iPhone 5S Menantang Galaxy S4 Dengan Kemampuan Video Slow Motion 120 FPS

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Apple berencana merilis versi murah dari iPhone 5, dan juga upgrade dari tipe teratas mereka itu dengan julukan sementara iPhone 5S akhir tahun ini. Berbagai rumor yang muncul setengah tahunan ini menegaskan kabar tersebut. Setelah kemarin kami menemukan seperti apa kira-kira “affordable” iPhone yang disiapkan Apple untuk pasar negara berkembang, kali ini kembali muncul penampakan lain yang menunjukkan pilihan warna casingnya, sekaligus update spesifikasi yang diprediksi memperkuat iPhone 5S.

Menurut satu sumber baru dari Taiwan, nantinya versi ekonomis iPhone 5 tesebut akan dijual dengan banyak pilihan warna casing. Dan yang terlihat saat ini antara lain merah, kuning, putih, biru dan hijau. Material casingnya pun diduga juga berbahan plastik, dengan spesifikasi yang setara dengan iPhone 5. Kemudian yang berlawanan dengan kabar kami sebelumnya, nantinya untuk bezel di sekeliling layar iPhone ekonomis ini akan dibuat berwarna putih, bukanya hitam.

Sedangkan untuk desain iPhone 5S akan sama seperti iPhone 5, namun Apple berhasil membuatnya sedikit lebih tipis, walaupun baterainya diklaim lebih besar kapasitasnya (menjadi 1560 mAh dari 1440 mAh). Demikian juga iPhone ekonomis tadi juga akan lebih tipis sekitar 2-3mm dibandingkan iPhone 5.

Untuk spesifikasi iPhone 5S, diperkirakan nanti juga akan didukung dengan teknologi LTE-Advanced, seperti yang pertama kali diterapkan Samsung untuk Galaxy S4 LTE-Advanced. Fitur lain yang bisa diharapkan muncul untuk iPhone 5S seperti layar dengan ukuran 4-inchi dengan teknologi IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide) dari Sharp yang resolusinya masih sama dengan iPhone 5, yaitu 640×1136-pixel, dan kerapatan pixel-nya 326ppi. Untuk chipsetnya, Apple meng-upgrade-nya ke Apple A7, yang dibekingi oleh empat inti prosesor dengan kecepatan 1.2Ghz, GPU PowerVR SGX 554MP4 @280 MHz (dengan empat core, Galaxy S4 saja GPU-nya hanya 3 core), seperti yang diterapkan Apple untuk chipset Apple A6X pada Apple iPad (4th generation).

Selain itu, iPhone 5S juga akan meningkatkan jatah RAM menjadi 2 GB, internal storage menjadi 128GB (untuk varian termahalnya), langsung menggunakan iOS 7, kamera utama 12-megapixel dengan sensor dari Sony, dukungan koneksi data 4G LTE, teknologi sensor pengenalan sidik jari yang akan dimanfaatkan untuk membuka kunci interface dan juga verifikasi data ketika pembayaran melalui NFC, dan seperti yang diterapkan LG untuk Optimus G Pro, tombol Home iPhone 5S akan memiliki indikator LED yang bisa menyala untuk menandai jika kamu berhasil membuka kuncinya melalui penanda sidik jari, atau sukses melakukan pembayaran melalui NFC.

http://youtu.be/mz8AbqWgMJM

Fitur spesial lainnya, yang juga akan dibawa Apple untuk iPhone baru mereka nanti adalah kemampuan merekam video Slow Motion dengan meningkatkan jumlah frame/bingkai yang diambil tiap detiknya. Fitur yang saat ini disebut dengan kode nama Mogul itu diklaim akan menempatkan fungsi kamera iPhone ke tingkat presisi yang lebih baik. Samsung sendiri sudah memberikan fitur perekaman video yang mencapai 120 bingkai-per-detik untuk Galaxy S4, walaupun hasilnya tidak sebaik kamera khusus atau kamera profesional, seperti hasil 120-fps yang mampu dihasilkan contoh referensi video di atas (melalui Panasonic Lumix FZ200 dan Samsung Galaxy Camera).

Untuk harga, sebelumnya kami menukiskan untuk versi ekonomis iPhone rencananya dijual US $349 untuk yang 16GB,$449 untuk 32GB dan $549 untuk 64GB. Kedua varian iPhone itu pertama kali akan dikonfirmasikan pada minggu ketiga atau keempat September mendatang.

Sumber: Apple Daily


SHARE
Previous articleAssassin’s Creed IV: Black Flag Juga akan Hadir dalam Bentuk Manga!
Next articlePacific Rim Preview: Hadirnya Makhluk Raksasa dari Dalam Laut yang Mengancam Dunia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.