Petualangan Maxwell Bersama Buku Ajaibnya di Dunia DC Melalui Scribblenauts Unmasked

Scribblenauts menjadi serial game yang diakui menjadi salah satu inovasi video game terbaik melalui gameplaynya. Kamu dituntut memecahkan puzzle dengan menuliskan sesuatu pada layar Nintendo DS, dan apa yang kamu tuliskan itu akan memunculkan obyek yang akan membantumu memecahkan puzzle atau melanjutkan permainan (dari kata scribble, yang berarti menulis dengan cepat).

Pertengahan Mei lalu untuk pertama kalinya developer serial game ini 5th Cell mengkonfirmasikan seri barunya, dan berbeda dengan game sebelumnya yang aksis sejak tahun 2009, menjadi yang pertama yang berbasis pada property berlisensi. Dan karena publisher serial Scribblenauts adalah Warner Bros. Interactive, tidak ada alasan lain bagi developer ini untuk tidak memilih property yang saat ini juga sedang gencar dipromosikan Warner Broes. Tersebutlah Scribblenauts Unmasked: A DC Comics Adventure, penerus serial puzzle Scribblenauts, menjadi game kelima di tengah serial tersebut, dengan klaim akan menghadirkan setting dan hampir 2000 karakter DC Universe.

Game yang akan dirilis Warner Bros. Interactive Entertainment untuk Wii U, Nintendo 3DS dan PC Microsoft Windows pada akhir tahun 2013 ini masih sama seperti prekuel lainnya. Kamu mengendalikan ikon utamanya, bocah bernama Maxwell yang memiiki kemampuan mnghidupkan sembarang obyek atau orang menggunakan notes ajaibnya. Obyek tersebut kemudian bisa digunakan untuk memecahkan puzzle pada setiap mission-nya melalui beragam cara.

Sesuai judulnya, A DC Comics Adventure elemen baru yang membedakan game ini dengan prekuelnya adalah kemunculan para hero, supervillain dan lokasi dari DC Universe. Menurut 5th Cell, di sini hampir semua karakter DC Universe, yang jumlahnya ketika E3 2013 lalu sudah mencapai 2500-an yang akan masuk, mencakup dari yang paling populer, seperti Superman dan Wonder Woman, hingga karakter yang kurang familiar seperti Bloodwynd dan Matter-Eater Lad. Jumlahnya yang mencapai ribuan itu dicapai melalui berbagai variasi dari satu karakter, seperti misalnya, kamu akan bertemu banyak interpretasi Batman, bahkan ada ratusan Green Lantern di sini.

Melalui para manusia super tersebut, kamu bisa menggunakan kemampuan mereka untuk membantumu menyelesaikan puzzle, seperti melalui pancaran laser panas dari mata Superman untuk mengambil kuncil yang ada di dalam bongkahan es. Munculnya karakter tersebut ketika kamu summon juga bergantung pada objective yang dihadapi Max. Bisa saja mereka tampil dalam wujud tertentu, seperti “Zombie Batman” atau “Super Doomsday”.

Selama E3 2013 lalu developer membawa trailer game ini selama event, dan merilis beberapa promo image. Sebagian besar menunjukkan lokasi yang berhubungan dengan karakter ikonik DC, seperti Batman dan Robin di Batcave, Superman di Fortress of Solitude, Aquaman di Atlantis dan sekumpulan Green Lanterns di Oa. Para hero tersebut tampil dengan desain yang kid-friendly, bahkan lebih terkesan imut. Semuanya bermula dari argumen yang terjadi antara Maxwell dan saudari kembarnya, Lily. Keduanya menyukai komik, dan  sangat antusias pada karakter favoritnya. Maxwell dengan Batman, Lily dengan Superman, dan keduanya terus berargumen siapa yang lebih baik, sampai membawa keduanya ke dalam dunia komik itu sendiri.

Sejauh ini serial Scribblenauts berhasil meraih banyak penghargaan. Mulai dari media Time yang menganugerahi Scribblenauts sebagai game terbaik ke-7 pada tahun 2009 lalu. Scribblenauts juga memenangkan “Outstanding Innovation in Gaming”, “Portable Game of the Year”, dan “Outstanding Achievement in Portable Game Design”, plus juga dinominasikan untuk “Casual Game of the Year” pada 13th Annual Interactive Achievement Award dari Academy of Interactive Arts & Sciences. Serial ini juga diakui sebagai “Innovation” dan “Best Handheld Game” selama Game Developers Choice Awards ke-10.

Official Announce Trailer – Scribblenauts Unmasked: A DC Comics Adventure

Nintendo – 2013 3rd Party Releases

Nintendo Direct@E3 2013


SHARE
Previous articleA Link to the Past 2 Menjadi A Link Between Worlds, Berikan Kemampuan Link Masuki Dinding
Next articleMenyambut Ulang Tahun Kelima, Apple App Store Gratiskan Tiny Wings Hingga Infinity Blade II
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.