Guide: Tips-tips Memainkan Animal Crossing: New Leaf

Meski sudah dirilis sebulan yang lalu (tepatnya tanggal 9 Juni 2013), Animal Crossing: New Leaf (ANCL) di 3DS benar-benar memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan untuk para pemainnya, terutama bagi para penggemar setia serial AC. Kali ini kita akan memberikan tips-tips memainkan ANCL sehingga kamu bisa memudahkanmu dan menikmati permainannya dengan nyaman.

11. Turnip Tak Sebegitu Penting Lagi

Setiap minggu pagi hingga siang, kamu dapat membeli Turnip dari Joan sang babi hutan. Dia akan menjual Turnip sekitar 90 hingga 110 per bijinya. Kamu bisa membeli sebanyak yang kamu inginkan. Turnip yang kamu beli ini, dapat kamu jual kembali di Re-Tail shop dengan harga yang acak. Bisa jadi Turnip tersebut akan lebih mahal, atau malah lebih murah dari harga belinya. Dalam sehari, harga di Re-Tail shop akan berubah 2 kali. Namun jika kamu tidak menemukan harga yang cocok, lama kelamaan Turnip yang kamu beli akan busuk dan harus membayar lagi untuk menyingkirkan mereka.

12. Sering Jalan-jalan ke Pulau Tropis

Memperlebar rumah dan mendanai pengembangan kota sangatlah mahal. Namun jika kalian benar-benar serius, kita sarankan secara rutin mengunjungi pulau tropis yang tersedia bagi kalian setiap satu dua minggu-nya di New Leaf.

Pulau ini akan memberikan banyak ikan dan serangga daripada kota kalian, dan juga berbagai macam makhluk eksotis tinggal di situ. Pasti kalian sudah tahu, kalau benda-benda eksotis yang pastinya menghasilkan banyak Bell. Tapi itu bukan berarti kalian harus mengabaikan kota kalian, karena di kota kalian sendiri juga ada ikan dan serangga yang tidak ada di pulau tropis ini alias ekslusif.

Setelah membangun rumah, Tom Nook akan meminta 39.800 Bell. Jika kamu memberikannya, kini kamu dapat mampir di sebuah pulau tropis, dengan cara membayar 1.000 Bell kepada Kappn di pantai.

Pulau ini menyediakan berbagai tour yang dapat kamu akses. Tentu dalam setiap tour, terdapat mini-game yang harus kamu selesaikan untuk mendapatkan medali sebagai hadiahnya. Medali ini dapat kamu gunakan untuk membeli barang-barang di pulau tersebut, misalnya saja baju renang.

Selain itu, salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan adalah memancing dan berburu serangga. Gyroid akan menyediakan alat untuk berburu, tetapi kamu harus membayar untuk meminjamnya. Semakin langka tangkapanmu, semakin besar harga tangkapannya. Harga tangkapan langkamu bisa mencapai 100.000 hingga 400.000 Bell loh.. Masukan mereka ke Drop-Box dan bawa pulang ke kota dan jual di Re-Tail shop. Jangan lupa untuk diabadikan di museum juga yah.

13. Perhatikan Tangkapan Besarmu Dalam Memancing dan Berburu Serangga

Untuk memancing, cara paling tepat untuk memperhatikan tangkapanmu adalah dengan memperbesar volume suara permainan atau menggunakan headset untuk lebih fokus. Pastikan, kamu memencet tombol “A” dengan cepat setelah mendengat cipratan air. Setiap tangkapan memiliki suara cipratan air yang berbeda, jadi lebih besar suara tangkapannya, maka ikan yang kamu tangkap akan lebih langka juga. Selain itu, kamu dapat memperhatikan bayangan para ikan diatas permukaan air. Semakin besar, ikan tersebut akan berharga semakin mahal pula.

Sedangkan untuk berburu serangga, cara paling cepat untuk menangkap mereka adalah merayap dengan menahan tombol “A.” Namun untuk para serangga terlangka yang hinggap di pohon, cara ini tidak akan berguna. Sedikit membuat frustasi, jawabannya adalah melakukan gerakan yang lebih lambat dari merayap. Caranya adalah menggerakan diri ke target dengan menggerakan circle pad 3DS-mu secara perlahan. Dan kamu dapat menangkapnya ketika target benar-benar dekat dengan jala yang kamu pegang.

14. Jadikan Temanmu sebagai Sahabatmu

Saat gerbangmu terbuka, pemain lain bisa saja datang untuk bermain di kotamu selagi kamu bermain. Mereka dapat melakukan apa saja. Namun saya tegaskan untuk menerima teman yang hanya dapat kamu percayai saja. Sebab jika sembarangan, bisa saja mereka bukan membantumu, malahan merusak kota yang kamu bangun. Misalnya saja banyak rumput atau tanaman rusak, pohon-pohon tumbang, atau yang paling parah barang-barangmu dicuri.

Keunikan menjadi sahabat (Best Friend) lainnya adalah kamu dapat mengirim pesan dengan mereka tanpa harus bertemu dulu di kotamu. Hanya dengan mengirim melalui ikon hati dengan touchscreen, cari namanya, dan tulis pesanmu.

15. Bangun Public Work Project yang Paling Berguna

Sebagai seorang walikota, kamu harus mengelola Public Work Project dengan baik. Tentunya, kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dulu untuk menikmati keunggulannya. Berikut ini merupakan daftar Public Work Project yang memberikan keunikan kotamu:

–  Dream Suit: Seminggu setelah mengaktifkan fitur Public Work Project, pastikan ada satu project yang terhubung secara online. Nantinya kamu akan menemukan Isabelle yang sedang tertidur di kantormu. Berbicaralah dengan dia untuk menambahkan proyek Dream Suit di daftar Public Work Project. Dream Suit memungkinkanmu untuk menjelajah kota-kota lain selagi kamu tertidur dan bebas melakukan apapun di kota tersebut, misalnya menghancurkannya. Namun kota ini hanya sebatas ilusi dan apa yang kamu lakukan tidak mempengaruhi kota aslinya.

– House of Fortune: Seminggu sekali Katrina akan mendirikan tenda di town square dan menawarkan peramalan nasib. Baca nasibmu 20 kali, dan dia akan memasukan House of Fortune di daftar Public Work Project milikmu.

– Museum 2nd Floor: Kamu harus menyumbangkan semua tipe barang yang diminta museum dengan total 20 barang. Sesudah itu, kamu perlu berbicara pada Blather selama 14 kali dalam hari yang berbeda untuk memasukan museum tingkat dua ini ke daftar projekmu.

– Café: Sesudah membangun museum lantai dua, tujuh hari setelah itu (ditambah total 40 barang yang telah disumbangkan), Blather akan mengusulkanmu untuk membangun Café. Meskipun hanya tempat membeli kopi, ketika kamu sudah 14 hari membeli kopi disana, kamu dapat bekerja sebagai penerima tamu di café tersebut dan tentunya kamu akan mendapat bayarannya.

– Police Station: Salah satu daftar yang dapat dibangun secara acak ketika kamu bercakap-cakap dengan wargamu. Ketika sudah berdiri, nantinya terdapat sebuah Anjing polisi yang mampu memberitahumu ketika terdapat pengunjung spesial yang datang di kotamu sekaligus memberikan barang gratis dari fitur Lost and Found.

– Manhole: Ini merupakan rumah baru bagi Mr Resetti. Ketika kamu meninggalkan permainan tanpa save, Resetti akan muncul dalam permainanmu berikutnya dan mengerang tentang hal itu. Ia tidak akan melakukan hal itu jika ia dibuatkan rumah baru. Akhirnya Manhole akan menjadi daftar proyek berikutnya.

16. Membuka Fitur Desain Furnitur

Jika kalian masih di awal-awal permainan, kalian pasti menyadari Cyrus, alpaca biru di Re-Tail shop, sudah tertidur sangat lama dan tidak menunjukkan tanda-tanda terbangun. Jangan khawatir, ia akan bangun saat tujuh hari. Saat ia terbangun, kalian perlu memenuhi tiga syarat sebelum menggunakan jasanya, Kalian perlu memiliki 50 pieces furnitur, minimal 10 jenis topi atasan, dan kalian harus bertransaksi sebesar 100,000 bells di Reese Re-Tail (membeli dan menjual).

Setelah melakukannyam Cyrus akan memberikan furnitur untuk dia desain. Ada beratus jenis furnitur yang bisa diubah (biasanya furnitur standar seperti bantal, kasur, dan sebagainya), dan suatu saat bisa dikombinasikan dengan gem yang kalian koleksi untuk membuat furnitur berwarna gem tersebut.

Lebih baik lagi kalau kalian memberinya tiga Gold Ores (Simpan saat kalian menemukannya) bersamaan dengan 10,000 bells dan ia akan memberimu furnitur Gold secara acak. Berbagai furnitur bisa kalian kustomisasi sendiri dengan desain kalian, atau desain yang orang lain buat (setelah melakukan scanning QR codes mereka).

17. Membuka Fitur QR Codes

Mungkin kalian sudah pernah melihat beberapa QR codes di Jepang yang hadir semenjak November tahun lalu. Mungkin kalian sempat terfikir bagaimana membaca dan menscan QR codes kalian sendiri.

Untuk membuka fitur ini, bicara ke Sable, sang Able Sister yang duduk di belakan mesin jahit di bagian kiri toko. Awalnya dia tidak akan berbicara banyak, namun tetap kunjungi dia setiap hari dan dia akan berubah menjadi lebih banyak bicara.

Setelah sepuluh hari ia akan memperbolehkan kalian menggunakan mesin jahitnya, yang mampu membaca QR code dan membuat sendiri dengan desain kustom. Kalian akan kami beri QR codes, tetapi untuk mencoba terlebih dahulu, ini ada QR code untuk kostum celtic football.

18. Upgrade Rumah Kalian

Mungkin saja saat kalian membaca ini kalian sedang keluar dari tenda kalian dan berada di rumah yang kecil. Atau mungkin kalian sudah meminta Tom Nook meng-upgrade rumah kalian pertama kali. Mungkin kalian sempat berfikir, berapa kali lagi untuk mencapai ukuran rumah besar. Beginilah prosesnya.

Diawali dari tenda, setidaknya perlu sembilan belas kali pembayaran. Awalnya ukuran rumah kalian adalah 4×4. Lalu bisa diupgrade ke 6×6 dan 8×8. Setelah itu kalian bisa menambahkan lantai dua dengan ukuran 4×4.

Di titik ini, kalian akan mendapatkan pilihan untuk menambahkan ruangan ekstra atau memperlebar ruangan yang sudah ada menjadi hingga 8×8. Pilihan ini merupakan  cara mendapatkan rumah terbesar dengan ukuran 8×8 di lantai dua, empat ruangan 8×8 di lantai satu, dan basement 8×8. Total biayanya adalah 7,595,800 bells.

19. Cara Menangkap Lebah

Sangat menyebalkan saat kita menggoyang pohon lalu mendapati sarang lebah jatuh dan lebah-lebah akan keluar menyerang. Mungkin ini tantangan karena ternyata lebah dapat ditangkap sebelum mereka dapat menyuntikkan sengat mereka.

Biasakan terlebih dahulu menggunakan D-pad. Setiap tool di inventori kalian bisa dipilih dengan menekan tombol kiri dan kanan melalui D-pad, sedangkan menekan bawah akan menempatkan tool. Sebelum menggoyang pohon, pastikan kalian memegang net, lalu tekan bawah di D-pad.

Goyang pohon dari samping, artinya kalian akan mendapati sarang lebah jatuh di sisi lain. Jika sudah jatuh, segera lari ke arah berlawanan tepatnya di agak keatas, jadi lebah akan terperangkap di belakang batang-batang pohon. Setelah berlari beberapa screen jauhnya, segera tekan kiri atau kanan di D-pad untuk mengeluarkan net, tahan A dan arahkan ke kedatangan lebah. Lepas saat yang tepat dan kalian akan mendapatkan lebah.

Lebah bernilai 2500 bells dan sarangnya sendiri akan memberikan ekstra 500 bell. Anggap ada lima sarang lebah setiap harinya, maka 15,000 bells setiap hari akan bisa kalian raih. Jika kalian tidak suka lebah dan sebal menangkapnya, kalian bisa membuka gerbang kota kalian. Entah karena suatu alasan, sarang lebah tidak akan muncul saat kalian melakukannya.

20. Temukan Peralatan Silver Dan Gold

Kalau kalian sudah memainkan Animal Crossing sebelumnya pasti sudah tahu bahwa setiap peralatan ada tipe silver dan gold-nya, dimana masing-masing akan lebih efisien daripada wujud defaultnya. Medapatkannya kali ini melalui proses yang berbeda sekarang, jadi kalau kalian terlanjur menimbun shovel kalian dengan harapan mendapatkan silver shovel, segera gali lagi. Beriku cara untuk mendapatkan peralatan special tersebut.

– Silver Shovel: Setelah membangun lantai dua dari museum dan mendonasikan 15 fosil, kalian bisa membelinya di toko museum. Ketika kalian memukul batu dengan silver shovel, terkadang kalian akan mendapatkan ores disamping Bells.

– Gold Shovel: Beli 50 fertiliser dari Garden Shop (Hanya bisa dibeli sekali daat upgrade Nookling’s shop ke TIY) lalu bicaralah ke Leif untuk mendapatkannya. Shovel ini bisa digunakan untuk menanam pohon uang.

– Silver Axe: Kalian bisa membelinya di island shop dengan delapan medal, tapi benda ini sangat langka kemunculannya. Kapak ini lebih tahan lama dan selalu meninggalkan stump langka ketika memotong pohon.

– Gold Axe: Beli 50 tree saplings dari Garden Shop lalu bicaralah ke Leif untuk mendapatkannya. Kapak ini tidak akan pernah bisa rusak dan dapat memotong pohon lebih cepat.

– Silver Net: Beli dari lantai dua museum setelah menyumbangkan 30 serangga. Net ini memiliki jarak tangkap lebih lebar dari net biasa.

– Gold Net: Bicara ke pembawa acara dari turnamen menangkap serangga setelah menangkap setiap jenis serangga dalam game. Jarak tangkapnya lebih besar dari silver net.

– Silver Fishing Rod: Beli dai lantai dua museum setelah donasi sebanyak 30 ikan. Ikan akan lebih terpancing menggigit sasaran dan gigitannya akan bertahan lebih lama.

– Gold Fishing Rod: Bicara ke pembawa acara tturnamen memancing setelah menangkap setiap ikan di game. Ikan akan lebih mudah tertangkap sasaran.

– Silver Watering Can: Beli 50 benih bunga dari Garden Shop dan bicara ke Leif untuk mendapatkannya. Jarak semprotnya lebih lebar dari biasa.

– Gold Watering Can: Bicara ke Isabelle setelah menjaga status ‘perfect town’ selama 15 hari. Jarak semprotnya akan lebih lebar lagi.

– Silver Slingshot: Di kesempatan yang langka kalian akan mendapati balon yang melayang dengan dua balon perak tertempel. Tembak jatuh dengan slingshot untuk mendapatkan silver slingshot, yang bisa menembakkan dua tembakan sekaligus.

– Gold Slingshot: Setelah mendapatkan silver slingshot, kalian sewaktu-waktu akan mendapati balon lagi namun dengan tiga balon emas menempelinya. Tembak jatuh dan kalian akan mendapatkannya. Gold slingshot akan menembakkan tiga peluru sekaligus.

Lanjut ke halaman 3 ya.


Suka bermain Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dan Chess Rush? Baca GGWP.ID untuk meningkatkan skill kamu agar lebih jago!
TENTANG PENULIS
duniaku

Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.