Guide: Tips-tips Memainkan Animal Crossing: New Leaf

Meski sudah dirilis sebulan yang lalu (tepatnya tanggal 9 Juni 2013), Animal Crossing: New Leaf (ANCL) di 3DS benar-benar memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan untuk para pemainnya, terutama bagi para penggemar setia serial AC. Kali ini kita akan memberikan tips-tips memainkan ANCL sehingga kamu bisa memudahkanmu dan menikmati permainannya dengan nyaman.

1. Berjalanlah, Jangan Berlari

Jika kalian lari, maka serangga dan ikan akan ketakutan. Bunga-bunga juga dapat rusak. Jadi lakukanlah semuanya perlahan dengan berjalan. Mungkin kalian juga bisa mencoba untuk berjalan di dunia nyata. Semua item yang bernilai fan-service tersedia melalui fortune cookies, yang hanya bisa kalian beli memakai 3DS play coin, yang bisa kalian dapatkan dengan berjalan-jalan bersama 3DS kalian dalam kondisi sleep, bukan mati. Item yang saya maksud adalah benda-benda seperti Link’s clothes atau ? block. Intinya kalau kalian ingin sehat plus mendapatkan item spesial di Animal Crossing, berjalan-jalanlah dengan 3DS kalian.

Selain itu, semakin kamu sering berlari di kota, maka rumput pun akan semakin menipis. Dan untuk menumbuhkannya kamu perlu menanam pohon atau bunga-bunga untuk menumbuhkan rumput di daerah yang tandus. Tentu untuk menumbuhkan rumput ini sangat lama.

Jika kamu ingin berlari dengan aman, kamu perlu membangun jalan di kotamu dengan baik, sehingga para rerumputan akan aman, tidak terinjak kakimu.

2.Pelajarilah Rutinitas Harian

Kamu harus mempelajari hal-hal yang perlu kamu lakukan setiap harinya. Pastikan setiap harinya kamu menyisihkan waktu untuk merawat kota yang kamu miliki. Pertama-tama, kamu harus menyirami bunga-bunga di kota sehingga mereka tidak kering. Untuk memudahkan pekerjaanmu, kamu dapat menempatkan bunga-bunga tersebut pada satu daerah saja. Kemudian, saatnya kamu mengguncang pepohonan, siapa sangka ada koin jatuh. Biasanya setiap hari, terdapat 5 pohon yang berisi sarang lebah dan 2 pohon berisi sepotong furnitur secara acak.

Kamu juga harus waspada terhadap retakan di tanah, gunakan sekop untuk menggali lubang tersebut. Biasanya retakan ini letaknya acak, dan berisi fosil tertentu untuk dimasukan museum.

3. Dapatkan Harta dari Bebatuan

Tiap harinya, kamu akan menemukan bebatuan secara acak. Kamu dapat memukul mereka dengan sekop untuk mendapatkan Bell. Bebatuan ini dapat dipukul beberapa kali, tetapi terkadang kamu akan terpental ke belakang ketika memukul batu tersebut. Trik untuk mengakalinya adalah dengan membuat sebuah lubang tepat dibelakangmu, dan lanjutkan memukul batu tersebut. Kamu tidak akan terpental jauh, karena tertahan lubang yang kamu buat sebelumnya.

Bebatuan juga terkadang akan menjatuhkan gemstone. Gem ini dapat dijual pada Re-Tail Shop untuk mendapatkan sejumlah Bell. Atau dapat kamu berikan kepada Cyrus dengan furnitur customable yang kamu miliki untuk mendapatkan furniture dengan warna dari gem yang kamu berikan.

4. Sumbangkan Spesies Mahkluk Baru untuk Museum

Di ACNL terdapat museum, yang tidak terlalu berguna. Tidak sampai kalian mengisi museum tersebut sendiri. Kalian pasti cenderung menjual barang-barang kalian untuk mendapatkan bell, tapi kita amat menyarankan untuk segera menyumbangkan apa yang kalian dapat secepat mungkin. Dengan begitu kalian akan mendapatkan bantuan donasi lebih cepat, kalian tidak akan perlu khawatir lagi setelah itu.

Minimal, pikir dua kali untuk menyumbangkan benda-benda langka yang kalian temukan (kalian akan tahu itu termasuk benda langka ketika karakter kalian mengatakan sesuatu dengan huruf besar, seperti OMIGOSH). Memang mungkin benda langka akan memberikan bells dalam jummlah besar, namun kamu pasti tidak yakin akan menemukan benda-benda langka tersebut lagi, kan? Contohnya, Coelacanth di setiap game hanya ada satu, sumbangkan saja ke museum.

Tidak peduli seberapa langka spesies baru yang kamu dapatkan, pastikan kamu menyumbangkan mereka kepada museum. Sebab dengan menyumbangkan ke museum, spesies baru tersebut akan dicatat pada ensiklopedia milik mereka. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari momen menjengkelkan pada akhir tahun tentang daftar kekurangan figure spesies baru dari ensiklopedi milik museum tersebut. Keunggulan lain untuk kamu yang rajin menyumbangkan spesies yang baru ke museum adalah membuka peralatan baru dan juga desain rumah baru.

5. Dapatkan Closet

Dengan adanya fitur dekorasi pada rumahmu, kamu dapat mempermudah permainan dengan mebangun Closet dengan jenis apapun yang kamu inginkan. Kenapa closet? Sebab dengan membangun closet, kamu dapat menyimpan barang-barang yang kamu dapatkan hingga totalnya 180 barang. Dengan demikian, kamu dapat menyimpan apa saja seperti baju yang mengubah penampilanmu, furniture baru, dan item-item lainnya. Lebih uniknya lagi, closet yang kamu miliki ini akan terhubung dengan box-box penyimpan barang lainnya yang tersebar di seluruh kota.

6. Ubah Waktu Toko dengan Ordinasi

Kamu bisa memilih satu ordinasi saja dan akan aktif setiap saatnya. Namun, waktu yang direkomendasikan adalah antara Early Bird atau Night Owl, tergantung kapan kamu memainkannya. Para former akan membuka toko lebih awal tiga jam dari biasanya. Sedangkan para latter akan membuka toko lebih lama tiga jam dari biasanya. Ordinasi waktu ini sangat penting karena dapat menyesuaikan dengan jam main di dunia nyatamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu untuk tetap memperindah kotamu dengan membuat para warga desa menyirami para tanaman. Hal ini menyebabkan kotamu dapat menghindarkan diri dari rumput liar dan para kecoak.

7. Bersabarlah, High Street akan Berkembang

Tenang saja, pada awal permainan, pasti kamu akan merasa bahwa kota yang kamu bangun akan terlihat tandus. Namun jangan khawatir, sebab semuanya akan berubah sejalan dengan waktu permainanmu. Tentunya, kamu harus melakukan sesuatu untuk memperbesar kota.

– T&T Mart: Kamu bisa membangun atau meng-upgrade market ini dengan cara membangun rumah dari tenda sebelumnya lalu menghabiskan 12.000 Bell untuk berbelanja di Nookling Junction atau berbelanja 15 item disana.

– Club LOL: Setelah pembukaaan T&T Mart, Dr. Shrunk akan datang ke kota dan memintamu untuk membuka Club LOL dan meminta petisi dimana harus ditanda tangani oleh 6 orang warga. Dapatkan semua tanda tangan untuk membuat Dr.Shrunk segera melakukan pembangunan.

– Garden Shop: Setelah kamu melakukan 30 Garden Task yang berisi berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan perkebunan, maka Garden Shop akan memulai pembangunan di kotamu.

– Kick: Toko sepatu yang memulai pembangunan setelah 10 hari kamu menjadi mayor di kotamu dan menghabiskan 8.000 Bell untuk berbelanja di Able Sister’s Shop.

– Super T&T: T&T Mart yang kamu miliki akan mulai pembangunan lebih besar ketika kamu telah memiliki T&T Mart dan Garden Shop selama sepuluh hari dan sudah berbelanja 25.000 Bell di T&T Mart.

– Shampoodle: Ketika sudah memiliki Kick selama 7 hari, berbelanjalah 7.000 lagi di Kick ataupun Able Sister untuk membuka Shampoodle yang dibuka pada lantai 2 dari Able Sister’s Shop.

– TIY: Miliki Super T&T selama 21 hari dan berbelanjalah disana dengan total 50.000 Bell untuk melakukan pembangunan Nookling Junction versi keempat.

– T&T Emporium: Miliki Super TIY selama 30 hari, dan berbelanjalah disana dengan menghabiskan 100.000 Bell untuk membuka Emporium, toko paling besar di game ini.

8. Gunakan Katalog

Ketika kamu telah membangun Y&T Mart, kamu dapat memulai menggunakan katalog. Terdapat 2 keuntungan ketika kamu menggunakan katalog.

Pertama, kamu dapat mendaftar barang-barang yang ada dengan mudah karena akan terbagi menjadi beberapa tipe barang. Lalu jika kamu pengumpul hewan, maka katalog ini akan berguna seperti Pokedex pada seri Pokemon.

Kedua, jika kamu sudah tidak memiliki suatu barang dan tiba-tiba kamu membutuhkannya, kamu dapat memesan barang tersebut dengan harga standart. Keesokan harinya barang yang kamu pesan akan tersedia di kotak suratmu.

Namun tidak semua barang bisa kamu beli kembali. Jadi, simpan semua barang langka milikmu.

9. Manfaatkan Mesin Automatic Bell Dispencer

Pada Post Office terdapat ABD (Automatic Bell Dispencer). Gunanya seperti ATM, jadi dengan menggunakan mesin itu, kamu bisa menabung atau mengambil uang. Memang pada awal permainan mesin ini tampak tidak berguna, karena kamu pasti akan menghabiskan uangmu untuk melakukan pembangunan atau pembelanjaan barang lainnya.

Namun, nantinya kegiatan menabung ini akan memberikanmu keuntungan. Setiap menabung, dan memenuhi kriteria, kamu akan mendapatkan berbagai hadiah. Berikut ini list hadiah yang bisa kamu dapatkan:

– 100,000Bell- Tissue Box
– 500,000Bell- Letter Set
– 1 jutaBell- Piggy Bank
– 5 jutaBell- Aluminum Case
– 10 jutaBell- Post Office Poster
– 20 jutaBell- Safe
– 50 jutaBell- Deliveryman Cap
– 100 jutaBell– ATM

Di atas itu, kamu akan mendapatkan bunga sebesar 0.5% dari tabunganmu. Jadi misalnya kamu memiliki 100 juta Dell, maka diawal bulan kamu akan mendapatkan 500.000 Bell secara cuma-cuma.

10. Jangan Percaya pada Redd

Redd memang akan menjual karya seni yang berharga. Dia hanya muncul di kotamu seminggu sekali dan menjual empat karya seni saja. Namun, beberapa dari karya seninya ada yang palsu, tentu saja ketika kamu mendapatkan karya seni yang palsu, maka sama saja dengan membuang Bell saja. Tetapi jika kamu mendapatkan yang asli, kamu bisa menjualnya di Museum untuk mendapatkan banyak Bell. Sebenarnya kamu bisa mengetahui mana yang asli dan palsu. Namun tidak semua orang sadar akan hal itu.

Lanjut ke halaman 2 ya.