Bagian Strategi Mobile Square Enix, Deus Ex: The Fall Siap Dirilis Untuk iOS dan Android

 

Deus-EX-The-Fall-3

Deus-EX-The-Fall-2

Pertama kali dikonfirmasikan awal Juni lalu, Square Enix akan menghadirkan Deus Ex: The Fall untuk smartphone dan tablet. Game tersebut menjadi kelanjutan cerita dari versi novelnya, Deus Ex: The Icarus Effect, sehingga bisa dipastikan cerita yang kompleks menjadi salah satu daya tariknya. Akhir pekan lalu Square Enix memastikan kapan game ini dirilis, yaitu besok, 11 Juli 2013.

Deus-EX-The-Fall-6

Dalam game ini kamu mengendalikan Ben Saxon, seorang augmented mercenary yang merupakan mantan anggota British Special Air Service, dan mengambil setting tahun 2027, atau masih sama dengan setting yang diambil game konsolnya, Deus Ex: Human Revolution. Menurut Square Enix, kamu bisa menemukan elemen utama game konsolnya, seperti eksplorasi, action, hacking, stealth, aspek sosial seperti hubungan karakter dengan NPC, dan juga adanya opsi pilihan dengan konsekuensi yang mempengaruhi skenario permainan.

Deus-EX-The-Fall-4

Game ini dikembangkan oleh developer N-Fusion, dan atas arahan dari Eidos Montreal. Nama developer tersebut mungkin asing, karena sebelumnya memang lebih banyak bergerak di mobile, Wii serta PC Windows, seperti melalui seri game berburu binatang Cabela’s, atau yang mendapatkan penghargaan sebagai salah satu game terbaik App Store-nya Apple, yaitu Air Mail. Developer sendiri mengembangkan Deus Ex: The Fall ini menggunakan engine Unity.

Deus-EX-The-Fall-7

Sebuah demo diberikan selama event E3 2013 lalu, menunjukkan seperti apa translasi gameplay action RPG yang sarat unsur stealth dan hack dari konsolnya diterapkan untuk pengendalian berbasis touch screen yang lebih terbatas. Kontrol di sini sepenuhnya diserahkan pada tombol virtual pada layar, dan tipikal game action lain untuk mobile. Seperti ibu jari kiri untuk menggerakkan karaktermu, dan ibu jari kanan untuk melihat keadaan sekeliling. Selain itu juga ada fitur kontrol untuk mempermudah pergerakan, cukup sentuh (dua kali) di lokasi yang terlihat pada peta, dimana kamu mau si Ben berjalan ke arahnya. Ketika mau melakukan stealth juga demikian, kamu cukup sentuh sudut dinding, dia akan berjalan ke arahnya, dan sapukan jari berlawanan arah untuk membuatnya berhenti, lalu sambil mengintip ada apa di sisi lain dinding tersebut.

Deus-EX-The-Fall-11

Beberapa fitur lain dari game konsolnya yang kembali di sini seperti mini-game hacking, ada email yang menjadi sarana komunikasi, banyak dokumen untuk dibaca, aktivitas augmentation yang membutuhkan credit yang didapatkan sepanjang permainan, dan tentu saja, jika butuh lebih banyak credit, Square Enix selalu menyediakan banyak pilihan in-app purchase (IAP) untuk mengurangi limit kartu kreditmu dengan membeli credit dan mempercepat upgrade.

Deus-EX-The-Fall-5

Meskipun ada IAP di dalam permainan, game ini tidak gratis, kamu perlu membelinya dengan harga US $6.99 ketika dirilis untuk iOS besok. Sedangkan versi Android-nya, seperti game Square Enix lainnya, masih perlu menunggu, dan semoga tidak terlalu lama. Oh ya, yang dirilis besok adalah bagian pertamanya saja lho, dari rencana membuat The Fall sebagai sebuah serial game khusus platform mobile (belum disebutkan sampai berapa seri). Dan klaim Square Enix sendiri, satu seri The Fall ini bisa kamu mainkan sepanjang enam jam.

Deus-EX-The-Fall-8

Menurut Square Enix, hadirnya The Fall untuk mobile menjadi bagian dari komitmen mereka untuk menghadirkan sarana hiburan yang berkualitas di smartphone dan tablet, dan menjadi salah satu bagian strategi mereka tahun ini yang mengalihkan pusat perhatiannya pada platform mobile. Seperti kita ketahui sebelumnya, untuk tahun fiskal 2012 lalu Square Enix melaporkan kerugian yang cukup besar dari bisnis video game, dan judul-judul konsol yang diharapkan mampu mendongkrak angka penjualan pun tidak bisa berbuat banyak. Justru game-game mobile seperti Final Fantasy Airborne Brigade dan game card battle RPG Kaku-San-Sei Million Arthur justru memberikan keuntungan yang oleh mereka disebutkan cukup besar.

Deus-EX-The-Fall-12

Yah, semoga langkah The Fall yang dikembangkan dari nol khusus untuk mobile ini mampu mencapai prestasi beberapa game mobile Square Enix lainnya yang cukup konsumtif, dan mendatangkan keuntungan yang mungkin belum lengkap dicapai oleh Deus Ex: Human Revolution. Dan seandainya startegi baru Square Enix ini lebih sukses dibandingkan versi konsolnya, penulis yakin akan ada lebih banyak developer lain yang mengikui jejaknya, juga fokus mengembangkan game untuk platform mobile.

Deus Ex: The Fall – Announcement

Deus Ex: The Fall – E3 2013 Trailer

Sumber: Official Website


SHARE
Previous articleCity Interactive Pastikan Alien Rage Dirilis September, Shooter Modern Bergaya Old-School
Next articleFounder Studio Ghibli Mengeluarkan Trailer Kaguya-hime no Monogatari!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.