedang berada dalam tahap pengerjaan.

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

5.  Sheila Rooswitha

Sheila, atau yang akrab dipanggil Lala adalah seorang komikus yang sering menghasilkan komik untuk keluarga atau graphic diary yang inspirasinya memang dari keluarganya sendiri. Namun selain membuat komik, Lala juga membuat ilustrasi serta fan art. Beberapa judul komik yang sudah dibuat oleh Lala antara lain adalah Cerita Si Lala, Komik Kriuk, Sheila's Playground serta ikut menyumbang segmen di komik Antologi 7 dimana banyak komikus lainnya juga mengisi segmen di dalamnya. Komik-komik Lala memang lebih banyak mengangkat kehidupan sehari-hari dan didasarkan atas pengalaman pribadinya. Saat ini Lala juga sedang menyiapkan satu komik lainnya yang menceritakan kehidupannya selama 2 tahun tinggal di Kuwait. Menarik bukan? Kita tunggu saja kehadirannya tahun depan!

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

6. Maharani

Maharani adalah sebuah tim ilustrator yang terdiri dari Ori dan Fransisca. Hebatnya, Maharani yang sudah berdiri sejak tahun 2010 ini, pertama kali mengadakan showcasenya bukan di Indonesia loh tapi di event STGCC Singapore!  STGCC adalah Singapore Toy, Games and Comics Convention, yaitu event yang mirip dengan PopCon. Saat ini, Maharani sudah menjadi exhibitor tetap di STGCC, luar biasa! karya yang mereka hasilkan sebenarnya kebanyakan berupa merchandise dan ilustrasi namun, ilustrasi yang mereka hasilkan adalah karya mereka sendiri. Selain itu, Ori juga membuat komik di waktu senggangnya namun untuk saat ini judul yang sudah terbit belum banyak karena memang terbentur masalah kesibukan lainnya. Di jualnya pun terbatas hanya di event-event yang mereka ikuti saja. Ingin bertemu dengan mereka? Masih ada waktu sehari lagi loh! Event berikutnya yang akan mereka ikuti adalah STGCC di bulan Agustus nanti.

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

PopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 1)

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU