Setelah iOS Kini FIFA 13 Dirilis di Windows Phone, Dan Eksklusif Untuk Nokia Lumia

FIFA 13 memang bukan game baru, karena sudah dirilis 25 September lalu di hampir semua platform, kecuali Nintendo DS. Selain untuk handheld, konsol dan PC, game sepakbola terlaris dari Electronic Arts itu (terjual lebih dari 15 juta kopi di semua platform) juga muncul untuk mobile, dan yang pertama mendapatkannya tidak lain iOS-nya Apple. Dan seperti biasa, tidak lama setelah versi iOS-nya  berkuasa, versi mobile itu di-port untuk platform lainnya. Android? Bukan, Electronic Arts lebih suka memberikan game mereka untuk platform mobile yang kini terus berkembang, Windows Phone.

Yup, di luar dugaan memang, karena biasanya setelah iOS kita mendapatkannya untuk Android, dan justru Windows Phone belakangan. Namun FIFA 13 ini sudah bisa dinikmati pengguna OS-nya Microsoft itu mulai kemarin melalui pasar digitalnya Windows Phone, sekaligus juga mendukung Xbox Live. Tapi tunggu dulu, ada syarat khusus agar pengguna Windows Phone bisa memainkannya… harus menggunakan smartphone dari Nokia, yaitu seri Lumia!

Yup, publisher versi Windows Phone ini tidak lain adalah Nokia sendiri, dan mendukung hampir semua perangkat Lumia mereka, mulai yang beresolusi WVGA (480×800) seperti Lumia 820 hingga resolusi WXGA (768×1280) seperti pada Lumia 920. Seperti versi iOS-nya, Nokia menjual game dengan ukuran data yang mencapai 950 MB ini dengan harga US $4.99 (bandingkan dengan versi iOS yang harganya $6.99). Memang ukurannya hanya separuh dari versi iOS, namun ternyata fitur yang ditawarkan cukup banyak. Mulai 30 liga, 500 team berlisensi dengan 15,000 pemain, dan 32 stadion asli yang bisa kamu pilih (ya, sama seperti yang ditawarkan untuk versi iOS).

Seperti Real Soccer 2013, game sepak bola lainnya di platform ini, FIFA 13 menawarkan grafis dengan poligon yang cukup tinggi ketika kamu melihat mereka dalam tampilan close up, namun detail akan berkurang selama permainan dengan kamera menyorot dari jarak jauh. Lalu kamu juga menemukan tombol Skill Move, yang bisa kamu sentuh ke berbagai arah untuk melakukan beberapa gerakan yang berbeda.

Oh ya, sayangnya lagi, mengingat game ini termasuk berat dengan kualitas grafis yang wah, untuk memainkannya lancar setidaknya kamu perlu Lumia dengan minimal RAM 1 GB, dan itu artinya banyak Lumia yang lebih besar populasinya seperti Lumia 520, 620 dan 720 (bahkan yang high class seperti Lumia 900) tidak bisa memainkannya.

Kabar buruknya lagi, kamu tidak mendapat satu fitur unggulan versi iOS-nya di sini, yaitu online multiplayer. Sangat disayangkan memang, karena banyak game lain di Windows Phone 8, seperti dari Gameloft dengan Asphalt 7 dan Modern Combat 4 juga bisa menjalankan online-multiplayer secara real-time. Selain itu, jika di iOS kamu juga disuguhi In-App Purchases (IAP) dan opsi untuk menyimpan data save di cloud storage (agar bisa melanjutkan permainan meskipun berganti smartphone), di versi Windows Phone 8 ini kamu tidak mendapatkannya.


SHARE
Previous articleLumia 1020 aka Nokia EOS Akan Menjadi Smartphone Windows Phone Terkuat!
Next articleRovio Siapkan Angry Birds Go dengan Genre Baru?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.