Ragnarok Online Hidup Kembali Sebagai MMO Web Based dalam Ragnarok Online: Prequel!

Bagi penggemar Ragnarok Online (RO) di Indonesia, mungkin saat ini tengah menanti-nanti perilisan RO 2: Legend of The Second oleh Lyto yang menurut rencana akan memasuki fase Closed Beta bulan Agustus mendatang. Beberapa dari kamu mungkin sudah sempat menjajal fase alpha game ini yang bisa dimainkan di beberapa warnet yang sudah ditunjuk. Pun dengan tim Duniaku, yang juga sudah mendapatkan kesempatan untuk menjajal game ini (kamu bisa membaca impresi kami di artikel ini) dalam tes khusus media yang dihelat beberapa hari lalu.

Jika penggemar RO di Indonesia menanti perilisan RO 2 ini, beda halnya dengan para penggemar RO di China. Awal minggu ini, mereka mendapatkan kabar gembira, bahwa RO akan dirilis dalam bentuk MMORPG web based di China dengan mengusung judul RO: Prequel! Game ini masih dalam tahap pengembangan di salah satu studio China, Dreamyang merupakan salah satu pengembang MMORPG web based terbaik di negeri tersebut. Tentu saja, untuk mengembangkan game ini, mereka sudah mendapatkan lisensi dari Gravity, sang pengembang asli dari RO.

http://youtu.be/6L2nJxpcog8

Seperti yang terlihat dalam trailer, beberapa fitur yang ditawarkan dalam game ini hampir sama dengan RO pertama lalu. Tetapi hal tersebut bukan berarti game ini hanyalah RO yang “pindah rumah” ke web browser saja, karena ada beberapa fitur yang membedakan antara keduanya, sebut saja seperti sistem dungeon yang sekilas mirip dengan sistem dungeon di Dungeon Fighter dan Dragon Nest lengkap dengan variasi tingkat kesulitannya. Sebagian besar fitur memang mengadaptasi dari RO, namun ada juga beberapa fitur yang mengadaptasi RO 2, salah satunya adalah fitur card-nya. Seperti RO 2, dalam game ini kamu hanya bisa meng-equip kartu di karakter, berbeda dengan RO yang memasangkan kartu di perlengkapan karakter.

Game ini menyediakan beberapa class dasar dan sampai saat ini pihak pengembang baru mengkonfirmasikan satu class lanjutan saja, tidak bercabang seperti RO. Game ini juga baru saja menyelesaikan tes pertamanya yang khusus dimainkan di China akhir bulan lalu, dan masih belum ada konfirmasi lebih lanjut apakah nantinya akan membuka pendaftaran untuk region lainnya, bukan hanya di China saja.

[Sumber: MMOCulture]


SHARE
Previous articleNIS America Siap Merilis Versi US Danganronpa, Danganronpa: Trigger Happy Havoc!
Next articleiPhone 5 Versi Murah Kembali Menampakkan Diri, Casingnya Terbuat Dari Plastik
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.