Lumia 1020 aka Nokia EOS Akan Menjadi Smartphone Windows Phone Terkuat!

Dua hari menjelang rencana event tunggal Nokia, yaitu #ZoomParty di New York untuk meluncurkan flagship Windows Phona 8 baru mereka, yang sementara ini disebut sebagai Nokia Lumia 1020 (atau Lumia 909), beberapa bocoran baru muncul menambah rasa penasaran kita akan smartphone dengan kemampuan fotografi profesional yang menjadi penerus dari Nokia 808 PureView.

Pertama, Lumia 1020 / 909 / EOS (atau apa pun nantiny Nokia menyebut Lumia baru dengan kamera 41-megapixel ini) bakal didukung dengan baterai berkapasitas besar untuk mendukung semua fungsi kameranya. Setidaknya kamu mendapatkan tambahan kapasitas 1,020-mAh dari 2000-mAh pada Lumia 920, dengan total sekitar 3000-mAh, menjadikan Nokia ESO ini pasti makin berat, gemuk, dan seharusnya juga memperbaiki handling ketika mengoperasikan fungsi kameranya. Selain memperbesar ukurannya, bagian casingnya yang cembung karena adanya baterai berkapasitas besar tersebut juga dimanfaatkan Nokia untuk menempatkan sebuah dudukan aksesoris tripod, selain aksesoris khusus camera grip yang kabarnya akan dijual terpisah dengan perkiraan harga $70.

Bocoran lainnya sehubungan dengan kemampuan megapixel Nokia EOS ini, yang sepertinya akan menjadi pilihan menarik para penikmat fotografi mobile. Sensor 41-megapixelnya dilaporkan mampu menangkap foto 32-megapixel dan 5-megapixel bersamaan, dengan aspect ratio 16:9, atau bisa juga satu 38-megapixel dengan ratio 4:3. Untuk foto 5-megapixelnya bakal di oversample dengan  menggabungkan tujuh pixel menjadi satu “super pixel,” sehingga membantu untuk mengurangi noise, meningkatkan akurasi warna, dan juga ketajaman. Selain itu yang banyak ditunggu oleh mereka para pengguna Lumia 920, dan membanggakan kemampuan smartphone tersebut mengambil foto yang begitu baik dalam kondisi minim cahaya adalah adanya optical image stabilization (OIS) dengan bukaan lensa Carl Zeiss-nya yang mencapai F2.2.

 photo cameracample1_zpsd8f612c6.jpg

Nokia juga memasukkan aplikasi Pro Camera, yang membantu kita yang ingin lebih pro, dengan pengaturan seperti memilih ISO secara manual, white balance, focus, kecepatan shutter, dan juga setting flash-nya, yang sebelumnya sudah disebutkan dengan dua lampu berjenis Xenon serta LED. Kemudian apa yang membuat Lumia 1020 ini spesial, untuk pertama kalinya di jajaran Windows Phone, Nokia memilih konfigurasi yang sangat tinggi, melalui jatah RAM 2 GB dan internal storage 32-GB, yang sayangnya tidak bisa diperbesar melalui slot micro-SD, karena memang tubuhnya dibalut casing unibody. Selain itu, kita juga bisa menemukan fitur pelengkap seperti koneksi NFC, radio FM, ayunan tangan untuk mematikan suara (flip to silence, dan juga wireless charging.

 photo cameracample2_zps6831a8f0.jpg

Nokia kabarnya berencana menjual flagshop ini dengan harga sekitar US $600 dengan tiga pilihan warna, kuning, putih dan hitam. Kemudian mengiringi beberapa kabar terbarunya, kemarin juga muncul beberapa foto yang diklaim menjadi hasil sample foto sensor kameranya, yang bisa kamu lihat di atas.

Spesifikasi sementara Nokia Lumia 909 / Lumia 1020 / Nokia EOS

  • Memiliki optical image stabilization (OIS) untuk mendukung aktivitas memotret di kondisi minim cahaya
  • Mengambil foto 32MP dan 5MP bersamaan pada ratio 16:9
  • Hasil foto 5MP dihasilkan melalui proses oversample dengan menggabungkan 7pixel menjadi satu “super pixel”
  • Juga bisa mengambil foto 38MP pada ratio 4:3
  • Nokia 909 menjadi nama awalnya, namun nantinya akan tetap dirilis sebagai Lumia 1020
  • Jatah 2GB RAM, meningkat 1GB dibandingkan semua Windows Phone 8 kelas atas yang eksis di pasaran
  • Internal storage 32GB, yang sayangnya minus micro SD
  • Langsung menjalankan Windows Phone 8 dengan versi software 8.0.10322.71
  • Ada radio FM
  • Flip to silence
  • NFC
  • Optional wireless charging backplate

SHARE
Previous articleStar Wars Juga Akan Masuk ke Kingdom Hearts III?
Next articleSetelah iOS Kini FIFA 13 Dirilis di Windows Phone, Dan Eksklusif Untuk Nokia Lumia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.