Guide: Tips-tips Memainkan Animal Crossing: New Leaf

Meski sudah dirilis sebulan yang lalu (tepatnya tanggal 9 Juni 2013), Animal Crossing: New Leaf (ANCL) di 3DS benar-benar memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan untuk para pemainnya, terutama bagi para penggemar setia serial AC. Kali ini kita akan memberikan tips-tips memainkan ANCL sehingga kamu bisa memudahkanmu dan menikmati permainannya dengan nyaman.

21. Tetap Antisipasi Special Sets

Banyak furnitur yang tidak bisa klaian dapatkan melalui toko dan hanya bisa diraih melalui cara lainnya.

Beberapa darinya adalah furnitur event yang diberikan oleh karakter spesial (kalian mungkin sudah mendapatkan beberapa furnitur bertemakan serangga dari keikutsertaan kalian di turnamen Bug-off setiap akhir minggu, atau mungkin kalian sudah menemukan Gulliver di pantai, dimana ia akan memberikan sebuah patung landmark jika kalian menjawab pertanyaannya dengan benar), dan masih banyak furnitur lainnya dengan berbagai cara mendapatkannya.

Contohnya adalah balon yang melayang. Balon ini bisa ditembak dengan slingshot dan akan memberikan furnitur bertemakan balon. Lalu saat kalian pergi menyelam di kota kalian saat Pascal sedang berada di sekitar maka kalian akan mendapati scallop, dia akan memintanya dan balik memberi kalian furnitur bertemakan bajak laut. Furnitur mermaid hanya bisa dibeli melalui island shop dengan medals yang diperoleh dari mini-games.

Mendapatkan satu-dua benda mungkin sudah cukup bagus tapi kalian harus berusaha lebih mendapatkan full set untuk meraih score Happy Home Academy yang lebih tinggi.

22. Happy Home Academy

Setiap pagi, tanpa kalian sadaari, Happy Home Academy akan mengecek rumah kalian dan memberikanscore berdasarkan furnitur kalian. Pada dasarnya, memiliki lebih banyak furnitur akan lebih baik, tetapi jenis  dan tata letak furnitur terkadang juga menjadi sama pentingnya dengan jumlah furnitur kalian. Patung Landmark (didapat dari Gulliver) akan berharga banyak point, namun cara lain yakni full set dari furnitur-furnitur bertema akan memberikan kalian banyak point bonus (apalagi kalau kalian memiliki wallpaper dan carpet yang sepadan).

Ada dua alasan kenapa membangun point HHA. Pertama untuk menjadi bahan yang dapat kalian pamerkan saat StreetPass karena point ini akan tampak berdampingan dengan rumah kalian.

Yang kedua adalah yang penting, dimana setiap kali kalian mendapatkan suatu pencapaian scorem maka kalian akan dikirimi item-item langka ke kotak surat yang tidak mungkin didapatkan dengan cara lain. Jika kalian berbicara dengan Lyle di toko Nook’s Homes (dia akan muncul saat pembayaran pertama kali kalian) maka ia akan berapa score kalian sementara dan akan memberi kalian saran furnitur apa yang akan memberikan rate tinggi bagi rumah kalian dan bagian mana yang bisa kalian tingkatkan.

23. Letakkan Peralatan yang Jarang Digunakan Di Surat

Kantong kalian memiliki space yang terbatas, dan akan jauh lebih terbatas lagi kalau kalian sudah menyimpan fishing rod, watering can, net, shovel, slingshot, dan megaphone di dalamnya.

Beberapa peralatan ini, terutama dua terakhir, sangat jarang digunakan tapi kalian pasti akan merasa membutuhkannya di saat-saat tertentu. Untuk menyimpan space di kantong kalian, buatlah surat untuk diri kalian sendiri dan simpan di kantong surat kalian (kantong ini memiliki sepuluhg space terpisah dari kantong utama)  dan attach peralatan tersebut ke surat sebagai hadiah.

Ketika kalian membutuhkannya, tujulah kantong surat kalian dan un-attach hadiahnya untuk mendapatkan kembali tool kalian lebih mudah.

24. Belajar Emosi dari Dr. Shrunk

Senyuman sumringah yang konstan dari tokoh villager jadi bahan guyonan semenjak ia dibeberkan menjadi salah satu karakter di Smash Bros Brawl. terbaru. Tapi sebenarnya karakter kalian ini bisa kok mengeluarkan berbagai emosi lainnya, mungkin kalian hanya belum bisa mengaksesnya.

Saat klub malam Club LOL sudah dibangun (lihat tip 7), masuklah di siang hari sebelum malam peresmian klub dibuka maka kalian akan menemukan komedian gagal Dr. Shrunk sedang bersih-bersih.

Beri dia buah (beri saja dia buah darikotakalian yang tidak terlalu berharga) maka ia akan menghibur kalian dengan candaan payahnya, dan mengajari kalian emosi baru. Kalian bisa memicu emosi tersebut lagi sewaktu-waktu melalui menu baru di layar sentuh 3DS kalian. Hal ini membuat permainan semakin menarik, dan memberikan mood baru yang berbeda saat kalian mengambil screenshot karakter kalian.

25. Belilah Topeng Mii

Jika kalian tidak suka penampilan dari karakter kalian dan ingin sesuatu yang lebih menggambarkan wajah kalian, maka ada satu solusinya. Saat salon Shampoodle telah dibeli (lihat tip 7 untuk caraanya), pergi kesana dan gunakan makeover. Saat disuruh memilih antara perawatan rambut atau makeup, pilih makeup dan klaian akan diberi pilihan membeli topeng Mii sebesar 3000 bells.

Topeng ini bekerja seperti headwear, jadi kalian tidak bisa menambahkan topi ataupun kacamata di topeng ini, Kalian hanya bisa membelinya satu dalam sehari, jangan khawatir karena saat melepasnya maka klaian bisa mendapatkannya kembali melalui layar Design di inventori kalian.

26. Kunjungi Dream Suite

Kalau kalian tidak memiliki seorangpun di daftar teman, kalian bisa menggunakan Dream Suite untuk mengunjungi rumah pemain lain di seluruh dunia secara acak, ambil aspirasi dari desain setiapkotamereka dan bawa pulang beberapa custom pattern kekotakalian kalau perlu.

Terlebih lagi, kalian juga akan diberi Dream Address, yang berguna bagi pemain lain untuk mengunjungikotakalian di Dream Suite. Ini berguna dalam dua hal, pertama, kalian tidak perlu harus load game ini lalu membuka gerbang ke teman-teman hanya untuk memperlihatkankotakalian.

Kedua, karena apapun yang terjadi di Dream Suite tidaklah permanen, maka kalian bisa membagikan Dream Address kalian sesuka hati ke orang-orang, kota kalian tidak akan terpengaruh karena ulah orang-orang yang terkadang merusak kota kalian.

27. Gunakan Streetpass untuk Mengisi Katalog

StreetPass sangat jarang sekali digunakan dalam sebuah game, bisa jadi kalian juga melewatkan fitur ini di New Leaf. Jangan sampai hal tersebut terjadi. Setiap kali kalian StreetPass seseorang, maka rumah mereka akan muncul di Happy Home Showcase di puncak High Street. Ini berarti kalian bisa kelayapan ke rumah mereka untuk melihat isinya, bahkan jika mereka memiliki furnitur yang belum kalian miliki bisa kalian pesan dan dikirim ke kotaksuratkalian (asal bukan benda langka atau custom furniture)

Hal ini sangat bagus untuk melengkapi dan orang-orang memenuhi katalog mereka atau mungkin hanya untuk mencari piece terakhir untuk melengkapi suatu set.

Perlu kalian ingat, pertama, item yang kalian beli dari rumah orang lain akan lebih mahal dari biasanya. Kedua, kalian hanya bisa memesan maksimallimadalam sehari dari Happy Homes Showcase – jaga-jaga saja apabila kalian menemukan rumah seseorang yang padat, beli sebanyak mungkin.

28. Jadwalkan Exhibition di Museum

Pada awalnya museum hanya digunakan untuk donasi benda-benda seperti serangga, ikan, fossil, dan art, namun ketika kalian sudah menambahkan lantai dua ke museum (lihat tip 15) maka kalian bisa membuat hingga empat exhibition lho.

Setiap exhibition bekerja seperti ruangan besar di rumah kalian sehingga kalian bisa menyimpan apapun didalmanya. Kami menggunakan exhibition untuk menyimpan semua barang Nintendo yang didaptkan melalui fortune cookies, karena mereka tidak terlalu bernilai tinggi diHappyHomeAcademydan cukup banyak mengambil space di rumah kita. (kita menyamarkan gambar untuk menghindari spoiler)

Kalian bisa mengadakan exhibtion untuk jam saja dan orang-orang akan mengira anda Doc dari Back to The Future, atau penuhi ruangan dengan gyroid, atau benda-benda random laiinnya. Ini salah satu cara memamerkan furnitur yang menarik dan mungkin benda-benda tersebut tidak ingin kalian letakkan di rumah.

29. Simpan Desain Bersama Able Sisters

Kalian akan menyadari bahwa memiliki 10 desain kustom untuk dipilih sewaktu-waktu sangatlah terbatas. Disamping beberapa hal yang bisa dikustomisasi dan tidak engambil slot-slot tersebut (contohnya benderakotadan poster exhibition museum), floor tiles akan berubah saat kalian mengubah desain.

Hal ini bisa menjadi masalah apabila kalian suka membuat desain Pro (outfit yang lebih detil), namun ada solusinya. Kalian bisa men-display sebanyak delapan desain kalian sendiri di Able Sisters shop, dan hal ini tidak dihitung sama saat seperti desain kalian disimpan dalam inventory, dan hal ini menjadikan sebenarnya 18 slot untuk menyimpan desain.

Terakhir, ketika kalian berbicara dengan Mabel Able, dia akan memberimu pilihan untuk menyimpan desain ke dia, dengan total 72 desain. Ini berarti, kalian bisa memiliki 90 desain di berbagai tempat di dalam game.

30. Mendapatkan Badge

Animal Crossing: New Leaf ternyata memberikan penghargaan kepada kalian yang menyelesaikan misi-misi tertentu secara diam-diam. Tanda kalau kalian telah meraih sesuatu pencapaian adlaah saat seekor Singa Laut bernama Phineas berkeliaran di kota, dimana jika kalian berbicara dengannya maka ia akan memberi kalian badges. Total sebanyak 24 badges, masing-masing badges tersedia dalam bronze, silver, dan gold. Maka total pencapaiannya adalah 72.

Pencapaiannya terndengar sangat sulit, namun tenang saja. Pada dasarnya game Animal Crossing dimainkan untuk target sangat lama, jadi santai saja dalam memainkan game ini.

– Tangkap 500 / 2000 / 5000 ikan.
– Tangkap 500 / 2000 / 5000 serangga.
– Tangkap 100 / 200 / 1000 makhluk dalam laut (dengan menyelam)
– Tangkap 50%/80%/100% jenis ikan.
– Tangkap 50%/80%/100% jenis serangga.
– Tangkap 50%/80%/100% jenis makhluk dalam laut.
– Pecahkan 300/1500/5000 balon.
– Tanam 100/250/500 bunga atau pohon.
– Cabut 500/2000/5000 rumuput ilalang.
– Masukkan 1 juta / 10juta/100juta Bells ke dalam ABD.
– Hasilkan 500.000/3juta/10juta Bells di Stalk Market
– Belanjakan 500,000/ 2 juta/ 5 juta Bells di toko.
– Perintah Cyrus mendesain ulang 30/100/200 benda.
– Lengkapi 20% / 50% / 80% katalog.
– Dapatkan 50,000 / 100,000/150,000 poin dari Happy Home Academy.
– Tonton KK Slider live 20/50/100 kali.
– Selesaikan 50 / 100 / 200 rekues penduduk.
– Kirim 50 / 100 / 200 surat.
– Streetpass 100 / 300 / 1000 kali.
– Kunjungi kota lain 100 / 250 / 500 kali.
– Dikunjungi oleh pemain lain 50 / 200 / 500 kali.
– Datangi 50 / 200 / 500DreamTown.
– Bermainlah selama 50 / 200 / 500 jam.

Lanjut ke halaman 4 ya.

TENTANG PENULIS
duniaku

Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.