Microsoft Hadir Selama TGS 2013, Namun Tidak Akan Ada Xbox One di Jepang Tahun Ini

Seperti yang kami beritakan sebelumnya, Microsoft akan terfokus pada negara tertentu ketika mereka merilis Xbox One (yang rumornya) 27 November 2013 mendatang. Sebagian besar Amerika dan Eropa terpilih menjadi menjadi negara Tier 1, dan mendapatkan Xbox One lebih awal dengan harga US $499 di Amerika, £429 di UK, dan 499 euro di Eropa. Apa yang membingungkan adalah daftar negara-negara Tier 1 itu memang tidak memasukkan Jepang, salah satu pasar yang selalu berusaha ditembus oleh Microsoft selama ini.

Negara Tier 1 yang dimaksud antara lain, Australia, Austria, Belgia, Brazil, Kanada, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Rusia, Spanyol, Swedia, Swiss, Inggris Raya, dan Amerika Serikat. Dan hanya di negara tersebut saja layanan Xbox Live bakal dibuka, yang artinya, untuk bermain offline, kamu perlu online sekali saja di salah satu dari 21 negara dimana layanan Xbox Live beroperasi, sebelum bisa memboyongnya di negara di luar Tier 1 tersebut. Sedangkan untuk negara Tier 2, seperti Asia baru akan mendapatkannya akhir tahun depan. Itupun hanya beberapa negara saja, seperti Taiwan, Hong Kong, Singapura dan India. Yang menarik, sampai saat ini masih belum ada jadwal rilis untuk Jepang yang notabene adalah salah satu kiblat game di dunia. Namun melalui press briefing yang digelar Microsoft Japan awal Juli kemarin, kita mendapat petunjuk kapan sebenarnya Xbox One akan dirilis di Jepang.

Pernyataan pers Microsoft Japan tersebut sebenarnya berisi rencana dan strategi mereka selama tahun fiskal 2014. Sayangnya, presentasi yang mereka paparkan tidak banyak menyinggung mengenai Xbox One. Namun sumber kami, 4gamer.net berhasil mengadakan wawancara dengan president dan CEO Microsoft Japan Yasuyuki Higuchi, dan mendapatkan beberapa kejelasan bagaimana Xbox One nanti dirilis di Jepang.

For the launch of Xbox One Japan is a Tier 2 country and not a Tier 1 country, so it’ll come with the second wave, that will be delayed a little bit [compared to North America]. 

Menurut Higuchi, Jepang yang masuk negara Tier 2 akan menyusul mendapatkan Xbox One setelah Amerika dan Eropa. Dia juga beranggapan, XBox One dikembangkan menurut gaya hidup Barat, dan pihaknya saat ini pun tengah berpikir apakah akan merilisnya di Jepang atau tidak. Dia menambahkan, pihaknya masih berupaya mencari cara bagaimana menyalurkan beberapa fitur unggulan utama Xbox One, yaitu layanan musik dan video, untuk pasar gamer di Jepang.

Selain itu Higuchi juga memastikan, jika Xbox One tidak akan dirilis tahun 2013 ini, namun tidak akan mundur terlalu jauh di belakang perilisan di Amerika. Dari pernyataannya itu, sepertinya bisa disimpulkan, Xbox One akan muncul paling tidak awal-pertengahan 2014 mendatang.

Sumber kami juga menuliskan, jika Xbox One dikonsep sebagai sebuah sarana pusat hiburan di ruang keluarga. Sedangkan di Jepang, sebagian besar gamer (khususnya pemilik Xbox 360) adalah gamer hardcore, dengan kebiasaan menyimpan konsol di kamar tidur, daripada di ruang keluarga. Dan merka mungkin baru akan memiliki ruang keluarha ketika sudah menikah.

Selain itu, Higuchi juga mengungkapkan jika di Jepang saat ini pasar game juga sudah berubah. Kini ada banyak gamer yang meninggalkan konsolnya, dan menggunakan tablet serta smartphone untuk bermain game. Akan sulit memperbesar pangsa pasar, jika membuat konsol yang lebih ditujukan sebagai pusat hiburan di ruang keluarga. Higuchi juga mengaku masih belum memutuskan bagaimana pihaknya akan menghadirkan content yang terintegrasi dengan televisi (karena aturan di Jepang berbeda dengan di Barat) dan juga pengendalian melalui perintah suara Kinect.

Sepertinya Microsoft Japan masih perlu memikirkan banyak hal sebelum merepa menyiapkan apa content yang cocok yang bakal diberikan melalui Xbox One untuk gamer Jepang. Karena tidak mungkin mereka menawarkan program pertandingan NFL seperti yang diunggulan sebagai salah satu content utama di Amerika untuk pasar Jepang. Kita tunggu saja apa yang sedang disiapkan Microsoft Jepang selama Tokyo Game Show 2013 pertengahan September mendatang. Oh ya, tidak seperti tahun lalu dimana Microsoft absen, kali ini mereka sudah pasti hadir di acara tersebut.

Sumber: 4Gamer


SHARE
Previous articleRovio Siapkan Angry Birds Go dengan Genre Baru?
Next articleDetail Para Penjahat di Guardians of the Galaxy Terungkap!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.