Film Animasi Battle of Surabaya Rilis Teaser Trailer Perdana!

Seperti yang sudah pernah dituliskan sebelumnya, Battle of Surabaya adalah salah satu film animasi 2D buatan MSV Pictures bekerja sama dengan STMIK Amikom Yogyakarta. Film yang masih dalam tahap pengembangan ini dikerjakan oleh lebih dari 50 animator dan menelan biaya hampir Rp 500 juta. Satu hal yang menjadi daya tarik dari film ini adalah mengangkat tema perang melawan penjajah di Surabaya pasca kemerdekaan Indonesia 1945 lalu dan juga digarap dengan cita rasa Hollywood untuk konsumsi pasar yang lebih banyak.

Nah, setelah sebelumnya membeberkan beberapa detail awal dan sinopsis, akhirnya beberapa hari lalu MSV Pictures merilis teaser trailer perdana dari Battle of Surabaya. Melalui teaser ini, kita sudah bisa melihat sekilas bagaimana kualitas dari animator-animator berbakat di Indonesia saat menghadirkan suasana perang dahsyat dalam bentuk film animasi. Film animasi ini sendiri dibuka dengan mengisahkan bagaimana dahsyatnya pengeboman kota Hiroshima oleh Sekutu yang menyebabkan Jepang menyerah. Musa yang menjadi tokoh utama dalam film ini adalah remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dahsyat 10 November 1945 di Surabaya.

http://youtu.be/y91RHnVKvWg

Saat itu, Musa dipercaya sebagai kurir surat dan kode rahasia dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan oleh Bung Tomo. Banyak peristiwa dilalui Musa selama mengembang tugas tersebut, mulai dari kehilangan harta hingga orang-orang yang dicintainya. Bukan hanya Musa yang berjuang keras, tetapi Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain pun ikut membangkitkan semangat arek- arek Suroboyo & pemuda Indonesia bangkit melawan penjajahan.

Meskipun mengambil tema tentang perang 10 November 1945 di Surabaya, film ini juga menyajikan beberapa karakter fiktif untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan seperti Musa dan Yumna, sahabatnya. Suyanto, Direktur dari STMIK Amikom dan juga penulis naskah dari Battle of Surabaya dalam sebuah kesempatan pernah mengungkapkan, bahwa Battle of Surabaya, bukan sekedar film animasi anak-anak biasa namun digarap dengan cita rasa Hollywood, dimana ilmu membuat film animasi gaya Hollywood semacam ini ia dapatkan dari orang asing yang dikenalnya. Sejak diluncurkan sekitar dua hari lalu, tak kurang sekitar 60.000 pengunjung sudah menyaksikan teaser film ini di Youtube!

[nggallery id=668]

Menurut rencana, film yang sebelumnya sudah mendapatkan beberapa penghargaan seperti juara INAICTA 2012 kategori Film Animasi oleh Kementerian Kominfo RI dan juara pertama INDIGO FELLOWSHIP 2012 oleh Telkom Indonesia ini akan dirilis pada 15 April 2014 mendatang.

[Sumber: Battle of Surabaya Fanpage/Youtube Channel]


SHARE
Previous articlePopCon Asia 2013: Profil Para Pop Star di Artist Alley! (Bagian 2)
Next articleAyo, Lengkapi Koleksi Pernak Pernik BIMA!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.